Penting! Ini 8 Cara Meningkatkan CTR yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang bergelut di bidang digital marketing, pastinya sudah tidak asing dengan istilah CRT atau singkatan dari Click Through Rate. Ini adalah rasio jumlah klik, dari jumlah impression yang ada. Pada dasarnya CTR sendiri bisa dioptimalkan atau tingkatkan secara organik. Namun demikian ada juga cara meningkatkan CTR dengan menggunakan metoda lain, yang dapat Anda gunakan. Agar kelak pihak mesin pencari, mampu memberi peringkat ulang, dan membuat peringkat halaman Anda jadi jauh lebih baik dari sebelumnya, bahkan bukan tidak mungkin berada di halaman pertama. Di jasa SEO seperti contohnya CV. Exito Bali misalnya, akan ada beberapa cara, yang akan dilakukan untuk meningkatkan CTR tersebut, antara lain :

  1. Cek click-through-rate website

Adapun cara meningkatkan CTR yang pertama, yaitu mengecek click-through-rate pada website yang Anda miliki saat ini. Pihak jasa SEO, seperti CV. Exito Bali biasanya akan menggunakan tools, seperti Google Analytics. Ada 2 tempat, bagi Anda untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan di Google Analytics tersebut, yaitu :

  • Di Acquisition – Search Console – Queries. Cara ini dapat Anda lakukan untuk melihat berbagai pertanyaan atau juga keyword apa saja yang mengacu ke website Anda. Dalam laporan tersebut terdapat jumlah klik CTR, impressions, dan juga posisi rata-rata yang ada pada halaman hasil pencarian. Ini adalah data data penting yang harus Anda lihat dan simpan, untuk kemudian dianalisis secara rutin.
  • Bisa juga mengeceknya di Landing Page, pada menu yang sama. Laporan tersebut, berisi tentang informasi detail jumlah klik, reach, impressions dan yang lainnya, yang ada pada sebuah link. Ada juga bounce rates conversions, ressions, dan aneka data penting lainnya.

Dari adanya 2 laporan tersebut, Anda dapat melihat halaman mana yang memperoleh jumlah klik yang paling banyak, dan mana yang tidak.

  1. Buat title tag yang unik dan mengandung keyword

Pada setiap halaman situs, Anda harus membuat tag judul yang unik dan menarik. Tujuannya untuk memberi informasi pada audiens tentang isi halaman. Sampai saat ini, Title Tag masih jadi salah satu elemen SEO On Page yang paling penting, karena memberikan informasi pada para pembaca dan juga mesin pencari. Itu sebabnya sampai saat ini banyak jasa SEO di Bali, misalnya saja CV. Exito Bali, masih menggunakan teknik yang satu ini. Selain itu tag judul pada halaman nantinya akan terlihat di 3 tempat utama, yaitu di browser, pada halaman hasil pencarian, dan juga pada situs eksternal, terutama pada situs media sosial yang menampilkan link artikel Anda.

  1. Buat deskripsi dan Meta Tags secara jelas

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Profesi Digital Marketing Specialist
Selain memperhatikan tentang title tags, Anda juga harus memperhatikan deskripsi meta tags. Ini adalah paragraf pendek yang ditempatkan di bawah title website, ketika website Anda muncul di halaman pencarian. Sampai saat ini jasa SEO seperti CV. Exito Bali, juga masih memperhatikan dan menggunakan hal tersebut. Karena fungsi dari meta tags ini adalah untuk memberi informasi pada audiens tentang apa yang bisa dilihat dari link tersebut. Penggunaan description tag yang tepat, bisa jadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan click-through-rates. Selain itu, paragraf pendek ini juga bisa jadi pitch bagi calon audiens untuk mengklik link website tersebut. Adapun description tag yang ideal adakah yang mempunyai sekitar 160 karakter.

  1. Menggunakan schema mark-up pada halaman web

Jika Anda bekerja sama dengan SEO di Bali, misalnya saja CV. Exito Bali, salah satu cara yang akan dilakukan untuk meningkatkan CTR, yaitu dengan menggunakan Schema markup. Dimana ini adalah salah satu elemen penting yang akan membantu konten Anda, yang kaya serta interaktif, agar muncul dihalaman pertama mesin pencari. Misalnya saja Anda akan mencari ulasan tentang ‘cara menanam cabai’, maka halaman pencari akan menampilkan hal hal yang berhubungan dengan cara menanam cabai tersebut, dengan struktur carousel. Semua sistem penelusuran tersebut, akan dilakukan secara seksama berdasarkan algoritma dari mesin pencari. Dari penjelasan di atas jelas sudah bahwa Anda tidak boleh menganggap remeh teknik yang satu ini. Anda harus menguasainya, agar kelak Anda dapat terus membuat website yang dibuat, terus berada di halaman pertama mesin pencari.

  1. ‘Breadcrumbs’ pada halaman pencarian

Terinspirasi dari cerita Hansel and Gretel, yang menggunakan remah roti, untuk mencari jalan pulang. Demikian pula dengan teknik yang satu ini. Dengan menggunakan teknik ‘breadcrumbs’ pada website, akan membantu Anda dalam menunjukkan rute, yang sebelumnya sudah Anda ambil melalui navigasi, agar sampai ke halaman yang sedang Anda kunjungi. Ini akan jadi teknik tercepat, untuk mengunjungi website yang diinginkan oleh para audiens, dibandingkan menggunakan URL yang cenderung panjang. Teknik ini biasanya diletakkan di bawah title tag, dan jasa SEO Bali seperti misalnya CV. Exito Bali, akan membuatnya jauh lebih mudah, pada audiens juga mudah mengunjungi situs web sebelumnya. Adanya informasi seperti ini, akan membantu para audiens, dalam mengukur seberapa akurat, artikel yang ditemukan, dengan apa yang mereka cari.

  1. Memanfaatkan fitur Fetch as Google

Ketika Anda akan memodifikasi tag yang ada di situs, maka Anda disarankan untuk mengklik option ‘Fetch as Google’, yang ada di Google Search Console. Tujuannya untuk mengubah beberapa hal dalam situs web atau juga URL yang ada di halaman web. Dengan menggunakan Fetch dan juga Render akan terlihat, seperti apa URL yang sudah diubah, melalui perangkat desktop atau juga seluler. Ketika Anda sudah mengizinkan Google untuk mengindeks website, maka dalam waktu sekitar seminggu, Anda akan melihat data baru. Biasanya pihak jasa SEO Agency Bali misalnya saja CV. Exito Bali akan mengecek, apakah CTR rata rata per halaman, ada yang hilang atau tidak. Jika ada yang hilang artinya Anda harus merapihkanya ulang. Sebaliknya jika rata rata CTR naik, artinya kerja keras Anda sudah membuahkan hasil.

  1. Mencantumkan image pada post

Satu hal yang pasti, image pada sebuah konten baik website atau sosial media, jadi sebuah keharusan. Pihak CV. Exito Bali, sebagai jasa SEO, pastinya mengerti benar akan hal tersebut. Ini yang membuat pihak jasa SEO memperhatikan benar tentang orisinalitas dan seberapa relevan, image dengan isi konten pada website tersebut.

  1. Mengoptimasi URL

Salah satu elemen penting dalam strategi SEO, yang banyak digunakan jasa SEO, seperti CV. Exito Bali adalah URL. Ternyata hal tersebut juga menjadi elemen penting untuk meningkatkan CTR. Jejak, panjang serta kategori URL, secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil pencarian. Ketika Anda sudah menerbitkan blog post atau juga halaman web, maka penting untuk memasukkan halaman ke dalam sub kategori. Karena hal tersebut akan membantu menambah kesempatan dalam menggunakan keyword, serta meningkatkan visibility pada mesin pencari.

Tentunya dari ulasan diatas Anda sudah paham, bahwa ada banyak cara meningkatkan CTR yang dapat Anda lakukan. Mengingat CTR ini penting, untuk meningkatkan traffic organic dan juga conversion rate, yang akan memberikan kabar baik bagi bisnis Anda kelak. Untuk lebih jelasnya, dan untuk meningkatkan CTR secara lebih baik maka Anda dapat menyerahkan hal tersebut pada jasa SEO yang terpercaya seperti CV. Exito Bali. Disini Anda dapat berdiskusi tentang cara meningkatkan CTR secara optimal, dan melakukan evaluasi secara seksama, agar hasil yang diperoleh kelak juga optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?