Daftar Tren Pemasaran Saat Ini, Yuk Caritahu Disini!

Sebagai seorang pemilik usaha, Anda wajib mengetahui apa sajakah tren pemasaran saat ini. Hal tersebut sangat penting agar usaha yang Anda miliki tersebut tidak termakan oleh adanya evolusi teknologi. Jika tidak mau mengikuti tren yang ada, maka kemungkinan besar usaha juga akan cepat gulung tikar.

Dengan mengetahui informasi tentang tren pemasaran terbaru sekarang, ternyata sangat penting karena akan memberikan kemudahan dalam proses penyusunan strategi. Adapun tren pemasaran yang ada sekarang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan kemudahan memperkenalkan bisnis. Tidak hanya itu saja, melalui digital marketing, Anda juga bisa melakukan kegiatan branding lebih optimal.

Daftar Tren Pemasaran Saat Ini 

Sebagai seorang pelaku usaha, memilih proses pemasaran yang tepat merupakan langkah paling penting. Sebab dengan pemasaran tepat akan membantu Anda untuk menemukan target pasar serta meningkatkan penjualan dimana akan berpengaruh terhadap pemasukan. Untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat, maka sebaiknya harus mengetahui tren pemasaran saat ini

Dengan mempelajari apa sajakah tren yang tengah terjadi, akan membantu Anda bisa menciptakan inovasi sekaligus lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis. Saat ini, terdapat sejumlah tren marketing yang dapat digunakan. Langsung saja, dibawah ini adalah sejumlah tren pemasaran yang bisa dicoba.

  1. Live Chat atau Chatbot 

Jenis pemasaran yang pertama adalah live chat atau chatbox ini yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaan AI. Dengan adanya program inilah akan memungkinkan sebuah mesin dapat berbincang dengan manusia secara online. Nantinya obrolan sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlihat kaku.
Baca Juga: Adakah Jasa SEO Denpasar yang Kompeten? Berikut 8 Cara Memilih yang Tepat!
Sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan fitur ini untuk marketing, tetapi tidak disadari oleh konsumen bahwa telah melakukan chatting dengan sebuah bot. Biasanya bentuk dari pemasaran tersebut hadir untuk layanan customer service baik di website ataupun aplikasi. Dengan keberadaan tren pemasaran saat ini via chatbot, maka membuat kegiatannya jauh lebih efektif.

  1. Artificial Intelligence 

Selain ada chatbot, terdapat juga tren yang tidak boleh Anda lewatkan yakni adanya penggunaan Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI. Keberadaan dari teknologi tersebut ternyata semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Bahkan keberadaannya sudah banyak digunakan oleh para marketer.

Sebab ketika Anda memutuskan menggunakan AI, maka akan membuat bisnis bisa menjalankan personalisasi jauh lebih mudah. AI ini juga akan membantu kegiatan pemasaran. Adapun contoh penggunaan tren AI adalah vending machine untuk menjual produk secara modern.

  1. Live Streaming atau Konten Video 

Tren pemasaran saat ini berikutnya adalah live streaming yang tengah digandrungi oleh sejumlah orang belakangan ini. Dengan melakukan live streaming, Anda bisa melakukan interaksi dengan calon konsumen meskipun berada di tempat berbeda. Beberapa platform yang sering digunakan untuk live streaming seperti Tiktok atau Instagram.

Selain melakukan live streaming, tren lainnya adalah membuat konten video yang dapat diunggah ke sosial media. Dengan penggunaan dari konten video maka diharapkan akan menarik perhatian dari para audiens dibandingkan dengan konten foto saja. Meskipun demikian, Anda harus kreatif ketika akan membuat konten berbasis video ini.

  1. Influencer

Kalau tren pemasaran saat ini melalui influencer ini tengah digemari oleh para pemilik usaha selama beberapa tahun terakhir. Sebab seorang influencer biasanya mempunyai audiens yang sangat banyak serta niche spesifik dari sebuah brand tertentu. Strategi penggunaan dari influencer tersebut juga sangat berkaitan erat dengan social media marketing.

Tidak heran kalau di setiap sosial media, Anda mungkin akan menemukan influencer dengan karakter yang berbeda. Jadi sebaiknya Anda mempelajari platform dan influencer tersebut. Tetapi memang untuk menerapkan tren ini, pebisnis mungkin harus mengeluarkan uang lebih banyak.

  1. Story Di Media Sosial 

Fitur story di Media Sosial sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membagikan aktivitas mereka kepada para follower. Tidak hanya itu saja, tetapi ternyata story di Media Sosial masuk ke dalam tren pemasaran saat ini dimana tidak boleh dilewatkan begitu saja. Jadi Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengupload informasi terkait jasa atau produk.

Melalui fitur tersebut, Anda akan lebih mudah dalam memperoleh awareness, engagement hingga adanya peningkatan traffic website. Di samping itu, tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk menambahkan konten ke story. Instagram menjadi sosial media yang sering dimanfaatkan untuk metode pemasan ini.

  1. Social Commerce

Saat ini ada beberapa media sosial ternyata sudah menyediakan fitur ecommerce untuk para penggunanya. Sebut saja seperti instagram dan Tiktok yang menyediakan fitur commerce dan sangat berguna bagi para pemilik bisnis. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda juga akan lebih mudah dalam menemukan pelanggan.

  1. User Generated Content 

Tidak sampai disitu saja, tren pemasaran saat ini yang bisa Anda coba adalah User generated content. Dimana tren satu ini ternyata semakin berkembang selama beberapa tahun terakhir.Sebab keberadaannya dinilai cukup efektif dalam menaikkan kepercayaan dari calon konsumen untuk sebuah brand.

Tugas Anda nantinya adalah mendorong para konsumen, karyawan atau pihak lainnya agar bersedia dalam membuat konten. Adapun isi dari konten tersebut dapat berupa review dari para konsumen atau brand story. Selain menarik, jenis konten tersebut akan membuat sebuah brand terlihat dekat dengan para audiensnya.

  1. Mempunyai Website Bisnis 

Untuk tren pemasaran saat ini berikutnya adalah mempunyai website bisnis. Hingga sekarang berbagai website memang berlomba untuk menaikkan peringkat konten mereka agar berada di posisi teratas dari mesin pencarian. Dengan berada di posisi teratas itulah ternyata akan memberikan keuntungan termasuk situs mudah untuk ditemukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat website berada di posisi teratas misalnya saja adalah dengan menggunakan teknik SEO. Teknik SEO ini masih digemari oleh banyak orang, karena terbukti mampu meningkatkan awareness dari sebuah website di internet. Bahkan bukan tidak mungkin kalau penjualan akan meningkat begitu saja.

Keuntungan Mempunyai Website Untuk Bisnis 

Tidak bisa dipungkiri bahwa mempunyai website memang sangat penting bagi seorang pelaku usaha. Bukan hanya memberikan informasi saja, tetapi melalui website juga bisa meningkatkan branding. Nah, berikut sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan mempunyai website.

Dengan mempunyai website, maka akan membuat bisnis semakin profesional serta terpercaya dibandingkan dengan lainnya. Terlebih lagi ketika Anda menyematkan informasi lengkap tentang bisnis dan produk, maka akan membuat kredibilitas naik. Selain itu, dengan adanya bisnis akan lebih mudah menjangkau pasar lebih luas.

Masih terdapat keuntungan lainnya yakni dengan adanya website dapat membantu untuk meningkatkan penjualan dari produk. Ini tentu akan berdampak langsung terhadap jumlah penghasilan nantinya. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah di dalam proses mengelola bisnis.

Sebagai seorang pelaku usaha, maka Anda harus menyusun strategi pemasaran yang tepat agar mencapai goal. Termasuk juga mengikuti tren seperti apakah yang tengah terjadi di pasaran. Jika Anda ingin menggunakan tren pemasaran saat ini terbaru, maka silahkan konsultasikan dengan CV Exito Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?