8 Tips Mencari Jasa Pembuatan Website di Bali untuk Pemula

Butuh website untuk memperkenalkan atau bahkan mempromosikan bisnis yang sedang Anda buat. Tidak perlu bingung belajar coding atau yang lainnya, serahkan saja pada ahlinya, yaitu jasa pembuatan website di Bali, salah satunya CV. Exito Bali. Di tangan ahlinya, Anda tidak hanya dibantu untuk membuat website, namun juga dibuatkan website secara detail, sesuai kebutuhan dan keinginan Anda, baik itu untuk kebutuhan website pendidikan, website jualan atau bisnis, atau bahkan website company profile.

Namun untuk menemukan penyedia jasa yang tepat, Anda para pemula bisnis online di Bali, ada baiknya jika membaca beberapa tips berikut ini, yaitu :

  1. Cari tahu kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum mencari jasa pembuatan website di Bali, yaitu cari tahu kebutuhan Anda. Apakah Anda akan membuat website dari nol, maka Anda membutuhkan web development. Diibaratkan sebagai arsitek dan tukang bagunan, di tempat ini Anda akan dibantu untuk membuat website dari nol, mulai dari membuat kerangka, struktur serta memasang fitur di dalam website itu sendiri. Sedangkan jika Anda ingin mendesain web, maka Anda membutuhkan jasa desain website.

Ini adalah jasa yang akan membantu Anda untuk mendesain penampilan web yang sudah dimiliki sebelumnya, mulai dari user experience dan juga user interface. Hasilnya penampilan website Anda jadi lebih enak dan nyaman dilihat para pengunjung. Apabila Anda membutuhkan keduanya, maka Anda perlu mencari penyedia jasa seperti CV. Exito Bali, yang tidak hanya mempunyai layanan web development, namun juga web design, termasuk beberapa layanan lain, yang masih berhubungan dengan SEO.

  1. Siapkan budget

Pastinya, semakin kompleks website yang akan Anda pesan di jasa SEO di Bali, sudah pasti budget atau biaya yang Anda keluarkan juga semakin besar. Jadi sebaiknya perhatikan dan siapkan budget sesuai dengan kebutuhan website itu sendiri. Anda dapat mencari tahu kisaran biaya tersebut di website resmi pihak penyedia jasa.

Lalu bagaimana jika Anda mempunyai budget pas pasan, jika demikian, diskusikan hal tersebut dengan pihak penyedia jasa. Misalnya saja Anda akan bekerja sama dengan CV. Exito Bali, tidak ada salahnya jika mendiskusikan website yang diinginkan, atau memilih layanan standar untuk membuat website yang diinginkan.

Jangan langsung tergiur dengan harga murah, namun pastikan kualitas website dan layanan yang diberikan, apakah sesuai kebutuhan dan harga yang ditawarkan atau tidak.

  1. Cari tahu profil penyedia jasa

Berikutnya, jangan lupa untuk mencari tahu profil yang dimiliki oleh penyedia jasa SEO tersebut. Contohnya Anda bekerja dengan CV. Exito Bali, jadi cari tahu profil dari penyedia jasa tersebut. Apakah mempunyai reputasi yang baik, mempunyai pengalaman yang memadai, serta mempunyai portofolio yang mengesankan atau tidak.

Selain itu cek juga situs web dari pihak penyedia jasa, disini Anda dapat memperhatikan kualitas desain, fungsionalitas website, serta kecepatan website. Jika performanya baik, sudah pasti kualitas hasil pekerjaan yang didapat kelak juga baik.

  1. Lihat portofolio dan contoh yang dimiliki pihak penyedia jasa

Masih ada hubungan dengan poin sebelumnya, Anda sebaiknya meminta contoh demo website yang pernah dibuat oleh pihak jasa SEO di Bali sebelumnya. Tujuannya untuk memberikan gambaran akan kualitas desain serta kemampuan teknis dari penyedia jasa. Di CV. Exito Bali misalnya, disini Anda dapat melihat berbagai variasi tema yang ditawarkan, ada juga berbagai macam fitur web, termasuk plugin serta ekstensi yang nantinya dapat digunakan.

Selain demo contoh web, cek juga portofolio yang dimiliki oleh penyedia jasa. Sama seperti demo web, Anda juga dapat melihat gambaran akan kualitas atau bahkan variasi proyek web yang pernah diselesaikan sebelumnya. Termasuk Anda juga dapat melihat, apakah pihak penyedia jasa, pernah menyelesaikan proyek yang sama dengan website yang Anda inginkan atau belum.

  1. Cari tahu ulasan konsumen sebelumnya

Satu lagi yang dapat Anda perhatikan tentang kualitas dari pihak penyedia jasa SEO Bali, yaitu ulasan dari para konsumen yang pernah menggunakan layanan dari pihak penyedia jasa tersebut. Ulasan dari para konsumen tersebut, dapat Anda cari di website resmi pihak penyedia jasa (misalnya saja di website resmi CV. Exito Bali, atau yang lainnya) melalui akun sosial media atau yang lainnya.

Pihak penyedia jasa, boleh saja memberikan berbagai macam penawaran untuk para konsumennya, dan mengatakan bahwa layanannya berkualitas, namun ulasan dari para konsumen akan menjelaskan semuanya. Apakah pihak penyedia jasa benar benar memberikan layanan yang dimaksud atau tidak, dan layanannya berkualitas atau tidak.

  1. Jelaskan secara detail kebutuhan dan keinginan Anda

Jangan lupa, jelaskan secara detail tentang website dan desain website seperti apa yang Anda butuhkan serta inginkan, pada pihak penyedia jasa SEO Agency Bali, misalnya saja CV. Exito Bali, mulai dari :

  • Maksud dan tujuan membuat website.
  • Masalah teknis pada website tersebut.
  • Contoh desain website serta berbagai macam fitur yang Anda inginkan.
  • Font seperti apa yang ingin Anda gunakan.
  • Warna apa yang ingin Anda gunakan.
  • Jangan lupa, desain juga gambar serta logo yang akan disematkan pada website tersebut.

Tidak ada salahnya jika Anda juga menyertakan berbagai poin poin lain, yang dinilai perlu untuk membangun website yang diinginkan.

  1. Cari tahu fitur dan layanan, pastikan sudah mendukung fitur SEO

Dalam hal ini, Anda juga perlu mencari tahu, aneka macam fitur serta layanan apa saja yang dimiliki oleh pihak penyedia jasa. Misalnya saja Anda bekerja sama dengan CV. Exito Bali, maka cari tahu, daftar tinjau dan pilihan layanan yang dimiliki, apakah ada dukungan teknik serta maintenance setelah website tersebut selesai dibuat, sudah mendukung fitur SEO dan yang lainnya.

Pastikan bahwa berbagai macam fitur serta layanan yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan serta tujuan Anda membuat website. Apabila ada pertanyaan atau hal lain yang dirasa kurang jelas, sebaiknya tanyakan secara langsung, dan jangan ragu untuk melakukan diskusi dengan pihak penyedia jasa.

  1. Diskusikan detail kontrak secara jelas

Yang terakhir dan pastinya penting, diskusikan secara detail dan jelas, akan kontrak kerja yang akan dibuat. Contohnya ketika Anda bekerja sama dengan CV. Exito Bali, maka diskusikan tentang aneka perubahan yang dapat dilakukan, jadwal penyelesaian website, detail pembayaran, termasuk ada atau tidaknya dukungan purna jual.

Dalam hal ini, Anda juga dapat mendiskusikan tentang hak cipta serta kepemilikan intelektual website yang akan dibuat. Sebaiknya Anda memastikan bahwa hak cipta serta kepemilikan intelektual atas desain, fitur dalam web, termasuk konten, sepenuhnya jadi milik Anda, setelah proyek tersebut selesai dibuat.

Jadi bagi Anda yang ingin membuat website, baik itu untuk kepentingan bisnis, atau untuk kepentingan lainnya, penjelasan di atas membuat Anda sedikit banyak, mengerti hal hal apa saja yang sebaiknya Anda perhatikan ketika ingin mencari dan bekerja sama dengan jasa pembuatan website di Bali. Termasuk ketika Anda ingin bekerja sama dengan CV. Exito Bali, sebagai penyedia jasa yang profesional.

Tidak hanya web development dan web design saja yang ditawarkan, namun ada beragam layanan lain, termasuk SEO, yang pastinya penting untuk membuat website Anda selalu dikunjungi para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?