8 Strategi Optimasi Google My Business Untuk Tunjang Kemajuan Usaha

backlink, bali web design, cara kerja facebook ads, creative design bali, cv.exito bali, design graphic bali, digital marketing bali, digital online marketing di bali, facebook, faceboook ads, fb ads, jasa pembuatan website, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo denpasar, jasa seo di bali, marketing agency bali, pembuatan website, perusahaan jasa website, seo, seo agency, seo agency bali, seo di bali, seo friendly, social media management, social media management bali, video animasiGoogle My Business hadir sebagai tool gratis yang membantu pelaku usaha mengelola kehadiran atau lokasi usaha secara online. Dengan begitu, tempatnya akan muncul di hasil pencarian saat ada yang memasukkan keyword bersangkutan. Dalam hal ini, optimasi Google My Business perlu Anda aplikasikan agar lokasi bisnis bisa muncul di laman pertama. Caranya bisa diterapkan sendiri atau mengandalkan jasa SEO di Bali dari CV. Exito Bali bagi pelanggan yang menetap di Pulau Dewata. Sebelum memulainya, Anda perlu membuat akun dengan membuka google.com/business atau masuk menggunakan akun Gmail yang masih aktif. Setelah itu, Anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut untuk memaksimalkan optimasi lokasi bisnis:
Baca Juga: Strategi Membuat Promosi Di Akun Facebook, Cara Kerja FB Ads!

  1. Mengecek listing lokasi bisnis

Cek apakah lokasi bisnis Anda sudah masuk listing Google My Business. Umumnya, tempat usaha yang sudah beroperasi selama beberapa tahun pasti punya listing, sehingga Anda tinggal mengklaim lokasi tersebut. Kemudian, kelola informasi yang dibutuhkan untuk melengkapinya seperti nama usaha, alamat, jam kerja, dan lain sebagainya. Namun, kalau ada yang telanjur mengambil, Anda tinggal kirimkan pengaduan kepada Google untuk mencari jalan keluar. Proses pendaftaran untuk listing sebenarnya cukup cepat, tetapi waktu konfirmasinya membutuhkan waktu lama atau rata-rata sekitar seminggu. Anda bisa mengandalkan jasa SEO yang ditawarkan CV. Exilo Bali apabila ingin mendapatkan pengurusan listing lebih cepat.

  1. Lengkapi informasi pada lokasi bisnis

Sudah mendapatkan listing Google My Business dari CV. Exilo Bali? Lanjutkan dengan melengkapi informasi yang ingin Anda perlihatkan pada lokasi bisnis. Beberapa di antaranya adalah nama bisnis, alamat bisnis, telepon, website resmi, jam operasional, kategori dan atribut, jenis produk, dan FAQ. Kemudian, ada sejumlah aspek yang harus konsisten Anda perbarui atau terbarui. Beberapa di antaranya konten terkait bisnis seperti menu atau daftar layanan, ulasan atau review, dan pertanyaan dari konsumen yang diikuti jawaban dari Anda. Konsistensi adalah salah satu kunci menjaga hasil optimasi dari jasa SEO Bali supaya bisnis yang Anda kelola terlihat hidup.

  1. Optimalkan informasi kontak

Kontak memegang peran penting untuk memandu konsumen menemukan lokasi berdasarkan informasi Google My Business. Dalam hal ini, pastikan nama bisnis identik dengan papan nama atau plat yang dipasang di toko yang ada di dunia nyata. Menambahkan nama lokasi, kecuali dalam nama merek atau produk, maupun kata kunci (keyword) akan dianggap spam oleh Google. Anda pun berisiko menerima sanksi. Kemudian, pastikan nama maupun alamat yang tercantum pada listing untuk menjaga konsistensi. Selanjutnya, perlihatkan jam operasional reguler dan saat hari libur agar konsumen datang sesuai jadwal tersebut. Layanan SEO agency Bali CV. Exilo Bali pastinya memperhatikan detail-detail ini.

  1. Cantumkan deskripsi ‘dari bisnis’

Di bagian bawah nama bisnis, Anda akan menemukan kolom deskripsi yang telah ditulis Google. Ringkasan editorial tersebut ditujukan untuk menjaga konsistensi platform. Namun, selama informasi yang Anda berikan akurat dan lengkap, Google pasti akan mencantumkan informasi yang sesuai pula dari listing yang sudah Anda ajukan. Anda juga tak perlu cemas, sebab ada deskripsi pada bagian ‘dari bisnis’ atau ‘from business’ yang bisa disunting melalui dasbor akun Google My Business. Pada bagian tersebut, Anda bisa cantumkan lokasi yang muncul di ulasan. Jasa SEO di Bali yang diberikan CV. Exilo Bali akan membantu Anda memberikan deskripsi terbaik.

  1. Pilih kategori dan atribut lokasi bisnis

Optimasi Google My Business berikutnya adalah menambahkan kategori dan atribut. Langkah ini bertujuan untuk membuat profil lebih menarik dan efektif dicari. Calon konsumen pun akan memilih tempat Anda dibandingkan kompetitor. CV. Exilo Bali akan membantu dengan memastikan informasi yang dicantumkan lebih spesifik. Kemudian, layanan atau menu yang Anda unggah ke Google My Business sesuai dengan yang tersedia di lokasi bisnis. Berikan kategori tambahan yang akan memaksimalkan hasil pencarian di Google. Jangan lupa tambahkan atribut  seperti layanan take out hingga ketersediaan Wi-Fi. Selain mengoptimalkan performa jasa SEO, kemungkinan konsumen memilih tempat bisnis semakin besar.

  1. Tambahkan foto yang jelas dan jernih

Foto memegang peran penting dalam menunjang Google My Business untuk tempat usaha Anda. Konten ini dapat menjadi bukti bahwa Anda aktif mengelola akun hingga meningkatkan keterlibatan pelanggan sebanyak 42%. Ada sejumlah trik yang dapat diaplikasikan seperti menambahkan foto secara berkala (direkomendasikan setiap tujuh hari sekali), unggah logo tempat bisnis untuk thumbnail, pakai foto yang mewakilkan bisnis untik sampul, dan hindari pemakaian konten stock photo. Jasa SEO Bali seperti CV. Exilo Bali pun akan membantu Anda menambahkan foto 360 derajat dengan aplikasi Google Street View. Tujuannya adalah memudahkan konsumen untuk mengetahui lokasi bisnis Anda.

  1. Dapatkan ulasan di Google My Business

Saat mencari restoran atau bengkel, lokasi mana yang akan Anda cari: tempat yang punya review bervariasi atau yang sepi ulasan? Sebagian besar orang tentunya akan memilih opsi satu. Google pun akan menampilkan lokasi bisnis dalam hasil pencarian Local 3 Pack saat mengetahui tempat tadi menerima rating dengan bintang solid. CV. Exilo Bali selaku SEO agency Bali akan menyediakan optimasi tersebut melalui sejumlah langkah. Antara lain meminta pelanggan setia menuliskan review, menyediakan tautan menuju kolom ulasan, dan berikan tanggapan, baik untuk feedback positif maupun negatif. Lakukan secara konsisten sampai masuk daftar Local 3 Pack.

  1. Unggah konten bisnis secara berkala

Pada tahap akhir, unggah konten secara berkala untuk mengirim sinyal kepada Google. Berikan tautan serta Call-to-Action (CTA) supaya calon konsumen mudah untuk membeli barang maupun memesan makanan dari tempat Anda. Pembaruan rutin juga membantu Anda mengganti konten-konten yang sifatnya sementara seperti promosi atau voucher. Kemudian, pantau juga aliran review yang masuk dari konsumen sambil memberikan tanggapan atau tindak lanjut apabila terjadi masalah. Ikuti pula perkembangan fitur dari Google untuk menjaga hasil optimasi dari jasa SEO. CV. Exilo Bali sebagai penyedia layanan terpercaya siap membantu Anda untuk memelihara Google My Business agar kualitasnya tetap bagus.
Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Website Bisnis Ala SEO Agency Bali Profesional
Jika disimpulkan, optimasi Google My Business tak membutuhkan strategi berat atau teknologi canggih. Anda hanya perlu konsisten dan terus mengikuti update yang disediakan Google. Kalau masih ragu atau belum familier dengan penerapan SEO, CV. Exilo Bali sekali lagi akan membantu sesuai kebutuhan dan bujet. Mereka akan memastikan Anda mengetahui dasar Google My Business dan dampaknya terhadap lokasi usaha dalam pencarian online. Selain itu, mereka juga memakai metode terbaru untuk memastikan hasil dari jasa SEO Bali memenuhi ekspektasi klien. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi agensi ini apabila Anda membutuhkan bimbingan optimasi pada tempat usaha demi mendapatkan konsumen loyal dan sesuai.
Baca Juga: Backlink Adalah: Pengertian, Fungsi, Pengaruh Pada SEO Website, dan Cara Membuatnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?