Pengertian Front End Dan Back End, Penasaran Juga Apa Perbedaannya? Yuk Simak

Di balik situs website yang sangat tertata dan bisa menyajikan berbagai hal tentu ada kerja sistem yang saling terhubung sehingga mampu mempersembahkan hal baru dan canggih bagi penggunanya. Dimana Anda pasti sering merasakannya, Anda bisa mendapatkan informasi, berita terkini, hiburan dan lainnya.

Situs website sering kali ditemukan di laman mesin pencarian dengan berbagai tampilan dan latar menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengikuti setiap kalimat yang disuguhkan di dalamnya. Tentu Anda sering terlena bukan dengan hal ini, bukan?

Kedua bagian tersebut terbagi menjadi dua yaitu front end dan back end. Keduanya saling berkaitan membentuk sebuah website yang canggih dan modern. Bahkan tidak jarang website yang menambahkan berbagai fitur untuk menarik perhatian pembaca. Ada juga yang menambahkan teknik SEO friendly untuk menambah daya tarik website. Dapatkan di Jasa SEO di Bali CV. Exito Bali.

Apakah Anda sudah memahami kedua hal ini? Jika belum, artikel ini akan mengulas tentang pengertian front end dan back end serta perbedaannya. Sebelum membuat website tentu Anda harus memahami hal ini. Penasaran? Yuk simak penjelasan sebagai berikut ini:

Pengertian Front End Website

Front end merupakan bagian dari sebuah website yang memberikan tampilan luar untuk setiap pengguna. Dalam arti lainnya, front end menjadi tampilan yang bisa dilihat oleh mata pengguna seperti halnya warna, desain, tata letak, kontak, dan lainnya.

Dimana, pada bagian ini menggunakan tiga Bahasa sekaligus yaitu HTTP atau Hyper Text Markup Language, CSS atau Cascading Style Sheets, dan juga JavaScript. Bahasa pemrograman ini digunakan dan terhubung satu sama lain.

Meskipun bagian front end berkaitan dengan visualisasi yang dilihat oleh pembaca, namun tetap memperhatikan kegunaan setiap item yang ditambahkan pada laman website. Dimana website yang dibangun dibuat hidup dan interaktif. Anda juga bisa menambahkan teknik SEO untuk memperkaya ketertarikan membayar di Jasa SEO CV. Exito Bali.

Pengertian Back End Website

Back end merupakan bagian dari situs website yang tidak dapat dilihat oleh penggunanya atau dapat diartikan juga bagian yang banyak berurusan dengan data-data dibalik layer untuk menciptakan kerja yang optimal.

Bagian ini bertugas untuk mengatur data-data yang dimasukkan dengan tujuan agar pengguna tidak mengalami masalah dan website yang digunakan berfungsi dengan baik dalam menyajikan informasi dan merespon pengguna.

Back end dan front end saling berkomunikasi untuk mengirimkan dan menerima tanggapan yang diberikan sehingga bisa menampilkan sebuah visual yang nyaman dan betah untuk dilihat oleh penggunanya. Jadi keduanya tidak bekerja secara terpisah. Dimana Anda bisa menambahkan SEO di Bali dari CV. Exito Bali secara optimal.

Perbedaan Front End Dan Back End Website

Meskipun keduanya saling terhubung dan membentuk satu kesatuan, tetap saja memiliki perbedaan yang signifikan. Jika Anda ingin menjadi website developer tentu harus memahami hal ini agar Anda tidak salah langkah. Lalu apa saja perbedaannya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

  1. Skill Yang Dibutuhkan Oleh Developer

Jika dilihat sekilas, front end dan back end menjadi satu kesatuan yang sama dalam sebuah website. Namun kenyataannya berbeda. Perbedaan ini dapat dilihat dari tingkatan dan jenis skill yang harus dimiliki developer.

Jika Anda ingin menjadi front end maka Anda harus memiliki kemampuan dasar pada tiga Bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS, dan juga JavaScript. Ketika Bahasa pemrograman ini sangat penting untuk membangun website dan aplikasi.

Selain ketiga Bahasa pemrograman tersebut, Anda juga harus memiliki kemampuan dibidang framework dan juga library. Kemampuan ini digunakan untuk membuat elemen sesuai kegunaan dan interaktif.
Baca Juga: Pengertian Front End Dan Back End: Perbedaan Dan Cara Kerjanya
Disisi lain, back end harus memiliki kemampuan dalam mengolah Bahasa pemrograman Ruby, Python, dan juga PHP. Selain itu, back end juga menggunakan beberapa aplikasi seperti Oracle, MySQL, dan lainnya untuk mengolah data-data yang dibutuhkan. Tambahkan teknik SEO Agency Bali dari CV. Exito Bali untuk memperkaya website.

  1. Cara Kerja Front End Dan Back End Pada Website

Tugas front end adalah menjamin tampilan yang optimal bagi pengguna pada suatu situs website atau aplikasi. Hal ini menjadikan setiap pengguna dapat dengan nyaman mengakses informasi dan berinteraksi dengan situs web atau aplikasi tersebut.

Pentingnya front end terletak pada fokusnya terhadap komposisi di dalam situs website atau aplikasi. Dimana harus memastikan bahwa semua konten yang ada tidak menghambat kenyamanan pengguna.

Sementara itu, back end memiliki tanggung jawab untuk memastikan fungsi yang optimal bagi suatu situs web atau aplikasi dengan semua data yang dimasukkan ke dalamnya. Jadi keduanya terhubung satu sama lain.

Dengan kerja yang maksimal, Anda tentu bisa menggunakan website dengan baik. Dimana Anda bisa menambahkan teknik SEO untuk membantu agar website bisa disukai oleh banyak pengguna. Dapatkan cepat di Jasa SEO di Bali CV. Exito Bali.

  1. Waktu Kerjanya

Front end developer memulai pekerjaan setelah UI designer menyelesaikan desain. Tanpa adanya perubahan, front end akan mengimplementasikan desain ini, yang umumnya diunggah di sketch, langsung ke dalam HTML, CSS, dan Javascript.

Setelah desain dipindahkan oleh front end, back end akan bertanggung jawab mengatur sistemnya. Back end akan menetapkan instruksi-instruksi yang akan dieksekusi oleh situs atau aplikasi ini.

Peran keduanya sangat krusial karena tidak boleh ada kesalahan logika dalam setiap instruksi yang dibuat. Setelah semuanya selesai, barulah Anda bisa menambahkan berbagai hal yang mendukung website agar banyak diminati.

Dimana dalam menyajikan tulisan pada body website haruslah menggunakan strategi dan mempertimbangkan kenyamanan pembaca. Anda bisa menggunakan teknik SEO sebagai alternatif. Andalkan pekerjaan ini pada Jasa SEO CV. Exito Bali.

Haruskah Mempelajari Front End Dan Back End?

Pada umumnya, banyak perusahaan tidak menuntut untuk menguasai kedua aspek ini. Jika memiliki keahlian di bidang back end, tidak diwajibkan untuk menguasai keterampilan front end, begitu juga sebaliknya.

Meskipun demikian, ada perusahaan yang mengharapkan calon developer memahami baik frontend maupun backend, setidaknya dalam hal tanggung jawab dasar keduanya agar tidak saling memberatkan. Pertanyaannya kemudian, apakah perlu mempelajari keduanya?

Jika tertarik pada desain atau ingin menciptakan pengalaman pengguna yang optimal, disarankan untuk fokus mempelajari front end. Namun, bagi yang lebih suka menyelesaikan masalah dan mengelola sistem, sebaiknya fokus pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang back end developer.

Setelah semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan, Anda bisa menambahkan tulisan dengan memperhatikan teknik SEO yang dibutuhkan untuk menambah traffic pembaca. Anda bisa Andalkan pada SEO di Bali CV. Exito Bali.

Sekian pembahasan mengenai pengertian front end dan back end yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi seorang website developer. Hal ini harus Anda perhatikan agar tidak salah langkah dalam mengambil langkah ke depan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?