Pentingnya Pahami Cara kerja Facebook Ads Bagi Pengusaha Kecil Bali!

Para pengusaha kecil Bali lebih mudah marketing jika memanfaatkan Facebook Ads. Namun, pastikan tahu dulu cara kerja Facebook Ads sebelum menggunakannya. Banyak ahli marketing digital seperti Cv. Exito Bali, menyarankan penggunaan iklan Facebook ini karena harga dan manfaatnya cocok untuk pebisnis kecil. Untuk bersaing di dunia digital saat ini, memasang iklan online adalah langkah yang baik. Alasannya adalah iklan Facebook mudah diatur sendiri selama paham cara kerjanya. Banyak sumber sudah tersedia untuk menjelaskan hal ini. Sayangnya, banyak pengusaha yang belum menggali lebih dalam. Bagi para pengusaha kecil dan pebisnis Bali yang ingin belajar cara kerja iklan Facebook ini, mari bersama membahasnya dalam artikel berikut!

Pahami Dulu Apa Itu Facebook Ads

Sebelum menjelaskan cara kerja Facebook Ads, ada baiknya bahas dulu apa sebenarnya Facebook Ads itu! Secara sederhana, Facebook Ads adalah layanan pasang iklan di platform sosial media tersebut. Memasang iklan dapat dilakukan jika mendaftar sebagai akun bisnis dan membuka page bisnis. Iklan hanya ditawarkan pada bisnis yang serius dan mau membayar biaya seputarnya. Alat di platform Facebook akan tersedia untuk kebutuhan iklan ini. Mulai dari pengaturan target iklan sampai pengumpulan data analytic seputarnya, sudah tersedia. Menurut staff Cv. Exito Bali yang ahli pengelolaan akun bisnis Facebook, sistem iklan ini tidaklah sulit. Facebook sudah menyediakan arahan di platform untuk menggunakannya. Sekalipun kesulitan paham, banyak jasa SEO Bali menyediakan jasa seputar layanan iklan ini.

Cara Kerja Facebook Ads Secara Umum

Setelah tahu apa sebenarnya Facebook Ads, sekarang waktunya bahas cara kerjanya. Bahasan cara kerja Facebook Ads akan melibatkan beberapa tahapan berbeda. Tahapan ada yang perlu pengaturan manual dan ada yang sudah berjalan otomatis dalam platform Facebook. Penjelasan seputar cara kerja ini akan dibahas secara umum agar Anda sekalian mudah memahaminya. Namun, bagi yang ingin belajar lebih detail soal proses cara kerja, pastikan lakukan research mandiri atau konsultasi dengan pihak yang ahli. Jasa digital marketing seperti Cv. Exito Bali bisa Anda kontak untuk kebutuhan konsultasi seputar cara kerja ini. Mereka pasti dengan senang hati menjelaskan pada Anda yang ingin jadi client mereka. Langsung saja mari bahas bersama tahapan-tahapan cara kerja iklan di Facebook ini!
BACA JUGA: Pentingnya Menggunakan Jasa Pembuatan Website Bali Bagi Pemilik Usaha

Tahapan Menarget User Facebook

Tahapan pertama berhubungan dengan menarget user Facebook. Iklan yang akan dipasang akan lebih efektif jika menarget golongan user tertentu. Contoh saja Anda memiliki usaha jual produk olahraga di Bali. Agar efektif iklannya, target user Facebook yang punya hobi olahraga, sering posting soal olahraga dan aktif di lokasi Bali. Cara kerja Facebook Ads ini akan menggunakan algorithm platform. Jadi, Anda sebagai pengusaha hanya perlu melakukan input karakteristik user yang akan ditawarkan iklan. Menurut ahli digital marketing di Cv. Exito Bali, pada tahapan ini para pengusaha wajib menggunakan teknik SEO juga. Pastikan keyword iklan sudah dicocokan dengan demografis yang berhubungan seputarnya. Bagi yang kesulitan research keyword, disarankan cari jasa SEO di Bali untuk digunakan.

Tahapan Menyusun Kampanye Iklan

Setelah memilih target user untuk iklan, Anda sekarang masuk tahapan selanjutnya untuk menyusun kampanye iklan. Untuk cara kerja Facebook Ads ini, Anda sebagai pemilik akun bisnis harus memasukan berbagai keperluan iklan secara manual. Membuat kampanye ini melibatkan kata-kata yang digunakan untuk iklan, media iklan yang akan digunakan serta aspek detail lain. Pada tahapan ini, Anda bisa masukan juga teknik SEO yang sesuai. Bagi pengusaha Bali, silahkan pakai teknik SEO di Bali yang efektif untuk optimasi penyebaran iklan. Menurut Cv. Exito Bali, SEO untuk iklan akan menaikan akurasi dalam menarget user. Jika tepat, user tidak sekedar tertarik melihat iklan tapi juga bisa langsung eksekusi klik beli.

Tahapan Anggaran dan Penjadwalan Muncul Iklan

Cara kerja Facebook Ads berikutnya melibatkan tahapan penentuan anggaran dan penjadwalan muncul iklan. Hal ini akan berpengaruh pada pengeluaran marketing yang harus dibayar. Setiap jenis iklan yang akan digunakan pada platform ini menggunakan biaya berbeda. Dari informasi Cv. Exito Bali, biaya pasang iklan di Facebook tidak sama rata. Banyak pengaturan yang mempengaruhi biaya. Contoh saja range target user, area geografis tempat iklan muncul, jam kapan iklan muncul dan berapa sering iklan tersebut harus muncul. Iklan ini juga dapat diubah model pembayarannya. Apakah akan bayar per klik, atau bayar per durasi iklan muncul di Facebook? Hal ini harus diperhatikan secara seksama.

Tahapan Proses Target Regional Daerah

Tahapan berikutnya adalah target regional daerah yang terpengaruh iklan. Berdasarkan cara kerja Facebook Ads ini, pemilihan daerah dapat dibuat otomatis ataupun manual. Contoh saja, Anda bisa memilih daerah Bali saja untuk iklan. Jadi, hanya user Facebook yang ada di Bali saja yang mampu lihat iklan tersebut. Di sisi lain, Facebook dapat menaruh lokasi Anda tergantung anggaran yang sudah ditentukan. Batasan biaya tertentu hanya mampu meliputi daerah Indonesia saja misalnya. Penentuan daerah ini penting untuk SEO juga. Para ahli SEO di Cv. Exito Bali bahkan mengatakan pemilihan regional akan pengaruhi gaya iklan yang efektif dan cara optimasinya.

Tahapan Pendataan Seputar Kampanye Iklan

Tahapan ini adalah yang otomatis berjalan pada platform Facebook. Seperti yang Anda tahu, marketing di internet akan hasilkan data. Hal sepeti views, berapa user yang klik iklan dan data grafik performa iklan dapat dipantau. Sebagai bagian dari cara kerja Facebook Ads, data ini akan terekam otomatis selama Anda menggunakan akun bisnis di Facebook. Data ini sangat menguntungkan dan dapat menjadi dasar strategi marketing Facebook bisnis Anda berikutnya. Menurut Cv. Exito Bali, semua data ini dapat menjadi sumber evaluasi dan menjawab apakah iklan sukses atau tidak. Data ini juga berguna saat menggunakan layanan SEO agency Bali untuk kebutuhan marketing Anda. Tidak perlu olah sendiri datanya jika menyerahkannya pada pihak profesional. Pengusaha yang pakai jasa seputar SEO, cukup tunggu laporan yang mudah dibaca nantinya.

Bentuk Iklan yang Terpengaruh Cara Kerja Facebook Ads

Setelah tahu tahapan-tahapan yang berlaku dalam cara kerja Facebook Ads, sekarang Anda perlu tahu juga soal bentuk iklan yang terpengaruh hal ini. Iklan di Facebook ada banyak jenis. Namun, tidak semua dapat digunakan dengan cara sama. Menurut Cv. Exito Bali, ada beberapa bentuk iklan yang paling umum digunakan di Facebook. Mereka adalah:

  • Iklan Dalam Bentuk Tulisan
  • Iklan Bentuk Gambar
  • Iklan Dengan Media Video
  • Iklan Gambar Slideshow
  • Iklan Gambar Rotasi Carousel
  • Iklan Klaim Tawaran
  • Iklan Lead Generation

Setiap iklan ini akan membutuhkan format berbeda sebagai media marketing. Aspek menjual ke user, target demografi dan juga penyusunan kampanye, bisa berbeda setiap bentuk iklan tersebut. Pebisnis Bali kecil yang pakai jasa SEO, pasti mendapatkan arahan berbeda saat menggunakan berbagai bentuk iklan tersebut.

Butuh Bantuan Untuk Lancar Pakai Facebook Ads?

Bagi Anda yang memiliki masalah menggunakan iklan Facebook, pastikan pakai penyedia jasa digital marketing yang tepat. Sebagai rekomendasi kuat, mengapa tidak pakai layanan Cv. Exito Bali? Mereka adalah penyedia jasa seputar digital marketing yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Pergulatan mereka dalam industri marketing digital juga tidak statis hanya urusan Facebook Ads saja. Mereka juga kelola optimasi website untuk marketing, SEO konten, pembuatan video animasi, konsultasi marketing sosial media dan bahkan analytic SEO. Bagi pengusaha kecil Bali yang ingin berkembang, penggunaan jasa Exito Bali pasti bermanfaat. Jadi tunggu apa lagi? Coba kontak mereka untuk tanya-tanya seputar cara kerja Facebook Ads dan juga strategi iklan yang baik menggunakannya. Mereka pasti mau membantu jika Anda menjadi client!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?