Tips Optimasi Google My Business Untuk Mengembangkan Bisnis Lokal

Google My Business dengan merupakan layanan berbasis internet yang dikelola oleh Google untuk para pemilik bisnis. Dengan melakukan optimasi Google My Business, bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh pelanggan. Baik itu dalam pencarian kata kunci, mengakses situs web bisnis, mencermati produk dan layanan, hingga membuat reservasi. Artinya, pengoptimalan profil Google My Business sangat berpengaruh pada SEO lokal bisnis Anda. Di samping itu, layanan Google My Business juga dinilai bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk melakukan optimasi fitur ini dengan baik. Sebagai panduan, SEO Agency Bali profesional, Exito Bali akan membagikan tips optimasi profil Google My Business untuk mengembangkan bisnis lokal.

Pastikan NAP Akurat

Tips optimasi Google My Business yang pertama adalah memastikan NAP (Nama, Alamat, Telepon) akurat. Sebab, Google My Business harus benar-benar merepresentasikan profil bisnis Anda. Apabila NAP tidak akurat, calon pelanggan pasti akan kesulitan menemukan bisnis Anda. Exito Bali juga menyarankan Anda untuk menulis deskripsi bisnis dengan lengkap. Google My Business sendiri menyediakan pilihan penambahan deskripsi bisnis hingga 750 karakter. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendeskripsikan bisnis Anda secara rinci kepada calon pelanggan.  Mulai dari apa yang bisnis Anda tawarkan, apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor, hingga berbagai informasi yang ingin diketahui oleh calon pelanggan. Misalnya, informasi mengenai harga dan promosi produk.

Memilih Kategori Serta Subkategori Bisnis Yang Tepat

Dalam upaya optimasi Google My Business, Exito Bali menganjurkan Anda untuk memilih kategori serta subkategori bisnis yang tepat. Memang hanya kategori utama yang terlihat di profil Google My Business. Namun, subkategori akan memberi tahu apakah bisnis Anda bisa muncul pada kueri lokal. Sedangkan untuk menemukan kategori kompetitor Anda secara manual, ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Lakukan penelusuran lokal dengan menggunakan keyword atau kata kunci di Google Maps
  • Setelah itu akan muncul nama kompetitor bisnis Anda
  • Kemudian klik kanan di samping nama kompetitor Anda dan klik menu Lihat Sumber
  • Ctrl + F untuk mencari kategori utama
  • Setelah kategori utama dan subkategori muncul, uji dan ketahui pengaruhnya.

Mengunggah Foto Yang Menarik

Mengunggah foto yang menarik juga tidak kalah penting dalam optimasi Google My Business. Foto yang diunggah ke Google My Business tidak hanya akan membuat listing Anda terlihat aktif, melainkan berdampak pada konversi pencarian. Untuk hasil yang lebih optimal, foto yang diunggah harus sesuai dengan kriteria Google. Untuk lebih jelasnya, Exito Bali akan memberikan kriteria foto yang direkomendasikan oleh Google yaitu:

  • Foto eksterior dan interior setidaknya tiga buah
  • Foto produk atau layanan yang paling populer
  • Foto area umum yang mungkin dimiliki oleh bisnis Anda
  • Foto tim atau manajemen minimal tiga buah
  • Untuk bisnis restoran dan kafe, unggah foto menu yang paling populer
  • Untuk bisnis penginapan, unggah foto fasilitas kamar

Berikan Detail Informasi Produk Dan Layanan

Tips optimasi Google My Business yang selanjutnya adalah memberikan informasi produk atau layanan secara detail. Jasa SEO Bali yang kredibel seperti Exito Bali juga menerapkan tips ini untuk efektivitas strategi marketing. Pemberian informasi produk dan layanan menjadi kesempatan bagi Anda dalam mempromosikan bisnis dengan baik. Meskipun tidak terlalu mempengaruhi peringkat, penyertaan informasi produk dan layanan dapat mengubah persepsi pelanggan mengenai bisnis Anda. Pada kueri pencarian tertentu, detail informasi produk dan layanan juga dapat membuat bisnis Anda semakin menonjol di hasil penelusuran. Informasi produk dan layanan ini bisa Anda tambahkan di bagian dashboard Google My Business, Caranya, cukup dengan melakukan klik pada masing-masing judul pada menu sebelah kiri.

Menjawab FAQ Pelanggan Dengan Q&A

Menjawab FAQ pelanggan dengan Q&A adalah tips optimasi Google My Business yang tidak kalah penting. Google menyediakan fitur Q&A yang bisa digunakan pencari untuk saling bertanya mengenai sebuah bisnis. Fitur ini juga dapat membantu listing Google My Business Anda terlihat aktif .Exito Bali merekomendasikan Anda membuat pertanyaan dan jawaban sendiri untuk memenuhi setiap pertanyaan apapun yang ingin diketahui pencari.. Misalnya, ketika Anda memiliki bisnis fashion, terdapat beberapa FAQ yang bisa dicantumkan, meliputi:

  • Apakah perlu registrasi untuk memesan?
  • Bagaimana syarat dan cara pengembalian produk?
  • Apakah saya bisa memesan produk ke lebih dari satu alamat?
  • Apakah saya bisa menukar ukuran produk yang sudah dipesan? dan lain sebagainya

Memantau Dan Menanggapi Ulasan Pelanggan

Memantau dan menanggapi ulasan pelanggan menjadi salah satu tips optimasi Google My Business yang tidak boleh Anda sepelekan. Mengapa demikian? Exito Bali akan memberikan alasannya. Ulasan online dapat dilihat secara publik. Dengan memantau dan menanggapi ulasan online dari pelanggan, Anda bisa mengendalikan komentar yang berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas ulasan pelanggan Anda diantaranya:

  • Menjaga sentiment dan peringkat bisnis dengan menawarkan produk atau layanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan
  • Konsisten meminta ulasan kepada pelanggan secara langsung atau melalui e-mail dan SMS
  • Berikan pertanyaan kepada pelanggan tepat setelah mereka melakukan pembelian produk atau jasa di tempat Anda.

Sediakan Sistem Pemesanan Janji Temu

Untuk bisnis di bidang layanan jasa, optimasi Google My Business yang bisa dilakukan adalah menyediakan sistem pemesanan janji temu. Beberapa jenis bisnis yang bisa mengaplikasikan sistem pemesanan janji temu adalah klinik kecantikan, salon rambut dan konsultan akuntansi. Adanya sistem pemesanan janji temu memungkinkan pencarian tanpa banyak klik. Menurut pengalaman Exito Bali, sistem pemesanan janji temu sangat bermanfaat bagi pelanggan. Mereka tidak perlu beralih ke beberapa halaman saat tertarik menggunakan layanan jasa Anda. Sisipkan tombol janji temu di profil Google My Business Anda dan pantau setiap pemesanan yang datang secara berkala, termasuk pemesanan dari pihak ketiga. Menambahkan tombol janji temu dapat dimulai dengan meng-klik menu Info pada Google My Business dan pilih Tambahkan Tautan Janji Temu.

Selalu Update Dan Mencoba Fitur Terbaru

Tips optimasi Google My Business yang terakhir yaitu selalu update dan mencoba fitur-fitur terbaru yang diperkenalkan Google. Ya, Google My Business terus menawarkan inovasi fitur yang diperbarui secara rutin. Beberapa inovasi fitur ada yang dijadikan sebagai fitur permanen dan ada pula yang dibatalkan. Meski demikian Anda tetap harus mencoba fitur tersebut sebelum didahului oleh kompetitor. Dengan mengikuti tips optimasi profil Google My Business dari Exito Bali ini, Anda diharapkan dapat memiliki strategi marketing yang lebih unggul. Utamanya bagi Anda yang baru saja merintis usaha. Visibilitas bisnis Anda di mesin telusur Google lambat laun akan terus meningkat dan menempati posisi teratas.

Itu dia ulasan mengenai tips mengembangkan bisnis lokal dengan optimasi Google My Business. Jika Anda belum sepenuhnya memahami cara pengoptimalan profil Google My Business, pertimbangkan untuk menggunakan jasa Exito Bali. Kami merupakan Jasa SEO dan Digital Marketing terbaik di Bali yang telah berpengalaman selama lebih dari 8 tahun. Dengan bantuan tim profesional, Anda bisa meningkatkan peringkat bisnis di pencarian lokal sekaligus mendapatkan profit yang diharapkan.  Cukup konsultasikan kebutuhan bisnis Anda, kami selanjutnya akan menyediakan strategi pemasaran digital untuk mencapai target marketing yang maksimal.  Jika tertarik untuk bekerja sama, Anda bisa mengakses situs web resmi kami dan hubungi kontak WhatsApp yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?