Tips Optimasi Google My Business, Yuk Pebisnis Wajib Tahu Ini!

Apakah Anda ingin visibilitas dari bisnis online meningkat? Jika ya Anda butuh untuk melakukan optimasi Google my Business sekarang juga. Proses optimasi ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Tetapi bagi Anda yang baru pertama kali akan menggunakannya mungkin akan mengalami sedikit kebingungan.

Keberadaan dari tool ini ternyata sangat penting di era digital marketing bagi para pemilik bisnis atau perusahaan. Sebab jika digunakan dengan optimal ternyata akan membantu Anda memperoleh lebih banyak pelanggan potensial nantinya. Tidak heran ini juga akan berpengaruh besar terhadap jumlah penghasilan nantinya.

Meskipun keberadaan tool ini sudah banyak digunakan oleh para pemilik bisnis, namun tidak sedikit dari masyarakat yang masih asing. Oleh sebab itulah, di bawah ini kami sudah menyiapkan ulasan lengkap terkait dengan pengertian serta tips optimasi Google My Business ini.

Mengenal Apa Itu Google My Business

Sebelum Anda mengetahui bagaimana proses optimasinya, maka penting untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu. Jadi Google My Business adalah sebuah platform yang disediakan oleh perusahaan Google. Tujuan dari pembuatannya adalah membantu para pemilik bisnis atau usaha online memperluas kehadirannya secara daring.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Web AMP: Pengertian, Kelebihan dan Cara Penggunaan

Dengan menggunakan tool ini ternyata juga akan memberikan sejumlah manfaat bagi para pengguna seperti memberikan kemudahan dalam mengelola serta mengoptimalkan informasi bisnis di berbagai layanan Google. Misalnya saja, bisnis Anda nantinya akan lebih mudah ditampilkan di Google Maps ataupun Google+. Dengan proses pengelolaan yang tepat, Anda juga dapat menampilkan sejumlah informasi penting seperti alamat, nomor telepon, jam buka hingga menambahkan foto.

Tidak terbatas sampai disitu saja, nantinya pengguna juga bisa melakukan interaksi dengan para pelanggan melalui platform ini termasuk juga mengirimkan pembaharuan. Agar visibilitas dapat meningkat proses optimasi Google My Business juga wajib untuk dilakukan. Dengan begitu, calon pelanggan potensial bisa lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda.

Tips Optimasi Google My Business

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentunya ingin bukan apabila usaha lebih mudah dijangkau oleh calon pelanggan. Disinilah pentingnya agar melakukan optimasi pada layanan Google My Business juga agar hasilnya lebih optimal. Berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk melakukan optimasi Google My Business ini.

  1. Lengkapi Informasi Profil 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melengkapi informasi profil terlebih dahulu. Informasi profil berkaitan dengan nama bisnis, alamat, kategori, website hingga nomor telefon di dalamnya. Keberadaan dari informasi tersebut nantinya dapat terindeks oleh Google Search ataupun Google Maps.

Dengan pengisian informasi tepat terutama alamat akan memberikan kemudahan bagi calon pelanggan potensial untuk menemukan bisnis. Jangan lupa tambahkan deskripsi terkait dengan bisnis. Agar bisnis bisa ditemukan dengan mudah, maka sisipkan kata kunci relevan di dalamnya.

  1. Mengunggah Gambar 

Cara optimasi Google My Business berikutnya adalah dengan mengunggah gambar melalui fitur postingan. Cara ini ternyata juga bisa menciptakan dan menjaga interaksi dengan para audiens. Postingan yang Anda unggah tersebut bisa berkaitan dengan pembaruan, event, produk, penawaran hingga suasana di kantor.

Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan postingan dengan kata kunci relevan sehingga visibilitas dari bisnis juga akan meningkat. Tidak ada salahnya juga mempublikasikan postingan lokal di daerah Anda baik acara ataupun hal yang berkaitan dengan bisnis. Cara ini tentu akan membantu meningkatkan kepercayaan para pelanggan.

  1. Perhatikan Kualitas Foto dan Video

Foto atau video yang menarik jelas akan menjadi daya tarik tersendiri dan akan menyedot lebih banyak viewer serta interaksi. Itulah mengapa pastikan saat mengunggah gambar atau video tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Cobalah agar selalu mengupload gambar dan video dengan kualitas terbaik.

Melalui cara inilah, para audiens bisa lebih mengenali bisnis Anda tersebut. Selain itu, tampilkan juga video yang memberikan gambaran lebih mendalam mengenai bisnis. Dengan begitu, proses optimasi Google My Business ini akan membuat pengunjung betah berada di platform Anda.

  1. Aktif Dalam Memberikan Tanggapan Pada User atau Pelanggan

Melalui Google My Business, seorang pengguna atau pelanggan dapat memberikan ulasan atau tanggapan terkait dengan bisnis Anda. Untuk menjaga hubungan dengan para pengguna, tidak ada salahnya agar selalu aktif dalam memberikan tanggapan, misalnya saja dengan mengucapkan terimakasih. Ini akan memberikan kesan bahwa perusahaan atau bisnis Anda bisa menghargai dan mengutamakan pelanggan.

Meskipun begitu, Anda memang tidak bisa mengontrol jenis komentar seperti apakah yang akan diberikan. Jadi ketika memperoleh komentar negatif, sebisa mungkin menjawabnya dengan kalimat sopan dan santun. Dengan aktif memberikan feedback sangat bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan bisnis nantinya.

  1. Manfaatkan Google Analytics

Proses optimasi Google My Business berikutnya adalah dengan memanfaatkan alat bernama Google Analytics ini. Dengan penggunaan alat tersebut ternyata akan membantu untuk memberikan pengetahuan lebih luas mengenai cara pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan listing. Nantinya dengan analisis data yang ditampilkan dapat berguna buat melakukan evaluasi target SEO bisnis.

  1. Selalu Memantau Perkembangan dari Google Bisnis 

Proses optimasi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah pastikan agar selalu memantau bagaimana perkembangan dari Google Bisnis tersebut. Cobalah cek perubahan bisnis Anda terkait dengan peringkat SEO dan perilaku pengunjung. Cara ini bisa membantu Anda mengetahui apakah strategi sudah relevan dan efektif dalam bekerja atau belum.

  1. Gunakan Fitur FAQ

FAQ atau Frequently Asked Questions menjadi fitur yang cukup penting untuk mendukung proses optimasi Google My Business ini. Di dalam fitur ini nantinya akan berisi jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun di dalam sebuah list. Dengan penerapannya itulah akan membantu pengunjung memilih bisnis Anda.

Manfaat 

Dengan menggunakan layanan Google Bisnisku inilah ternyata juga akan memberikan sejumlah manfaat bagi para pemilik usaha. Tidak heran kalau penggunaannya juga selalu meningkat dari waktu ke waktu. Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan layanan ini.

  1. Membantu Meningkatkan Visibilitas

Dengan menggunakan layanan Google Bisnis ini ternyata akan membantu Anda untuk meningkatkan visibilitas dari bisnis. Pada saat orang lain mencari bisnis atau layanan di Google, maka informasi dari bisnis Anda akan muncul di halaman utama. Ini tentu akan membantu menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

  1. Menyediakan Informasi Usaha

Manfaat lainnya Anda juga bisa menyediakan informasi usaha mulai dari nomor telefon, alamat, jam operasional dan lainnya. Dengan kelengkapan informasi tersebut akan memberikan kemudahan untuk pengguna menghubungi atau mengunjungi usaha.

  1. Pembaruan dan Media Promosi

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah Anda bisa memposting pembaruan serta promosi mengenai usaha di Profil. Bahkan Anda juga bisa secara khusus memberitahukan pelanggan mengenai acara, diskon ataupun produk terbaru. Pembaruan ini juga akan dimunculkan di dalam Google Maps.

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan visibilitas usaha secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google My Business. Jika Anda masih bingung bagaimana proses optimasi Google My Business, segera hubungi CV Exito Bali sekarang juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?