Inilah Pengertian Front End Dan Back End Serta Perbedaannya

bali web design, cv.exito bali, design graphic bali, digital online marketing di bali, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo di bali, perusahaan jasa website, seo, seo agency bali, seo di bali, social media management, social media management baliSemakin berkembangnya teknologi, kini website website menjadi semakin kompleks sehingga dibutuhkan beberapa developer untuk dapat mengembangkannya. Di dalam dunia proses website development itu sendiri, terdapat istilah yang dinamakan dengan front end dan front end yang baik ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan tampilan web yang responsif.

Kini juga ada berbagai jasa website development yang dapat membantu anda mengembangkan front end seperti jasa Cv. Exito Bali, namun mungkin anda juga kurang memahami apa bedanya front end dengan istilah back end. Maka dari itu, sebaiknya anda simak pembahasan berikut yaitu mengenai pengertian front end dan back end serta hal penting lainnya yang terkait.

Apa Itu Front End dan Back End?

Dimulai dari pengertian front end dan back end terlebih dahulu, front end adalah suatu bagian dari website yang bentuknya berupa pemrograman untuk mengembangkan tampilan pada sebuah website atau aplikasi. Bahasa pemrograman front end ini yaitu menggunakan HTML, CSS, dan juga JavaScript, sehingga URL dapat berfungsi serta dapat menampilkan website yang baik kepada para penggunanya atau user.

Terdapat orang yang bekerja terkait dengan front end ini yaitu disebut dengan front end developer dan tentu untuk dapat mengerjakan proses front end dengan baik anda harus memilih front end developer yang profesional misalnya layanan website development di jasa SEO seperti Cv. Exito Bali.

Lalu untuk pengertian back end sendiri yaitu merupakan sistem yang ada di balik layar yang mengolah database serta servernya. Di balik tampilan web yang bagus, terdapat program back end ini yang mana akan menopang segala fitur supaya dapat berjalan dengan semestinya.

Back end developer perannya di balik layar juga penting untuk memastikan fungsi fiturnya berjalan dengan lancar menuju sistem/database yang dipakai situs tersebut dan pastikan anda memilih jasa pengembang back end yang tepat salah satunya di Cv. Exito Bali. Dari poin ini anda telah mengetahui pengertian front end dan back end, berikut perbedaan front end dan back end developer.

Perbedaan Front End dan Juga Back End Developer

Setelah mengetahui pengertian front end dan back end simaklah perbedaan detailnya, pertama adalah dari segi cara kerjanya, pengembang front end atau front end developer berperan atas komposisi tampilan pada website serta aplikasi. Mulai dari isi kontennya, jenis ukuran dan warna font, gambar gambar hingga berbagai tombol yang ada harus membuat user nyaman saat melihat serta berinteraksi di dalamnya.

Sedangkan back end developer cara kerjanya yakni meliputi pengontrolan dari sisi server, database dan sistem. Bahasa pemrograman yang umumnya digunakan seorang back end developer misalnya di jasa SEO Bali Cv. Exito Bali dalam proses pengerjaan back end adalah PHP, Ruby, serta Phyton.

Di atas tadi pengertian front end dan back end saja sudah berbeda, apalagi terkait dengan pekerjaannya (front end developer dan back end developer) tentu juga berbeda. Poin perbedaan selanjutnya adalah dari segi waktu kerja, front end developer akan segera memulai pengerjaannya ketika UX Designer sudah menuntaskan pekerjaannya. Kemudian setelah front end developer selesai dengan pengerjaannya, back end developer akan memulai pekerjaannya.

Anda dapat mengandalkan pekerjaan front end dan back end ini kepada orang-orang yang ahli dan juga telah berpengalaman di bidangnya, layanan website development di jasa SEO di Bali Cv. Exito Bali adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda.

Selain itu, skill yang dikuasai oleh kedua bidang pekerjaan ini juga berbeda. Pada pembahasan tentang pengertian front end dan back end tadi anda telah mengetahui bahasa pemrograman yang digunakan dalam front end antara lain yaitu HTML, CSS dan JavaScript dan itu adalah 3 bahasa pemrograman yang minimal harus dikuasainya. Tidak hanya itu saja, seorang front end developer termasuk juga yang bekerja di berbagai jasa website development seperti Cv. Exito Bali juga harus memiliki kemampuan dalam mengelola framework dan juga library. Sedangkan skill yang harus dikuasai back end developer yaitu membaca pemrograman yang ditampilkan di “balik layar” sebuah situs dan aplikasi.

Job Desc / Tanggung Jawab Seorang Front End dan Back End Developer

Selain wajib memahami 3 bahasa pemrograman yang telah anda ketahui pada pembahasan pengertian front end dan back end tadi yaitu HTML, CSS dan JavaScript, front end developer juga bertanggung jawab membuat desain yang responsif, serta memahami RESTful dan API. Tak hanya itu saja, seorang front end developer juga bertanggung jawab melakukan testing dan debugging. Front end developer harus bisa juga menggunakan git dan control system, serta harus bisa menggunakan jQuery. Anda tak perlu khawatir menggunakan jasa website development di jasa layanan SEO di Bali seperti Cv. Exito Bali, karena para front end dan back end developernya sudah memahami betul pekerjaannya.

Sedangkan seorang back end developer selain harus memahami PHP, Ruby, serta Phyton, juga harus memahami pengetahuan mengenai server. Mengingat pada poin terkait pengertian front end dan back end di atas, bahwa back end ialah sistem yang ada di balik layar yang mengolah database serta servernya, jadi seorang back end developer juga harus mengerti terkait pemakaian database. Cara penggunaan framework juga harus dipahami back end developer, selain itu juga harus memahami dasar-dasar mengenai struktur serta algoritma. Itulah tanggung jawab front end dan back end developer, berikut ini ada rekomendasi bagi anda yang membutuhkan layanan website development yaitu di Cv. Exito Bali.

Rekomendasi Jasa Website Development yang Handal

Dari pembahasan di atas mulai dari pengertian front end dan back end hingga pekerjaan front end dan back end developer, tentunya anda sudah tahu bahwa adanya developer yang mumpuni jadi salah satu unsur penting dalam membangun website yang baik. Anda dapat mengandalkan pekerjaan website development di Cv. Exito Bali, yang mana jasa ini merupakan jasa SEO agency Bali yang memiliki berbagai layanan digital marketing, jasa web dan SEO salah satunya layanan website development. Di sini anda juga bisa dibantu mengoptimalkan SEO dengan lebih baik. Percayakan saja sepenuhnya jasa website development anda dan mari tingkatkan profit bisnis anda bersama Cv. Exito Bali!

Pada jasa tersebut, terdapat anggota tim yang berkualitas serta tentunya sudah ahli di bidangnya, berdedikasi memberi pelayanan sebaik mungkin kepada anda dan semua kliennya. Di jasa ini juga memiliki peralatan dan teknologi yang terupdate agar dapat menghasilkan desain web, SEO, online marketing dan lain-lain dengan kualitas yang tinggi dan tak diragukan lagi. Selain itu, tersedia pula online support yang selalu siaga membantu anda. Itulah pembahasan terkait pengertian front end dan back end, perbedaan front end dan back end developer, apa saja tanggung jawab seorang front end dan back end developer serta rekomendasi jasa website development di jasa Cv. Exito Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?