8 Cara Meningkatkan Keyword Organik di Situs Website, Auto Banjir Pengunjung

backlink, bali web design, cara kerja facebook ads, creative design bali, cv.exito bali, design graphic bali, digital marketing bali, digital online marketing di bali, facebook, faceboook ads, fb ads, jasa pembuatan website, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo denpasar, jasa seo di bali, marketing agency bali, pembuatan website, perusahaan jasa website, seo, seo agency, seo agency bali, seo di bali, seo friendly, social media management, social media management bali, video animasiAda berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan traffic website. Salah satunya adalah cara meningkatkan keyword organik dengan optimasi SEO. Traffic memiliki peran yang sangat penting untuk menaikkan page authority atau domain authority website Anda agar bisa menempati halaman pertama Google.
Baca Juga: Ini Manfaat yang Akan Didapat Ketika Menggunakan Jasa SEO Denpasar Untuk Bisnis Anda

Namun, meningkatkan traffic secara organik cukup menantang untuk pemula. Kalau tidak tahu triknya, website justru sepi pengunjung karena tidak terbaca oleh algoritma Google. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan traffic website? Yuk, ikuti penjelasan dari SEO Agency Bali berikut ini!

  1. Riset Keyword dengan Tool Profesional

Organic search website pada dasarnya tidak hanya membantu situs Anda menempati posisi pertama di halaman search engine. Namun, juga berdampak pada peningkatan penjualan online dan brand awareness. Oleh karenanya, pemilihan keyword tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Untuk menentukan keyword, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mencari tahu kata kunci mana yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di kategori niche yang Anda pilih. Makin tinggi tingkat pencariannya, maka kemungkinan konten Anda ditemukan oleh pengguna pun makin besar.

Akan tetapi, persaingannya juga makin ketat. Sehingga diperlukan optimasi SEO supaya tidak kalah dari website kompetitor yang memiliki pembahasan serupa. Riset keyword bisa dilakukan dengan bantuan tool profesional seperti Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, AnswerThePublic, UberSuggest, dan lain sebagainya. Beberapa tool bisa diakses secara gratis, tetapi tidak sedikit pula yang mengharuskan Anda berlangganan agar bisa menikmati semua fitur yang disediakan.

  1. Buat Judul yang Menarik dan Optimalkan Meta Description

Saat memasukkan kata kunci di kolom pencarian, hal pertama yang diperhatikan oleh pengguna internet adalah judul. Optimasi SEO pada judul sangat diperlukan agar website Anda direkomendasikan oleh Google. Judul konten juga harus menarik agar user penasaran, sehingga mencari tahu lebih lanjut dengan mengunjung website Anda.

Selain itu, menambahkan meta description cukup efektif untuk meningkatkan traffic organik. Meta description adalah deskripsi keseluruhan isi konten yang Anda bahas. Dalam membuat meta description pastikan kalimatnya tidak terlalu panjang.

  1. Gunakan Keyword Panjang dalam Artikel

Cara meningkatkan keyword organik yang selanjutnya adalah menambahkan kata kunci panjang dalam artikel yang Anda unggah. Keyword yang digunakan minimal harus berjumlah empat sampai lima kata. Sebagian orang menganggap penggunaan keyword panjang tidaklah penting. Padahal, cara ini bertujuan untuk menjadikan keyword yang Anda pilih jadi lebih spesifik.

Untuk mendapatkan keyword panjang yang relevan dengan niche, Anda juga bisa memanfaatkan tool profesional seperti yang sudah Jasa SEO di Bali sebutkan tadi. Dengan bantuan tool profesional, Anda bisa mendapatkan keyword paling tepat sehingga optimasi SEO tidak sia-sia.

  1. Buatlah Website yang User-Friendly

Pengalaman pengguna selama mengunjungi website Anda merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Website yang memiliki tampilan monoton, terlalu ramai, dan tingkat keterbacaan yang rendah cenderung dihindari oleh user. Sekalipun isi kontennya bagus, tetapi tampilan website yang tidak sedap dipandang mata membuat traffic-nya stagnan, bahkan cenderung turun.

Untuk itu, selain optimasi SEO on page dan off page, website Anda harus user-friendly. Untuk menghadirkan website yang user-friendly ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah web loading. Loading website yang terlalu lama akan membuat pengguna internet pergi begitu saja. Begitupun dalam pemilihan tema, desain, dan warna website. Jika ingin meningkatkan traffic organik, pilihlah tema yang sesuai dengan niche Anda.

Sementara untuk pemilihan warna dapat mempertimbangkan siapa yang jadi target audience-nya. Website dengan target audience laki-laki akan lebih cocok menggunakan warna-warna gelap yang terlihat manly. Sementara website dengan audience perempuan akan terlihat eye catching dengan warna-warna girly yang soft, seperti pink dan warna pastel.

  1. Konten yang Informatif

Nyatanya, bukan hanya tampilan website saja yang mempengaruhi traffic. Isi konten pun memiliki peran yang sangat krusial. Website dengan tampilan menarik masih bisa sepi pengunjung apabila tidak ada value dalam konten yang diunggah. Bahkan, website bisnis sekalipun sebaiknya tidak hanya mengunggah produk terus menerus.

Supaya keyword organik meningkat, Anda harus membuat konten yang informatif. Baik itu dalam bentuk artikel maupun video. Ciri-ciri artikel informatif adalah mengandung manfaat, mengedukasi, dan membantu memecahkan masalah user. Kendati demikian, artikel yang diunggah ke website haruslah relevan dengan tema produk Anda.

Misalnya, Anda mengambil niche kecantikan, maka artikelnya pun membahas tips & trik perawatan kulit tubuh dan wajah. Di akhir artikel, jangan lupa menambahkan call to action yang mengarahkan pengunjung untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Lakukan Analisis dan Daur Ulang Konten

Setelah menemukan keyword yang tepat serta membuat dan mengunggah konten, lakukanlah analisis. Konten yang diunggah sebelumnya jangan dianggurkan begitu saja. Lihatlah seberapa bagus performa konten tersebut dan lakukan perbandingan untuk mengetahui topik yang disukai pengunjung. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari topik-topik yang sepi, sehingga traffic website pun terus meningkat seiring dengan bertambahnya konten.

Lalu, bagaimana dengan konten terdahulu yang performanya buruk? Anda tidak harus men-take down konten tersebut. Ada alternatif lain yang bisa diterapkan, yaitu mendaur ulang artikel. Caranya adalah dengan mengambil angle berbeda untuk menghasilkan artikel yang lebih fresh dengan topik serupa.

  1. SEO On-Page untuk Tingkatkan Keyword Organik

Tips selanjutnya adalah menggunakan SEO On-Page untuk mendukung kinerja konten supaya situs Anda cepat terindeks oleh Google. SEO On-Page berarti Anda menyisipkan link dari artikel lain di website Anda untuk mendukung konten yang sedang dibahas. URL yang dituju dan keyword yang dipilih sebaiknya sesuai dengan pembahasan pada konten tersebut.

Dengan begitu, masa ada hubungan antara dua konten di situs Anda, sehingga pengunjung tidak merasa bingung karena pembahasan berubah di pertengahan artikel.

  1. Jangan Menumpuk Keyword

Last but not least, jangan menumpuk keyword dalam konten Anda. Jumlah keyword yang terlalu banyak akan membuat konten Anda terdeteksi sebagai spam. Selain itu, keyword yang berlebihan juga membuat pengunjung enggan membaca karena artikel jadi terkesan membingungkan. Namun, keyword yang terlalu sedikit juga membuat konten Jasa SEO Bali sulit terbaca algoritma.

Kesimpulan

Pada dasarnya meningkatkan traffic organik website tidaklah sesulit yang dibayangkan jika Anda tahu triknya. Dengan cara menaikkan keyword organik di atas, website Anda akan banjir pengunjung dan lebih cepat terindeks mesin pencarian. Selain delapan poin di atas, konsistensi dalam membuat konten juga perlu diperhatikan agar website tidak tenggelam.
Baca Juga: 8 Strategi Digital Marketing Bali yang Efektif di Tahun 2023, Bisnis Makin Melejit
Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengelola website atau mengalami kesulitan dalam menentukan konten, serahkan saja pada CV Exito Bali. Dengan tim profesional, kami siap membantu website Anda meraih peringkat pertama Google.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?