8 Strategi Digital Marketing Bali yang Efektif di Tahun 2023, Bisnis Makin Melejit

Strategi digital marketing Bali punya peran penting dalam kesuksesan bisnis di era digital seperti sekarang. Strategi marketing ini memanfaatkan sosial media maupun website sebagai medianya. Fungsinya tidak hanya untuk membangun brand awareness, tetapi juga membantu meningkatkan jumlah penjualan dan menjangkau lebih banyak audience. Berikut ini strategi pemasaran digital yang efektif diterapkan di tahun 2023 untuk membuat bisnis Anda makin dikenal banyak orang.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Website Bisnis Ala SEO Agency Bali Profesional

digital marketing bali, bali web design, cv.exito bali, design graphic bali, digital online marketing di bali, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo di bali, perusahaan jasa website, seo, seo agency bali, seo di bali, social media management, social media management bali

  1. Tingkatkan Kualitas Konten Marketing

Konten yang Anda unggah ke sosial media dan website memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran digital. Makin berbobot kontennya, makin banyak dilirik oleh audience. Kendati demikian, bukan hanya isi konten saja yang harus Anda perhatikan.

Proses dari hulu ke hilir juga perlu dipikirkan supaya konten marketing dapat mencapai tujuan Anda. Mulai dari proses perencanaan, pembuatan, editing, hingga evaluasi setelah konten diunggah. Jenis konten yang diunggah bisa beragam, seperti video, foto, artikel, dan lain sebagainya. Untuk konten berbentuk video dan foto, visual menjadi poin utama. Sementara untuk artikel, buatlah konten yang enak dibaca dan dapat menyelesaikan masalah audience. Lebih lanjut, sudut pandang dan gaya penulisan konten juga harus Anda sesuaikan dengan target market.

  1. Buat Sales Funnel

Pengguna internet sangat beragam dan belum tentu semuanya mengenal brand Anda. Sebagian mungkin adalah orang-orang yang baru menemukan website Anda untuk pertama kalinya. Oleh karenanya, Anda perlu menyajikan konten yang beragam.

Alih-alih fokus terhadap konten top-funnel saja, strategi digital marketing ala Jasa SEO di Bali mengajak Anda untuk menjag aketertarikan audience pada bottom-funnel maupun mid-funnel. Selain konsisten dalam membuat konten yang bervariatif, Anda perlu membangun interaksi dengan audience. Salah satunya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh audience lewat kolom komentar di konten yang Anda unggah.

  1. Digital Experience

Tak hanya konten dan sales funnel, pengalaman pengguna juga harus Anda pikirkan jika ingin strategi digital marketing berhasil. Tak bisa dipungkuri bahwa di era digital, setiap orang menginginkan proses transaksi yang mudah dan cepat. Dibanding belanja offline, banyak konsumen yang memilih berbelanja online karena tidak menyita banyak waktu dan dapat dilakukan kapan pun.

Untuk meningkatkan digital experience saat mengakses situs Anda, maka ada beberapa hal yang harus dioptimalkan, yaitu loading page, copywriting, dan kelengkapan informasi produk. Website dengan loading yang lama, copywriting membingungkan, dan deskripsi tidak lengkap akan membuat konsumen kecewa sehingga beralih ke kompetitor lain yang memiliki niche serupa dengan Anda.

  1. Kolaborasi dengan Influence

Strategi digital marketing Bali yang berikutnya adalah berkolaborasi dengan influencer marketing. Dibanding pemasaran konvensional, kolaborasi dengan influencer dinilai lebih efektif untuk menjangkau konsumen. Banyaknya basis penggemar dari influencer yang Anda ajak kolaborasi jadi keuntungan tersendiri untuk brand Anda.

Bahkan, tidak sedikit konsumen baru atau lama yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menggunakan produk yang sama dengan influencer favoritnya. Biasanya strategi pemasaran ini banyak diunggah pada platform sosial media, sehingga Anda juga harus mempelajari karakteristik pengguna sosial media secara detail.

Meskipun cara ini efektif untuk meningkatkan penjualan dan reputasi brand, kualitas produk tetap jadi poin penting. Sebab, seterkenal apa pun influencer yang Anda ajak kerja sama, jika produknya tidak berkualitas, maka konsumen tidak akan melakukan repeat order. Hal ini juga akan mempengaruhi reputasi brand Anda.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Creative Design Bali untuk Bisnis dan Tips Memilihnya

  1. Lakukan Evaluasi Digital Channel

Evaluasi channel marketing merupakan bagian penting dalam strategi pemasaran digital. Untuk mleakukan evaluasi, Anda harus paham apa tujuan utama dari digital marketing bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa melihat seberapa efektif channel yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Ada tiga poin yang dicatat Jasa SEO Bali untuk dievaluasi, yaitu owned media, earned media, dan paid media.

Sesuai dengan namanya, owned media mengacu pada aset digital milik perusahaan Anda, baik berupa konten blog, profil sosial media, website, dan sebagainya. Kendali owned media sepenuhnya dipegang oleh perusahaan Anda. Sedangkan earned media adalah marketing word-of-mouth seperti testimoni konsumen. Terakhir, ada paid media adalah channel pemasaran yang membutuhkan biaya seperti Instagram Ads, Google Ads Words, Facebook Ads, dan lain-lain.

Setiap konten perlu dievaluasi untuk mengetahui kinerjanya dalam menjangkau audience. Melalui evaluasi ini pula, Anda bisa tahu jenis konten seperti apa yang paling disukai audience, sehingga berdampak pada traffic yang bertambah dan meningkatnya penjualan.

  1. Optimasi SEO

Strategi berikutnya yang tak kalah penting adalah optimasi SEO. Website Anda harus dikenal banyak orang agar brand bisa berkembang. Supaya bisa ditemukan oleh pengguna internet, website harus menempati halaman pertama di search engine. Sebab itulah, Anda membutuhkan jasa SEO yang dapat mengoptimalkan situs ditengah persaingan yang kian ketat.

Optimasi SEO suatu website sangatlah bervariatif, mulai dari membuat konten yang user friendly dan memiliki value, desain website yang menarik, loading cepat, dan copywriting yang jelas. Selain itu, situs Anda membutuhkan backlink agar lebih cepat ter-index oleh Google.

  1. Optimasi Mobile

Optimasi mobile juga menjadi bagian dari SEO website yang tidak boleh dianggap remeh. Pengguna internet jaman sekarang lebih banyak menggunakan smartphone untuk mengakses informasi. Melihat perilaku konsumen yang lebih banyak menggunakan gawai, maka tampilan website perlu dioptimalkan. Tak hanya dari segi kecepatan, tampilan website harus bisa berubah secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

  1. Optimalkan Sosial Media

Menggunakan website resmi saja tidaklah cukup untuk membangun brand awareness. Anda membutuhkan sosial media agar jangkauan lebih luas. Di samping itu, pergeseran komunikasi di kalangan Gen Z yang lebih sering menggunakan sosial media telah melahirkan kebiasaan baru dalam berbelanja. Mereka lebih suka berbelanja di sosial media seperti Instagram ataupun marketplace.

Untuk mengikuti perkembangan saat ini, Anda bisa mengoptimalkan tampilan sosial media dengan mencantumkan link di bio yang mengarah ke website atau marketplace. Dengan begitu, audience yang tertarik pada produk Anda bisa langsung melakukan transaksi. Di samping itu, optimasi sosial media juga dapat dilakukan dengan membuat konten yang sedang viral di kalangan target market Anda.

Itu tadi strategi digital marketing Bali yang bisa membuat brand Anda kian dikenal masyarakat luas. Perlu dipahami bahwa pemasaran digital tidak sama dengan pemasaran konvensional dalam menjangkau konsumen. Anda perlu berinovasi dalam menciptakan konten supaya tidak kalah saing dengan kompetitor yang menjual produk serupa. Selain inovasi, Anda juga harus memahami perilaku konsumen dan siapa target market yang akan disasar.

Agar bisnis tetap jalan, Anda dapat mempercayakannya pada CV Exito Bali. Sebagai jasa SEO terpercaya, Anda akan dibantu mengoptimalkan situs agar bisa menempati halaman pertama di mesin pencarian dan makin banyak user yang mengenal brand Anda.

Baca Juga: Strategi Optimalkan Cara Kerja Facebook Ads Dengan Mudah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?