8 Teknik SEO Social Media Management Services Yang Wajib Digunakan UMKM Bali

Para UMKM Bali yang ingin sukses tentu sudah tahu pentingnya SEO social media dalam bisnis. Sayangnya tidak banyak yang tahu bagaimana cara optimal mengelola social media sendiri. Akhirnya, mereka menggunakan layanan social media management services untuk membantu soal ini. Untuk UMKM bermodal kecil, tentu sulit membayar layanan management social media dari SEO agency Bali bergengsi seperti Cv. Exito Bali. Di sisi lain, banyak jasa yang lebih murah dapat dihubungi, tapi kualitas layanannya belum pasti. Lalu bagaimana solusinya? Hal yang paling mudah adalah belajar sendiri teknik SEO yang banyak digunakan jasa social media tersebut. Berikut adalah beberapa teknik SEO yang mudah Anda gunakan sendiri:
Baca Juga: Dapatkan Rating Tertinggi Pengunjung Hanya Di Marketing Agency Bali

  1. Kenali Algorithm Platform Social Media yang Digunakan Untuk Susun Strategi SEO

Hal pertama yang tidak boleh diremehkan adalah soal research. Setiap social media memiliki algorithm tersendiri untuk teknik SEO. Jadi, untuk pastikan teknik SEO Anda efisien digunakan, belajar dulu soal platform ini. Informasi soal ini sudah banyak tersedia di internet dan Anda dapat membacanya sendiri untuk belajar. Pihak profesional seperti Cv. Exito Bali juga melakukan research seperti ini untuk kenali teknik SEO terbaru yang pas digunakan di tiap platform social media. Silahkan contoh gaya operasi social media management services tersebut untuk kenali platform social media yang akan Anda gunakan. Sebagai contoh sederhana, platform seperti Twitter mengutamakan interaksi tweet, retweet, likes dan reply sebagai faktor utama algorithm. Selama bisa optimasi hal tersebut, SEO social media Anda pasti bagus.

  1. Integrasi Hubungan Silang Antar Social Media dan Website UMKM

Banyak social media management services juga merekomendasikan kontak silang antara banyak platform social media. Misal saja, Anda gunakan Twitter sebagai social media utama. Alangkah baiknya, buat akun YouTube dan TikTok juga untuk dihubungkan. Video YouTube Anda dapat dipromosikan lewat Twitter. Interaksi dari Twitter dapat mendatangkan pengunjung kea kun TikTok Anda. Hal lain yang tidak kalah unik adalah mendapatkan banyak konten dan trend tidak hanya dari satu tempat untuk dikelola. Makin banyak inspirasi dari platform social media lain, makin mudah juga Anda meningkatkan engagement untuk SEO social media. Pihak ahli dari Cv. Exito Bali bahkan dapat menghubungkan konten agar user menikmati interaksi di tiap social media berbeda. Jika sukses gunakan teknik jasa SEO, ada kemungkinan besar konten social media Anda bisa viral.

  1. Gunakan Keyword Untuk Konten dan Post Social Media

Sama seperti teknik SEO pada konten website, keyword penting digunakan. Keyword ini dapat dipilih menggunakan research kekuatan dan persaingannya. Selama membuat post dan konten social media dengan keyword yang tepat, algorithm lebih mudah menemukannya. Tidak hanya di algorithm social media, tapi Google juga dapat merekomendasikan link social media saat keyword yang cocok digunakan. Pihak ahli SEO dari Cv. Exito Bali sering menggunakan tool khusus untuk analisa performa keyword yang trending di social media. Memilih keyword dengan interaksi tinggi ini, menjadi kunci sukses banyak social media management services dalam membantu bisnis Bali mudah ditemukan. Jika Anda bisa contoh sendiri, UMKM Anda tidak akan kalah.

  1. Pastikan Memanfaatkan Kategori, Tags dan Attributes Untuk Permudah Pencarian

Pada social media tertentu, penggunaan kategori, tags dan attributes sangat penting. Biasanya, ini ditempel pada deskripsi konten social media. Sebagai contoh, YouTube menggunakan tags dan kategori konten untuk permudah rekomendasi. Tags ini dapat dihubungkan dengan konten yang dibuat ataupun channel YouTube Anda. Contoh saja saat punya akun bisnis restoran dan membuat video mukbang YouTube. Konten ini harus diberi tags seperti: makanan, mukbang, restoran, kuliner dan nama restoran. Kategori yang dipilih untuk ini adalah food di YouTube. Menurut Cv. Exito Bali, penggunaan ini akan membantu video direkomendasikan pada pihak yang relevan. Social media management services bahkan menggunakan tool khusus untuk rekomendasi tags dan kategori yang relevan sebanyak – banyaknya. Banyak jasa SEO Bali telah sukses membantu video YouTube pemilik usaha berkat pemilihan tags dan kategori yang tepat ini.

  1. Buat Personalitas Branding Unik Untuk Meningkatkan Interaksi

Akun branding dengan personalitas social media ini sudah sukses digunakan sejak tahun 2010 lalu. Bedanya, sekarang akun-akun lebih ahli berinteraksi dengan audience dan pelanggan. Karena menjadi wajah perusahaan di social media, admin harus berusaha seimbangkan image. Untuk beri layanan ke pelanggan harus tampil profesional. Sedangkan saat interaksi trend atau post meme misalnya, tampilan image harus menyenangkan. Pihak Cv. Exito Bali sudah gunakan formula yang efektif untuk hal ini. Intinya menggunakan personalitas orang biasa yang pakai social media. Bicara bisa sopan dan tidak baku dapat disesuaikan tergantung jenis interaksi. Teknik social media management services ini dapat dipelajari juga dengan melihat interaksi brand-brand luar negeri seperti Wendy’s dan Opera GX.

  1. Mendukung dan Mengajak Pembuatan User Generate Content

Teknik SEO social media management services berikutnya adalah mengajak orang lain membuat konten soal brand Anda. Konten dari pihak lain yang mengandung nama brand UMKM Anda, dapat membantu SEO di Bali. Contoh saja orang lain adalah yang buat video YouTube soal review restoran UMKM Anda. Konten ini dapat membantu sebarkan nama brand dan membuat algorithm mengangkat nama akun social media usaha. Cv. Exito Bali selalu menggunakan strategi marketing yang mengajak pembuatan UGC ini. Misal saja membuat postingan ajakan di Twitter soal foto makan di resto UMKM. Nanti, posting foto yang paling unik akan menang voucher makan gratis. Hal ini membantu orang lain buat konten yang membantu SEO brand social media Anda.

  1. Berinteraksi dengan Trend yang Relevan

Saat menggunakan social media untuk bisnis, UMKM Bali tidak boleh pasif. Jika tidak bisa ciptakan trend atau post viral, Anda tetap bisa ikut partisipasi. Saat akun Anda ikut trend, engagement yang didapat dari trend dapat berpengaruh pada SEO akun social media Anda. Ahli marketing Cv. Exito Bali selalu gunakan tool social media khusus untuk melihat hal yang sedang trending. Jika ditemukan topik yang cocok dengan bisnis, social media management services ini akan mengajak client ikut partisipasi. Partisipasi ini tidak hanya sekedar tinggalkan komentar. Partisipasi lebih serius seperti buat video, membuat gambar custom dan sejenisnya juga dapat dilakukan.

  1. Perbanyak Konten Media Visual yang Mudah Dibagikan

Konten video dan gambar adalah media yang paling baik digunakan untuk social media. Konten video ini mudah disebarkan dan dinikmati pengguna social media. Ahli marketing Cv. Exito Bali bahkan mengajak client menggunakan animasi juga untuk konten ini. Konten video yang menarik dapat menjadi metrik ukuran tersendiri bagi algorithm social media. Contoh saja pada Facebook dan Twitter, view video post dapat pengaruhi trending konten tersebut. Jadi tidak hanya likes dan angka share saja yang dihitung untuk SEO. Banyak perusahaan social media management services yang menggunakan gambar infografik informatif untuk memancing share. Selama konten dapat menyebabkan efek ini, SEO pasti lebih baik.

Butuh Bantuan Untuk SEO dan Social Media Management Services?

Memilih jasa SEO di Bali yang juga ahli sebagai social media management services tentu sulit. Pengelolaan social media tidak hanya SEO, tapi juga berbagai aspek lain. Mencontoh teknik SEO di atas saja adalah hal minimal yang dapat membantu kesuksesan bisnis UMKM Bali dalam beroperasi di social media. Bagi yang masih kewalahan mengelola social media dan SEO bersamaan, silahkan kontak Cv. Exito Bali. Perusahaan ini sudah sukses berkarya membantu UMKM Bali selama bertahun-tahun. Layanan khusus UMKM juga tersedia. Anda bebas konsultasi dan memperbaiki SEO social media Anda dengan mudah bersama Exito Bali.
Baca Juga: 8 Strategi Digital Marketing Bali yang Efektif di Tahun 2023, Bisnis Makin Melejit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?