Cara Pasang Iklan Di Google untuk Pemula, Bisnis Jadi Makin Terkenal

bali web design, cv.exito bali, design graphic bali, digital online marketing di bali, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo di bali, perusahaan jasa website, seo, seo agency bali, seo di bali, social media management, social media management bali, facebook adsAnda sudah pernah menggunakan Google Ads untuk mempromosikan bisnis? Kalau belum, kini saatnya memanfaatkan fitur tersebut agar bisnis Anda makin melejit. Google Ads sendiri adalah fitur iklan berbayar dari Google yang memungkinkan produk Anda muncul di semua channel Google sehingga jangkauan bisnis semakin luas.

Lalu, bagaimana cara pasang iklan di Google supaya bisnis lebih mudah ditemukan pengguna? Yuk, simak ulasan lengkap SEO Agency Bali berikut ini!

Persiapan Menggunakan Fitur Google Ads

Baca Juga: Menulis Blog Menjadi Lebih Mudah! Cek Strategi Menulis Artikel SEO Friendly

  • Nama Bisnis dan Website

Hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja adalah nama bisnis Anda. Dalam memilih nama toko sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan karena nama yang Anda pilih akan mempengaruhi kredibilitas. Pastikan nama bisnis Anda tidak pasaran, merepresentasikan niche yang dipilih, dan bisa jadi identitas bisnis yang mudah dikenal oleh audience.

Selain menyiapkan nama, Anda juga harus punya website. Iklan Google Ads bekerja dengan cara mengarahkan audience ke situs Anda. Sehingga saat mengaktifkan fitur tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat website.

  • Memahami Tujuan Promosi

Setelah memiliki nama bisnis, pahami tujuan promosi yang akan Anda lakukan lewat Google Ads. Apakah untuk meningkatkan awareness, interest, decision, action, atau retention. Dengan memahami tujuan membuat iklan di Google akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi ke depannya.

  • Riset Keyword

Persiapan terakhir ala Jasa SEO di Bali sebelum memasang iklan di Google adalah melakukan riset keyword. Sama seperti ketika membuat konten website, keyword pun mempunyai peran yang sangat penting supaya iklan Anda ditemukan oleh audience yang sesuai target market.

Anda bisa menggunakan tools berbayar maupun gratis untuk riset keyword yang relevan. Salah satu tools gratis yang dapat digunakan adalah Google Keyword Planner.

Cara Mudah Membuat Iklan di Google Ads

  1. Masuk Ke Halaman Google Ads

Pada dasarnya membuat iklan dengan fitur Google tidaklah sesulit yang dibayangkan. Step pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs Google Ads. Kemudian klik Get Started untuk memulainya. Jika Anda pengguna baru, buatlah akun Google Ads terlebih dahulu. Sementara untuk yang sudah punya akun, bisa langsung login dan melakukan pengaturan iklan.

  1. Menentukan Tujuan Iklan di Google Ads

Seperti yang sudah disinggung Jasa SEO di awal, Anda harus memahami tujuan promosi terlebih dahulu. Bagi pemula yang masih bingung, berikut ini 7 tujuan iklan yang harus dipahami, yaitu:

  • Sales 

Iklan bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada situs online, baik website maupun market place, aplikasi, dan telepon.

  • Website Traffic

Iklan bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan organik ke situs resmi bisnis yang Anda kelola..

  • Leads

Iklan digunakan untuk mendorong customer yang relevan atau sesuai target market Anda untuk melakukan action. Dengan kata lain, yang tadinya tidak kenal jadi tertarik dan menggunakan produk Anda.

  • Product & Brand Consideration 

Tujuan iklan adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada audience. Sehingga mereka mengetahui eksistensi produk Anda.

  • Meningkatkan Brand Awareness & Reach

Bertujuan untuk membangun awareness dan memperluas jangkauan audience sesuai dengan target market.

  • App Promotion

Iklan di Google Ads bertujuan untuk mempromosikan aplikasi sehingga makin banyak yang menginstal aplikasi.

  • Promotions and Local Store Visit

Jika sebelumnya berfokus pada situs resmi, maka tujuan yang terakhir adalah meningkatkan jumlah kunjungan ke toko fisik yang Anda miliki.

Setelah memilih jenis iklan yang akan dibuat, lanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menekan tombol Continue. 

  1. Memilih Campaign Type

Memilih campaign type adalah cara pasang iklan di Google yang berikutnya. Tipe kampanye harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti:

  • Search

Ketika user memasukkan kata kunci yang relevan dengan produk Anda, maka iklan akan muncul di halaman search engine. Iklan tipe ini cocok untuk meningkatkan traffic dan penjualan produk.

  • Performance Max

Performance max juga dikenal dengan nama lain Smart Campaign yang membantu meningkatkan performa, sehingga menghasilkan lebih banyak konversi di berbagai saluran Google.

  • Display

Tipe Display seringkali muncul di website partner Google dalam bentuk iklan gambar maupun teks yang akan mengarahkan audience ke situs Anda. Tipe iklan ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness. 

  • Discovery

Saat memilih discovery, iklan yang Anda buat akan muncul di penelusuran Gmail, YouTube, dan channel lain milik Google.

  • Shopping

Tipe iklan shopping cocok untuk Anda yang ingin memperkenalkan katalog produk kepada audience.

  • Video

Terakhir, ada tipe iklan video yang akan muncul di situs YouTube.

  1. Space Penayangan dan Target Audience

Anda dapat menentukan sendiri di mana iklan akan ditayangkan, apakah di bagian Search Network atau Display Network. Kedua memiliki perbedaan yang cukup mencolok dalam hal menampilkan iklan. Jika ingin iklan Anda muncul pada laman pencarian search engine, maka Anda bisa memilih Search Network. Namun, jika ingin iklan yang Anda buat muncul di situs selain Google, maka pilihlah Display Network.

Kemudian, Anda perlu menentukan target audience yang akan dituju. Mulai dari negara, bahasa, gender, usia, ketertarikan, dan lain sebagainya.

Makin detail informasi yang Anda berikan, iklan akan lebih terarah. Akan tetapi, saat menentukan target audience sebaiknya Anda melakukannya dengan penuh pertimbangan. Jangan sampai terlalu minim memberikan informasi, karena hal ini akan mempengaruhi keberhasilan iklan yang Anda buat di Google Ads.

Baca Juga: Tips Ampuh Optimalkan SEO Ala Digital Marketing Agency Bali

  1. Tentukan Budget Iklan

Cara pasang iklan di Google yang ke-5, Anda perlu menentukan anggaran berdasarkan negara yang Anda tuju. Bila target audience yang Anda bidik masih di lingkup dalam negeri, maka anggaran minimal yang harus dikeluarkan adalah Rp50.000 per iklannya. Sementara untuk iklan yang membidik audience mancanegara, Anda butuh anggaran lebih besar.

Untuk mengiklankan kata kunci tertentu supaya hasil pencarian user lebih relevan, Anda bisa menggunakan tab Bidding. Melalui fitur ini, Anda bisa membuat iklan berdasarkan click, views, dan fokus lainnya. Kendati demikian, keberhasilan campaign Anda sangat dipengaruhi oleh anggaran. Iklan dengan anggaran tinggi akan lebih sering muncul dibanding iklan dengan anggaran yang terbatas.

  1. Masukkan Keyword dan Buat Iklan

Pembuatan iklan pada Google Ads dapat dimulai dengan memasukkan kata kunci. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan tools yang sudah pernah Jasa SEO di Bali bahas sebelumnya. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan Get Keyword Suggestion untuk memperoleh rekomendasi kata kunci.

  1. Lakukan Pembayaran

Jika sudah mengatur semuanya, Anda hanya perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Lengkapi info pembayaran yang tersedia di laman Google Ads, lalu pilihlah tipe dan metode pembayarannya. Pembayaran iklan secara manual dapat dilakukan dengan mobile banking atau ATM. Sedangkan untuk pembayaran otomatis, Anda harus memiliki kartu kredit.

Bagaimana, mudah kan cara pasang iklan di Google? Kalau ingin yang lebih simple dan tidak memakan banyak waktu, Anda bisa menggunakan jasa CV. Exito Bali untuk membuat iklan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?