Bagaimana Cara Kerja FB Ads Untuk Bisnis? Simak Ulasannya Disini. 

Facebook Ads atau lebih sering disebut dengan istilah FB Ads dinilai sangat efektif untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis. Apalagi dengan jumlah pengguna aktif media sosial Facebook yang mencapai angka 2 miliar. Akan tetapi, masih banyak pelaku bisnis yang belum memanfaatkan penggunaan layanan periklanan ini.  Alasannya cukup beragam, salah satunya karena mereka belum begitu memahami bagaimana cara kerja FB Ads bagi penjualan bisnis.  Untuk itu, sebagai Jasa SEO dan Digital Marketing profesional, Exito Bali akan mengulas tentang bagaimana cara kerja Facebook Ads untuk bisnis Anda. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, simak terlebih dahulu pengertian, jenis-jenis serta alasan pentingnya menggunakan FB Ads di bawah ini.

Pengertian FB Ads

FB Ads merupakan platform atau layanan pemasangan iklan yang disediakan Facebook untuk mempromosikan produk atau jasa suatu bisnis. FB Ads memungkinkan Anda membuat kampanye iklan sesuai target audiens yang telah ditentukan secara spesifik. Misalnya berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, perilaku dan lokasi audiens. Cara kerja FB Ads juga relatif mudah sehingga dapat memudahkan pebisnis pemula dalam menggunakannya. Selain itu, terdapat banyak pilihan jenis atau tipe iklan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi. Exito Bali menyarankan Anda untuk memilih tipe iklan yang paling sesuai dengan target audiens dan tujuan bisnis. Apakah untuk memasarkan produk kepada target audiens yang lebih luas atau untuk memperkenalkan produk baru.

Tipe Iklan FB Ads 

Mengetahui cara kerja FB Ads sebetulnya tidak bisa lepas dari pemahaman Anda tentang penerapan jenis-jenis iklan yang tersedia. Setidaknya terdapat 6 jenis iklan FB Ads yang bisa dipilih. Apa sajakah itu? Exito Bali telah merangkumnya lewat poin-poin berikut ini.

  • Image Ads, tipe iklan gambar berupa foto, ilustrasi maupun desain grafis
  • Video Ads, tipe iklan video berdurasi maksimal 240 menit untuk promosi produk yang bersifat tutorial
  • Carousel Ads, tipe iklan gambar atau video untuk menampilkan banyak produk
  • Instant Experience Ads, tipe iklan dalam fitur seluler
  • Stories Ads, tipe iklan yang ditampilkan di fitur stories
  • Messenger Ads, tipe iklan yang muncul pada fitur messenger

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan FB Ads?
Baca Juga : 5 Ide Postingan Instagram serta Tema-tema Menarik untuk Feed Instagram Anda
Mengetahui cara kerja FB Ads memang perlu diketahui oleh setiap pemilik bisnis di era digital. Sebab, FB Ads menawarkan sejumlah keuntungan yang bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis. Alasan mengapa Anda perlu menggunakan FB Ads  yang pertama adalah bisnis dapat menjangkau target pelanggan yang lebih banyak. Ini dikarenakan FB menjadi salah satu platform media sosial yang populer di dunia, selain Instagram dan TikTok. Di samping itu, Exito Bali juga menilai bahwa FB Ads dapat membantu Anda dalam menyaring siapa saja audiens yang bisa melihat iklan. Pasalnya, Anda dapat mengatur target audiens dengan karakteristik tertentu. Hal tersebut dapat mengarahkan iklan dilihat oleh target audiens potensial.

Cara kerja FB Ads memberikan Anda kemudahan dalam mendapatkan detail informasi mengenai hasil promosi yang telah dilakukan. Informasi umumnya tersebut berapa data-data penting yang dapat membantu Anda menentukan strategi pemasaran terbaik pada periode mendatang. Mulai dari hasil impression, conversion rate, reach, CTR (Click Through Rate) dan data lainnya. Anda dapat melakukan analisis dan memantau data tersebut secara real time untuk mengetahui tentang performa atau efektivitas iklan. Sudahkah iklan meningkatkan penjualan bisnis atau memang masih banyak yang perlu diperbaiki. Agar bisa mengetahui cara melihat data hasil promosi di FB Ads, Exito Bali merekomendasikan Anda membaca sejumlah artikel yang dibagikan di internet.

Alasan mengapa perlu menggunakan FB Ads yang terakhir adalah Anda dapat mengatur penggunaan anggaran secara fleksibel. Mengingat metode pembayaran pada cara kerja FB Ads dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan bisnis. Dari pengalaman Exito Bali yang telah lama bergelut di bidang digital marketing, biaya yang harus Anda persiapkan tidaklah terlalu besar. Yaitu sekitar Rp. 10 ribu hingga Rp. 30 ribu per harinya. Dengan nominal tersebut, layanan periklanan berbayar ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis yang memiliki modal terbatas. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pengaturan yang tepat dan mengoptimalkan konten iklan. Tujuan kampanye iklan Anda pun bisa tercapai dan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Bagaimana Cara Kerja FB Ads? 

Untuk membuat FB Ads, Anda harus memastikan telah memiliki Fanpage untuk bisnis. Jika belum memilikinya, Anda tidak akan bisa beriklan di FB Ads. Cara kerja FB Ads sendiri dimulai dengan penentuan target audiens yang spesifik. Data pelanggan tersebut nantinya akan digunakan FB untuk menampilkan iklan yang menarik dan relevan dengan audiens yang telah ditargetkan. Selain beberapa karakteristik yang telah disebutkan di awal pembahasan, Jasa SEO Bali berpengalaman, Exito Bali menganjurkan Anda untuk mempertimbangkan ukuran lain. Diantaranya, status pendidikan, bahasa,  dan pekerjaan. Setelah itu, pilihlah tipe iklan yang sesuai dengan tujuan kampanye. Misalnya, kampanye iklan dibuat untuk meningkatkan brand awareness, konversi, engagement atau trafik website.

Tahapan cara kerja FB Ads yang berikutnya adalah penentuan budget. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan biaya tampilan iklan, yaitu daily budget dan lifetime budget. Agar lebih jelas, Exito Bali akan menjelaskannya secara singkat.. Daily budget adalah biaya tampilan iklan yang harus dikeluarkan per hari. Sementara lifetime budget adalah biaya tampilan iklan berdasarkan penetapan waktu tayang. Sedangkan untuk metode pembayaran iklannya, FB Ads juga menyediakan dua pilihan, meliputi CPM (Cost per 1000 Mille) dan CPC (Cost per Click). CPM merupakan metode pembayaran iklan per 1000 kali impresi tayangan dan CPC memungkinkan Anda membayar iklan sesuai dengan jumlah klik dari audiens.

Panduan Membuat FB Ads

Sudah paham tentang cara kerja FB Ads untuk bisnis Anda? Sekarang, Exito Bali akan memberikan panduan membuat FB Ads, yaitu:

  • Masuk ke FB Page
  • Kemudian pilih menu Bisnis atau Merek
  • Klik tombol Memulai dan FB akan mengarahkan Anda ke halaman bisnis
  • Setelah tampilan halaman berubah, isi profil bisnis dengan benar. Mulai dari nama brand, kategori bisnis, hingga deskripsi singkat mengenai bidang bisnis yang Anda jalankan.
  • Selanjutnya, unggah foto profil untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda
  • Terakhir, lengkapi semua data bisnis yang dibutuhkan seperti alamat email, nomor telepon, situs web, CTA (Call To Action) dan lain sebagainya. Ini untuk memberikan informasi yang akurat kepada audiens.

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara kerja FB Ads untuk bisnis Anda. Kini penggunaan FB Ads bisa lebih mudah dengan bantuan Exito Bali. Kami merupakan SEO Agency Bali dan Digital Marketing terpercaya yang menyediakan layanan jasa FB Ads. Kami menawarkan banyak paket FB Ads yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan kondisi finansial Anda. Dengan menggunakan layanan FB Ads kami, website Anda akan semakin dikenal sekaligus mendapatkan lebih banyak pelanggan. Otomatis, omset bisnis Anda akan ikut meningkat dan mencapai target yang diharapkan. Proses pemesanan layanan jasa FB Ads kami terbilang cepat dan praktis. Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi kami dan pilih fitur chat yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?