Tips Buat Website Bisnis Responsif Dari Jasa Web Design Bali Terpercaya

Salah satu ciri website bisnis yang baik adalah website yang responsif atau mudah diakses oleh audiens. Artinya, audiens dapat menelusuri setiap halaman website bisnis Anda dengan nyaman meskipun menggunakan perangkat atau device yang berbeda. Mulai dari perangkat komputer atau laptop, smartphone hingga tablet. Tampilan web responsif juga dapat mempermudah proses maintenance sekaligus menghemat lebih banyak budget. Sebab, Anda tidak perlu membuat dua jenis website yang dikhususkan untuk tampilan desktop dan mobile. Sebagai pemilik bisnis, Anda sebaiknya memahami cara membuat website yang responsif. Untuk itu, simak sejumlah tips membuat website bisnis responsif dari jasa web design Bali terpercaya, Exito Bali berikut ini.
Baca Juga: 8 Teknik SEO Social Media Management Services Yang Wajib Digunakan UMKM Bali
Rencanakan Desain Website

Pertama, Anda perlu merencanakan desain website yang sesuai. Perhatikan ukuran layar, orientasi serta kemampuan touchscreen ketika merancang desain website. Ini untuk mengatur dan memaksimalkan elemen-elemen desain web untuk setiap jenis perangkat. Jasa SEO dan web design Bali profesional seperti Exito Bali juga mempertimbangkan hal ini saat merancang website bisnis responsif. Apabila Anda sudah merencanakan desain website dengan matang, jangan lupa untuk membuat tampilan website semenarik mungkin. Tujuannya agar audiens yang meng-klik website Anda tidak langsung meninggalkan halaman. Tampilan website yang menarik dapat membuat mereka rela menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dalam website bisnis Anda. Bahkan tidak sedikit pula yang memutuskan untuk melakukan pembelian.

Gunakan CSS Media Queries

Setelah merencanakan desain website dengan matang, cobalah untuk menggunakan CSS Media Queries. Tips membuat website bisnis responsif dari jasa web design Bali terpercaya yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. CSS Media Queries sendiri merupakan alat atau modul pendukung dalam membuat website yang user friendly. Modul ini akan membantu Anda dalam mengatur tampilan website berdasarkan ukuran layar device. Baik itu desktop, laptop, maupun ponsel. Anda bisa menentukan tata letak elemen, ukuran font serta beberapa pengaturan lainnya untuk setiap ukuran layar device. Dari pengalaman Exito Bali, penggunaan CSS Media Queries dapat memastikan  elemen-elemen di dalam website dapat terlihat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sesuaikan Struktur HTML

Selanjutnya, sesuaikanlah struktur HTML. Apa itu struktur HTML? jasa web design Bali yang kredibel, Exito Bali akan memberikan penjelasannya. Struktur HTML adalah komponen yang membentuk sebuah dokumen berupa case insensitive. Case insensitive yang dimaksud yaitu tidak adanya perbedaan antara penggunaan huruf kapital dan huruf kecil. Dokumen HTML wajib diawali tag dan diakhiri dengan komplemen. Struktur HTML dalam website biasanya meliputi header, content, sidebar serta footer. Anda bisa memilih ukuran header dan footer website sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk content dan sidebar website harus ditentukan dengan spesifik. Misalnya, ketika Anda membuat content dengan lebar 600px dan sidebar 300px. Maka lebar keseluruhannya menjadi 900px.

Buat Navigasi Sederhana

Navigasi adalah elemen esensial dalam pembuatan website bisnis yang responsif. Sebagian besar jasa web design Bali yang kompeten, termasuk Exito Bali membuat navigasi website yang sederhana untuk meningkatkan pengalaman audiens. Navigasi website yang sederhana juga mampu mendukung optimasi SEO dan mendorong trafik organik. Pengaplikasian navigasi sederhana dapat memudahkan audiens saat mencari konten yang diinginkan dengan cepat. Sedangkan navigasi yang terlalu rumit akan membuat audiens kesulitan dalam mendapatkan informasi secara spesifik. Untuk penempatan navigasi website, usahakan untuk meletakkannya di menu home page, yaitu di bagian paling atas halaman. Lokasi ini dapat dilihat dengan mudah oleh audiens ketika pertama kali membuka halaman home page.

Pertimbangkan Ukuran Gambar

Tips buat website bisnis responsif dari jasa web design Bali terpercaya yang berikutnya adalah mempertimbangkan ukuran gambar yang akan diunggah. Ya, penggunaan gambar dapat berpengaruh pada keresponsifan sebuah website. Gambar dengan ukuran yang terlalu besar dapat memperlambat waktu loading website. Apalagi jika koneksi internet pada perangkat yang digunakan untuk mengakses website cenderung lambat. Untuk itu, SEO Agency Bali terlengkap, Exito Bali merekomendasikan Anda untuk mengkompress gambar-gambar yang memiliki ukuran besar sebelum mengunggahnya. Namun pastikan kualitas gambar tetap dalam kondisi yang baik meskipun telah diperkecil. Bila perlu, pelajari terlebih dahulu mengenai teknik responsive image. Teknik ini dapat membantu Anda dalam menghasilkan tampilan gambar  sesuai  kebutuhan website.

Perhatikan Waktu Loading Website

Website dengan waktu loading lambat bisa memberikan pengalaman buruk bagi audiens. Oleh karenanya, banyak jasa web design Bali berpengalaman, tidak terkecuali Exito Bali sangat memperhatikan waktu loading website. Lantas, bagaimanakah cara mempercepat waktu loading pada website?. Seperti yang disebutkan pada ulasan sebelumnya bahwa untuk mempercepat waktu loading website, Anda perlu mengkompres file gambar berukuran besar.  Kemudian, cara lain yang bisa Anda terapkan diantaranya melakukan caching website, mengontrol postingan  yang disimpan, mengoptimasi widget, dan memilih hosting yang tepat. Anda juga perlu melakukan maintenance website bisnis secara rutin untuk menjaga kinerjanya tetap stabil. Contohnya dengan rajin menghapus komentar-komentar spam dan menggunakan plugin terbaru.

Manfaatkan Tag Meta Viewport

Untuk mengoptimalkan tampilan website di layar mobile, jasa web design Bali terbaik, Exito Bali menyarankan Anda untuk memanfaatkan tag meta viewport. Viewport merupakan bagian halaman website yang bisa dilihat oleh audiens. Tampilan viewport bisa berubah-ubah tergantung perangkat yang dipakai oleh audiens. Sementara tag meta viewport digunakan untuk pengaturan ulang skala halaman. Dengan kata lain, tag meta viewport dapat menetapkan area mana saja di dalam website yang dapat terlihat serta menyesuaikan skala kontennya. Kode HTML ini akan memberikan instruksi kepada browser untuk merender halaman pada ukuran layar perangkat yang berbeda. Sedangkan website bisnis tanpa tag meta viewport akan memiliki tampilan yang kurang efektif di layar smartphone.

Lakukan Uji Website

Tips membuat website bisnis responsif dari jasa web design Bali terpercaya yang terakhir yaitu dengan melakukan uji situs web. Cobalah untuk membuka website bisnis yang Anda miliki melalui perangkat laptop, tablet maupun smartphone.  Menurut Exito Bali, pengujian website responsif perlu dilakukan untuk menilai performa dan fungsi dari setiap elemen. Termasuk elemen website yang bersifat interaktif seperti tombol, menu navigasi dan halaman formulir. Selama proses pengujian keresponsifan website, Anda mungkin akan menemukan beberapa kendala. Kendala tersebut bisa Anda perbaiki dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan di atas. Pilihlah teknik yang paling tepat agar masalah pada website bisnis Anda bisa segera diatasi.

Itulah tips membuat website yang responsif dari jasa web design Bali terpercaya. Jika Anda benar-benar tidak menguasai teknik pengembangan web, percayakan setiap prosesnya kepada Exito Bali. Tidak hanya berpengalaman dalam membuat dan merancang website responsif, kami juga didukung tim SEO yang profesional. Dengan begitu, Anda bisa memiliki website bisnis yang user friendly sekaligus SEO friendly. Hal ini penting untuk menambah jumlah klik audiens dan meningkatkan visibilitas situs web Anda di hasil pencarian Google. Hasilnya, bisnis Anda akan dikenal lebih banyak orang dan memperoleh profit yang optimal. Untuk melakukan konsultasi mengenai kebutuhan website bisnis Anda, silakan cek situs resmi kami dan hubungi kontak yang tersedia.
Baca Juga: 7 Hal Penting Yang Harus Diterapkan Dalam Pemasaran, Serahkan Pada Perusahaan Digital Marketing!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?