Tips Membuat Artikel SEO Friendly Untuk Website

Artikel SEO friendly merupakan jenis artikel yang pembuatannya menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Pembuatan artikel SEO menjadi salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan website secara maksimal. Penerapan kaidah SEO yang benar pada artikel dapat memperbesar peluang website muncul di peringkat teratas hasil pencarian Google. Dengan begitu, artikel tersebut dapat tersampaikan kepada target audiens melalui kata kunci atau keyword yang relevan. Oleh karenanya, penting bagi para pengelola website memahami cara membuat artikel SEO yang friendly. Terlebih lagi jika website digunakan untuk kebutuhan marketing bisnis. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa tips membuat artikel yang SEO friendly untuk website dari Jasa SEO terpercaya, Exito Bali.

Riset Kata Kunci

Tips membuat artikel SEO friendly untuk website yang pertama adalah dengan melakukan riset kata kunci. Ya, agar artikel website sesuai dengan kaidah SEO, Anda harus menggunakan kata kunci yang tepat. Penggunaan kata kunci tersebut tentunya harus memiliki volume pencarian yang besar dengan persaingan kecil. Kata kunci yang memiliki volume pencarian besar berpotensi menarik minat audiens. Sementara kata kunci dengan persaingan yang kecil dapat memudahkan website Anda mencapai posisi tinggi di halaman pencarian. Di samping itu, Exito Bali juga merekomendasikan Anda untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dengan niche website. Anda bisa memanfaatkan beberapa SEO tools gratis populer untuk mendapatkan kata kunci yang tepat.

Pahami Tujuan Pencarian Pembaca

Memahami tujuan pencarian pembaca atau audiens juga menjadi tips membuat artikel SEO friendly untuk website yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan memahami tujuan pencarian pembaca, Anda bisa lebih mudah dalam membuat konten artikel yang relevan dengan kebutuhan mereka. Setelah audiens mendapatkan informasi yang diinginkan, mereka akan menghabiskan banyak waktu membaca artikel Anda. Untuk memahami tujuan pencarian pembaca, Exito Bali menyarankan Anda bisa melihat beberapa artikel kompetitor di laman pencarian. Misalnya, ketika ingin menulis artikel dengan kata kunci “pendingin ruangan”, Anda bisa memeriksa halaman teratas Google. Apabila artikel yang muncul tentang merk pendingin ruangan terbaik, tulislah artikel mengenai rekomendasi merk pendingin ruangan dengan pembahasan yang lebih mendalam.

Pastikan Artikel Orisinil Dan Unik
Baca Juga: 9 Trend Pemasaran Saat Ini yang Dapat Membantu Para Pengusaha di Bali
Untuk membuat artikel SEO friendly, Anda harus memastikan konten artikel yang dibuat orisinil dan bukan plagiat. Jika Anda terinspirasi dari tulisan di website lain, cobalah untuk membuat artikel modifikasi. Sebab, mesin pencari Google tidak menyukai konten artikel yang memiliki tema serupa. Anda juga bisa membuat artikel dengan angle atau sudut pandang yang unik. Ini menjadi langkah efektif untuk menghasilkan artikel yang lebih menarik dan berbeda. Agar lebih jelas, layanan jasa SEO di Bali yang kredibel, Exito Bali akan memberikan contohnya. Anda ingin menggunakan kata kunci “cara membuat dimsum”. Apabila kompetitor membuat artikel pembuatan dimsum dengan bahan yang mahal, Anda bisa menulis artikel tentang cara membuat dimsum dengan bahan yang lebih murah.

Perhatikan Struktur Artikel

Setelah mengetahui hal-hal dasar dalam pembuatan artikel SEO friendly untuk websiteAnda bisa mulai memperhatikan struktur konten artikelnya. Struktur artikel yang baik tentu dapat memudahkan audiens dalam memahami artikel di website Anda. Struktur artikel sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pembuka, isi dan kesimpulan. Pembuka atau prolog adalah bagian awal artikel yang memaparkan latar belakang serta tujuan. Sedangkan bagian isi merupakan penjelasan topik artikel secara lebih rinci. Kesimpulan atau epilog adalah bagian penutup yang memuat rangkuman keseluruhan topik artikel. Sebagian besar jasa SEO Bali yang profesional, termasuk Exito Bali juga menerapkan tips ini untuk membuat artikel yang SEO friendly.

Manfaatkan Sisipan Internal Dan External Link

Tips membuat artikel SEO friendly untuk website yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sisipan internal dan eksternal link. Internal link adalah sebuah tautan dari satu halaman ke halaman yang lainnya dalam website yang sama. Dalam teknik SEO, internal link digunakan untuk membantu mesin pencari Google dalam melakukan indeks website sekaligus memahami konteks artikel. Internal link akan mengarahkan audiens untuk membaca topik artikel lebih lanjut sehingga mereka akan berada lebih lama di website Anda. Sementara external link adalah tautan yang merujuk ke halaman yang ada di website lain. Jasa SEO di Baliyang kompeten seperti Exito Bali biasanya menyisipkan external link sebagai penguat topik artikel yang dibuat.

Masukkan Konten Visual

Konten visual memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan artikel SEO friendly. Mengapa demikian? Exito Bali akan memberikan penjelasannya. Memasukkan konten visual dipercaya dapat membantu audiens dalam memahami artikel. Hal ini dikarenakan otak manusia akan lebih cepat memproses data visual daripada konten berupa tulisan. Konten visual yang memiliki kombinasi warna menarik juga dapat meningkatkan minat audiens hingga mencapai 80%. Anda bisa mendapatkan berbagai konten visual dari website atau aplikasi penyedia gambar gratis maupun berbayar. Namun perlu diingat, pastikan konten visual tersebut telah dioptimasi sebelum ditambahkan ke dalam  artikel. Tujuannya tentu saja untuk mempercepat waktu loading website dan menghemat daya penyimpanan.

Maksimalkan Penggunaan Heading

Dalam pembuatan artikel SEO friendly untuk website, Anda sebaiknya tidak menyepelekan penggunaan heading. Heading dinilai dapat menyempurnakan struktur artikel yang dibuat. Tidak heran jika mesin pencari Google sangat menyukai artikel yang menggunakan heading. Penggunaan heading juga dapat membantu audiens dalam menemukan benang merah atau pokok bahasan artikel di website Anda. Untuk memaksimalkan penggunaan heading, Exito Bali akan membagikan beberapa kiat, diantaranya:

  • Upayakan untuk memasukkan kata kunci pada heading
  • Menggunakan H2 dan H3 untuk penjelasan topik artikel yang lebih detail dan mendalam
  • Jika memungkinkan, hindari penggunaan H4 dan H5. Ini untuk meminimalisir struktur artikel yang terlalu rumit sehingga membuat audiens kehilangan minat membaca.

Konsisten Memposting Artikel

Tips membuat artikel SEO friendly untuk website yang terakhir yaitu konsisten dalam memposting artikel. Konsisten memposting konten artikel akan memberikan sinyal kepada mesin pencari Google mengenai eksistensi website Anda. Google akan mengetahui jika website Anda masih aktif dan merekomendasikannya di halaman teratas hasil pencarian. Selain itu, Anda juga bisa terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens yang relevan. Kemudian, Exito Bali menganjurkan Anda untuk mempromosikan artikel-artikel tersebut. Anda bisa menambahkan menu share ke beberapa media sosial dengan menggunakan plugin yang dipasang di website. Semakin banyak audiens yang melakukan klik, maka akan semakin besar pula peluang website Anda dikenal oleh banyak orang.

Itulah ulasan mengenai tips membuat artikel SEO friendly untuk website. Apabila Anda masih kesulitan membuat artikel yang SEO friendly sendiri, percayakan saja semuanya kepada Exito Bali. Kami merupakan SEO Agency Bali berpengalaman yang menyediakan layanan penulisan artikel SEO. Dengan menggunakan jasa kami, website Anda akan lebih mudah menempati halaman pertama mesin pencari Google. Selain itu, penulisan artikel SEO yang berkualitas juga bisa membuat website Anda memiliki nilai lebih di mata audiens. Traffic website yang meningkat selanjutnya akan membantu Anda dalam menyampaikan informasi dengan optimal. Apabila tertarik untuk bekerja sama, Anda bisa mengakses situs resmi kami dan menghubungi nomor kontak yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?