Simak, Ini 8 Langkah Belajar SEO Pemula 

Teknik SEO (Search Engine Optimization) wajib dipelajari oleh para pemilik website atau blog. Tujuannya agar website yang dikelola bisa mendapatkan peringkat tinggi di halaman mesin pencarian. Peringkat yang tinggi tersebut nantinya dapat membantu dalam meningkatkan trafik website. Jika Anda ingin menggunakan website untuk mendukung kegiatan bisnis, maka teknik SEO bisa bermanfaat dalam memaksimalkan tingkat penjualan produk. Meski terdapat banyak istilah asing, belajar SEO pemula sebetulnya tidak serumit yang dibayangkan. Anda bisa menguasai teknik SEO dengan mengikuti setiap langkahnya dengan benar. Untuk itu, pada artikel ini akan diulas mengenai langkah-langkah belajar SEO untuk pemula dari SEO Agency Bali profesional, Exito Bali.

Pahami Konsep Dasar SEO

Belajar SEO pemula dimulai dengan memahami hal-hal yang fundamental, lebih tepatnya tentang bagaimana konsep dasar SEO. SEO sendiri merupakan upaya optimasi pada website, blog atau konten agar dapat mendapatkan ranking teratas di mesin pencarian. Optimasi SEO bekerja secara organik sehingga tidak membutuhkan biaya seperti pada penggunaan iklan berbayar. Lantas, bagaimana cara SEO? Exito Bali akan memberikan penjelasan singkatnya. Google dan berbagai jenis mesin pencari lainnya memiliki algoritma tertentu untuk menentukan website yang layak menempati peringkat tinggi. Search engine bot kemudian akan menelusuri halaman internet untuk mencari website yang memenuhi indikator dari algoritma tersebut. Nah, hadirnya SEO adalah untuk menemukan indikator yang dapat mempengaruhi proses perangkingan website.

Lakukan Riset Keyword

Langkah belajar SEO pemula dari Jasa SEO Bali terpercaya, Exito Bali yang berikutnya adalah melakukan riset keyword atau kata kunci. Ya, riset keyword dipercaya menjadi salah satu indikator utama dalam optimasi SEO pada website. Dimana mesin pencari seperti Google akan menampilkan semua hasil pencarian yang relevan dengan permintaan pengguna. Jadi, untuk bisa masuk ke hasil pencarian yang relevan, website Anda harus memiliki kata kunci serta niche yang sesuai dengan target audiens. Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan search intent sekaligus tingkat persaingannya dengan website kompetitor. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan riset keyword, gunakanlah keyword research tools yang banyak direkomendasikan.

Buat Konten Berkualitas

Membuat konten website berkualitas adalah langkah belajar SEO pemula selanjutnya yang bisa diterapkan. Kriteria konten website yang berkualitas yaitu dapat memenuhi search intent dari sebuah pencarian. Tidak perlu bingung jika Anda belum begitu menguasai cara pembuatan konten website yang berkualitas. Sebab, Anda bisa mengandalkan jasa Exito Bali. Kami akan memandu Anda dalam membuat konten website yang mampu memikat perhatian audiens. Mulai dari membuat judul konten yang mempengaruhi mereka untuk melakukan klik hingga menambahkan gambar atau video yang menarik. Selain itu, kami juga akan membantu dalam pembuatan jadwal postingan konten website yang konsisten. Hal ini dikarenakan Google sangat menyukai konten website yang up to date.

Pelajari SEO On Page
Baca Juga : 5 Ide Postingan Instagram serta Tema-tema Menarik untuk Feed Instagram Anda
Mempelajari SEO On Page merupakan langkah belajar SEO pemula yang tidak boleh dilewatkan. SEO On Page adalah upaya optimasi SEO yang fokus pada faktor-faktor internal website. SEO On Page melibatkan pengoptimalan kata kunci, perbaikan struktur HTML serta pemeliharaan konten-konten yang ada pada sebuah website. Selengkapnya, berikut sejumlah tips optimasi SEO On Page dari Jasa SEO di Bali yang kredibel, Exito Bali

  • Gunakan tag judul HTML yang menarik minat audiens
  • Isi meta deskripsi pada halaman website dengan ringkas namun tetap informatif.
  • Gunakan struktur permalink sederhana tanpa menggunakan banyak sub folders
  • Optimalkan alt teks gambar
  • Pilih sub heading yang relevan
  • Gunakan URL Slug yang tepat

Pelajari SEO Off Page

Apakah belajar SEO pemula hanya cukup dengan mempelajari SEO On Page? Jawabannya tentu tidak. Untuk itu, Exito Bali juga menganjurkan Anda mempelajari SEO Off Page. Kebalikan dari SEO On Page, SEO Off Page adalah upaya optimasi SEO yang berkaitan dengan faktor eksternal website. Tujuan dari optimasi SEO Off Page yaitu untuk mendapatkan backlink agar bisa mendapatkan ranking tinggi di mesin pencarian. SEO Off Page bisa dilakukan dengan  menggunakan metode guest post atau outreach. Metode guest post memungkinkan Anda menulis konten di website orang lain untuk memberikan backlink ke website Anda. Sementara metode outreach mengharuskan Anda bekerja sama dengan pemilik website lain yang memiliki niche relevan untuk saling memberikan backlink.

Pelajari Teknikal SEO

Menurut Exito Bali, belajar SEO pemula tidak bisa lepas dari aspek yang bersifat teknikal dalam sebuah situs web. Dengan mempelajari teknikal SEO, website Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin crawler dan meningkatkan ranking-nya. Untuk melakukan optimasi teknikal SEO, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

  • Memastikan website mobile friendly atau bisa bekerja dengan baik para perangkat seluler seperti handphone dan tablet
  • Mengoptimalkan kecepatan website dengan menggunakan tools khusus dan mengurangi ukuran gambar atau video yang terlalu besar.
  • Menggunakan sertifikat SLL (Secure Socket Layer) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Mengingat, Google hanya akan mengindex website yang telah dilengkapi fitur keamanan.

Manfaatkan Media Sosial

Sebagian besar penyedia jasa SEO di Bali, tidak terkecuali Exito Bali merekomendasikan pemanfaatan media sosial dalam proses belajar SEO pemula. Mengapa demikian? Sebab, media sosial dapat menjadi sarana atau alat yang efektif untuk mempromosikan konten website Anda. Sebut saja, Instagram, Facebook, TikTok, Youtube dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, Anda sebaiknya memilih platform media sosial yang relevan dengan target audiens Anda.  Setidaknya pilihlah dua jenis media sosial yang sesuai dengan niche website. Apabila memilih terlalu banyak platform media sosial, Anda mungkin akan kewalahan dalam mengelolanya. Kemudian, bagikanlah konten website secara konsisten. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak audiens berkunjung ke website Anda.

Evaluasi Kinerja SEO

Langkah belajar SEO pemula yang terakhir yaitu dengan mengevaluasi kinerja SEO pada website. Exito Bali menyarankan Anda untuk memantau kinerja dari semua upaya optimasi SEO secara berkala. Untuk melakukan evaluasi kinerja SEO, Anda bisa menggunakan tools analitik seperti Google Analytics. Tools ini berfungsi untuk memonitor jumlah trafik user, keyword yang mendatangkan trafik organik hingga perilaku user yang berkunjung ke website Anda. Melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja SEO secara rutin dapat mempermudah Anda dalam menyesuaikan strategi yang berikutnya. Anda juga bisa terus meningkatkan kualitas website berdasarkan data yang diberikan oleh Google Analytics. Untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan Google Analytics, Anda bisa mencari informasinya melalui laman internet.

Itulah beberapa langkah, belajar SEO pemula yang bisa diaplikasikan oleh para pemilik website. Apabila teknik SEO yang Anda aplikasikan belum bisa meningkatkan peringkat website di halaman mesin pencarian, percayakan saja kepada Exito Bali. Kami merupakan Jasa SEO dan Digital Marketing terbaik yang telah berpengalaman di bidang SEO selama hampir satu dekade. Kami didukung tim SEO profesional yang selalu siap membantu pengelolaan website Anda. Utamanya bagi website yang digunakan sebagai saluran bisnis. Tidak hanya mendorong website menempati halaman utama mesin pencarian, tim SEO kami akan membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis. Jadi, jangan ragu untuk mengonsultasikan kebutuhan website Anda kepada tim kami sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?