Tips Optimasi Gambar Web Yang SEO Friendly Ala Jasa Design Graphic Bali

backlink, bali web design, cara kerja facebook ads, creative design bali, cv.exito bali, design graphic bali, digital marketing bali, digital online marketing di bali, facebook, faceboook ads, fb ads, jasa pembuatan website, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo denpasar, jasa seo di bali, marketing agency bali, pembuatan website, perusahaan jasa website, seo, seo agency, seo agency bali, seo di bali, seo friendly, social media management, social media management bali, video animasi,Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website yang SEO friendly adalah dengan melakukan optimasi gambar. Dengan melakukan optimasi gambar, Anda bisa memiliki website dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami oleh pengunjung. Keuntungannya, website Anda bisa memperoleh banyak klik dan dapat terindex oleh mesin pencari Google. Untuk itu, pada artikel ini akan diulas mengenai tips optimasi gambar web yang SEO friendly ala Exito Bali. Penyedia jasa design graphic Bali ini sangat berpengalaman dalam layanan digital marketing, jasa SEO dan web development. Jadi, Anda tidak perlu ragu akan kredibilitasnya. Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan gambar web? Berikut uraiannya. 

Baca Juga: Jasa Google Ads Terbaik

Membuat Konten Gambar Yang Berkualitas

Tips yang pertama buatlah konten gambar berkualitas. Untuk membuat gambar yang berkualitas Anda tidak perlu menjadi fotografer handal. Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan situs web yang menyediakan ribuan hingga jutaan gambar berkualitas. Anda bisa mengunduh gambar-gambar yang dirasa relevan dari situs web tersebut secara gratis maupun berbayar. Selain mengunduh gambar dari situs web, Anda juga bisa mengambil foto sendiri. Mengunggah banyak gambar hasil karya sendiri tentu bisa meningkatkan kredibilitas website. Apabila membutuhkan gambar dalam bentuk grafis, Anda bisa menggunakan tools atau aplikasi design graphic online. Atau, Anda juga bisa bekerja sama dengan jasa design graphic Bali yang kompeten, seperti Exito Bali. 

Membuat Konten Gambar Dengan Ukuran Yang Seragam

Tampilan website akan lebih eye-catching jika Anda konsisten mengaplikasikan gambar dengan ukuran yang seragam. Peletakkan gambar di tempat yang strategis juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Cara ini akan membantu Anda dalam menyusun informasi di halaman website. Baik itu informasi berupa teks, kolom dan elemen-elemen website lainnya. Gambar dan informasi yang diletakkan secara proporsional akan memberikan tampilan website yang lebih rapi. Pengunjung pun tidak akan merasa kebingungan ketika menjelajahi website Anda. Sebagian besar jasa design graphic Bali yang terpercaya, tidak terkecuali Exito Bali umumnya menggunakan tips optimasi gambar web ini untuk kebutuhan desain situs web dan SEO yang lebih efektif. 

Menggunakan Jenis File Gambar Yang Tepat

Pemilihan jenis file gambar juga akan berdampak pada performa website Anda. Oleh karenanya, gunakanlah jenis file gambar yang tepat seperti JPEG atau PNG. JPEG memiliki kemampuan untuk menangani semua macam warna dan berukuran relatif kecil. Sementara PNG sangat cocok diaplikasikan untuk gambar yang mengandung teks atau logo di dalamnya. File gambar jenis ini bisa menunjang penggunaan latar belakang transparan. Jika ingin menggunakan file PNG, Exito Bali menganjurkan Anda untuk menyimpannya dalam format 24 bit. Tujuannya agar gambar  yang dihasilkan bisa lebih baik dan beragam. Apabila ingin mengkonversi file gambar PNG ke JPEG, Anda bisa melakukannya sendiri. Namun jika ingin mengkonversi file gambar JPEG ke PNG, Anda membutuhkan bantuan jasa design graphic Bali. 

Memperhatikan Nama File Gambar

Apakah Anda sering mengunggah gambar ke website tanpa memperhatikan nama file? Jika iya, Exito Bali meminta Anda untuk tidak mengulanginya lagi. Alasannya karena gambar dengan nama “foto1” atau “image2021-11-13” tidak dapat meningkatkan SEO di website Anda. Agar bisa mengoptimalkan kinerja website Anda bisa mengikuti kiat-kiat yang biasanya diaplikasikan oleh jasa design graphic Bali. Kiat-kiat tersebut yaitu menggunakan huruf kecil daripada huruf besar, pilihlah angka 0 sampai 9, serta menghindari penggunaan tanda baca garis bawah dan spasi. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan tanda penghubung. Misalnya, “gunung-merapi” atau “rumah-kaca”. Apabila menggunakan WordPress, Anda bisa memperbaharui teks alternatif tanpa mengganti semua nama file gambar. 

Menghindari Gambar Yang Bersifat Dekoratif

Tips optimasi gambar web ala jasa design graphic Bali berikutnya adalah menghindari penggunaan gambar yang bersifat dekoratif. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Exito Bali akan memberikan penjelasan singkatnya. Situs web kerap menggunakan berbagai macam gambar dekoratif seperti yang diletakkan pada background atau bingkai. Gambar-gambar tersebut biasanya tidak memiliki kaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga dianggap hanya untuk keperluan dekoratif. Walaupun dapat menambah nilai daya tarik, gambar dekoratif ternyata menghasilkan ukuran file yang lebih besar dan memperlambat waktu muat website. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengurangi ukuran gambar yang ada pada background. Misalnya dengan merubah jenis file gambar menjadi PNG.

Memberikan Keterangan Teks Alternatif

Tidak sedikit pelaku bisnis yang kurang memperhatikan pemberian keterangan teks alternatif. Padahal cara ini sangat berpengaruh terhadap SEO. Teks alternatif atau yang dikenal juga dengan istilah Alt tag sebetulnya tidak akan terlihat oleh pengunjung website Anda. Akan tetapi, keterangan Alt tag ini akan memberikan informasi kepada mesin pencari Google tentang representasi dasar setiap gambar. Teks alternatif bahkan bisa membantu pengunjung website yang mengalami gangguan penglihatan. Mereka akan lebih mudah dalam menavigasi situs web Anda dengan memakai perangkat berbasis audio. Tips ini sering diaplikasikan oleh jasa design graphic Bali yang profesional, termasuk Exito Bali. Dengan demikian, pastikan Anda memberikan keterangan teks alternatif saat menambahkan gambar ke website. 

Meletakkan Gambar Dekat Informasi Yang Relevan 

Alih-alih meletakkan gambar di tempat yang asal-asalan. Upayakan untuk meletakkan gambar di dekat informasi yang relevan atau berkaitan dengan kata kunci. Tips optimasi gambar web dari Exito Bali yang satu ini dapat memperbesar peluang website Anda berada di halaman pertama mesin pencari. Terbukti dari banyaknya jasa design graphic Bali terpercaya lainnya yang juga merekomendasikan cara ini. Sebagai contoh, jika situs website mempromosikan penjualan produk buah-buahan, Anda tidak bisa menggunakan gambar alat transportasi. Begitu pula sebaliknya. Sebab, ini akan membuat website Anda menjadi tidak SEO friendly. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah gambar yang berhubungan dengan informasi atau teks yang dijabarkan pada website.  

Berhati-Hati Ketika Mengaplikasikan CDN

Tips optimasi gambar ala jasa design graphic Bali yang terakhir adalah berhati-hatilah ketika Anda mengaplikasikan CDN (Content Delivery Networks). CDN sendiri merupakan jaringan server untuk menghosting gambar maupun jenis file lainnya. CDN dapat meningkatkan kecepatan waktu muat halaman website Anda dan membantu dalam meminimalisir masalah bandwith. Namun, pengaplikasian CDN dapat mempengaruhi backlink. Menempatkan gambar di CDN berisiko menghapusnya dari domain Anda. Menggunakan CDN juga memperbesar kemungkinan website tidak bisa diakses apabila terjadi error issues pada layanan ini. Misalnya kendala 520 dan 550 Error. Jadi, Exito Bali menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu tentang apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan CDN. 

Demikianlah ulasan mengenai tips optimasi gambar web yang SEO friendly ala jasa design graphic Bali Apabila masih kesulitan dalam mengotimalkan gambar di website Anda, tidak ada salahnya untuk bekerja sama dengan Exito Bali. Sebagai penyedia jasa desain graphic dan SEO Agency Bali berpengalaman, kami akan membantu Anda mengembangkan desain website secara maksimal. Selain itu, kami juga didukung oleh tim expert yang akan memberikan panduan SEO paling update. Dengan begitu website bisnis Anda bisa menempati ranking teratas SERP dan mampu bersaing dengan kompetitor. Jika tertarik, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan website bisnis yang sedang dirintis. Hubungi nomor kontak yang tersedia di website kami untuk mengetahui informasi lebih detail. 

Baca Juga: 8 Strategi Digital Marketing Bali yang Efektif di Tahun 2023, Bisnis Makin Melejit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?