Pelajari Dulu Apa Itu Cost Per Click, Lalu Optimasi Agar Hasil Iklan Sesuai Harapan

Jangan bingung ketika Anda menemukan istilah cost per click (CPC) ketika beriklan secara online. Informasi ini akan memberikan pemahaman tentang apa itu cost per click. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan informasi mengenai cara mengoptimasi strategi CPC ini agar menghasilkan pembelian atau closing.

Cost Per Click Dalam Iklan Secara Online 

Cost per click adalah salah satu istilah yang sering digunakan saat Anda beriklan secara online. Sesuai dengan namanya, artinya Anda harus membayar biaya iklan ketika pengguna internet mengklik iklan Anda tersebut. Misalnya, Anda beriklan di Google, maka Anda harus membayar biaya dengan nominal tertentu ketika pengguna internet mengklik iklan Anda kepada Google.

Umumnya, biaya CPC dihitung menggunakan rumus biaya iklan dibagi dengan jumlah klik yang didapatkan. Contohnya, Anda memiliki budget iklan Rp.1.000.000. Setelah dipublikasikan, ternyata iklan tersebut mendapatkan 100 klik dari pengguna internet. Artinya, CPC iklan Anda adalah Rp.10.000. Walaupun begitu, biaya CPC bisa bervariasi tergantung tempat atau platform Anda beriklan, jenis iklan, kata kunci, dan lain-lain.

Strategi ini juga sering digunakan oleh jasa SEO, termasuk CV. Exito Bali untuk membantu mengembangkan sebuah website. Nah, sudah mulai paham apa itu cost per click, kan?

Mengoptimasi CPC Agar Berjalan Sesuai Dengan Tujuan Anda 

Beberapa pengiklan pemula mengeluh karena mereka boncos. Artinya, biaya iklan yang sudah dikeluarkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika boncos terus menerus, tentu Anda akan merugi. Karena itu, Anda tidak hanya perlu paham apa itu cost per click, tapi juga cara efektif mengoptimasi CPC.

Ketahui Siapa Target Pasar Anda 

Tentu saja, tujuan beriklan tidak untuk menarget siapa saja atau semua pengguna internet. Salah satu tujuan beriklan adalah menarget konsumen Anda. Karena itu, untuk mengoptimasi cost per click, ketahui dulu siapa target pasar Anda.

Misalnya, Anda memiliki bisnis villa di Bali. Tulis dengan jelas konsumen seperti apa yang akan tertarik dengan villa Anda tersebut. Keterangan tentang konsumen ini termasuk jenis kelamin, perkiraan penghasilan, gaya hidup, hobi, hal yang mereka butuhkan saat menyewa villa, dan lain-lain.

Semakin spesifik informasi target pasar Anda, semakin baik karena artinya Anda paham siapa yang akan membeli atau menggunakan produk Anda. Dengan begitu, iklan bisa difokuskan pada target pasar saja sehingga CPC pun maksimal. Ketika tahu siapa target market Anda, Anda pun akan lebih paham apa itu cost per click.

Cari Kata Kunci yang Tepat dan Relevan 
BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Profesi Digital Marketing Specialist
Selain mengetahui siapa target pasar bisnis Anda saat mempelajari apa itu cost per click, dapatkan pula kata kunci yang tepat dan relevan. Artinya, kata kunci tersebut mewakili bisnis Anda sekaligus banyak dicari oleh target pasar Anda. Perhatikan pula persaingannya. Semakin umum dan pendek kata kunci, biasanya persaingannya sangat ketat.

Ada baiknya menentukan kata kunci panjang (long tail keyword) yang spesifik dan relevan dengan bisnis Anda. Contohnya, ketimbang menggunakan villa murah di bali ada baiknya Anda menggunakan kata kunci villa murah di Ubud Bali. Tidak perlu bingung jika Anda belum berpengalaman mencari kata kunci yang tepat.

Hubungi saja CV. Exito Bali. Sebagai salah satu jasa SEO di Bali yang sudah terpercaya, layanan ini akan membantu Anda memaksimalkan strategi SEO termasuk mencari kata kunci yang tepat. Ketika mempelajari apa itu cost per click, Anda pun akan belajar pentingnya menentukan kata kunci yang tepat.

Sesuaikan Konsep Iklan Sesuai Target Pasar 

Membuat iklan tidak hanya asal memasukkan call to action dan spesifikasi produk saja. Anda perlu membuat konsep iklan yang menarik. Coba lihat iklan di televisi atau platform online sebagai contoh.

Beberapa iklan tersebut menarik, bukan? Bahkan, tidak sedikit yang membuat iklan dengan konsep cerita yang jelas. Nah, buatlah iklan yang menarik dan sesuai dengan target pasar Anda.

Jika Anda memiliki bisnis villa untuk keluarga, maka buat iklan baik video atau teks yang berhubungan dengan cerita liburan bersama keluarga di Bali. Setelah itu, hubungkan cerita tersebut dengan villa Anda. Gunakan juga bahasa yang dekat dengan target pasar Anda.

Intinya, iklan tersebut harus menarik hati konsumen Anda. Tenang saja, selain melayani SEO di Bali, Indonesia, dan luar negeri, CV. Exito Bali juga melayani pembuatan iklan untuk media digital, seperti mesin pencari dan platform sosial media. Nantinya, pembuatan iklan akan dihubungkan dengan pemahaman mengenai apa itu cost per click. Jika sudah, hasilnya pun akan jauh lebih maksimal.

Baca Hasil Analisa Iklan Sebelumnya 

Tidak semua pengiklan bisa membaca hasil iklan sebelumnya, padahal ini sangat penting. Anda bisa menentukan apakah iklan dengan metode cost per click tersebut efektif. Setidaknya, Anda paham apa yang harus dilakukan pada iklan selanjutnya agar hasilnya lebih baik dan sesuai harapan.

Hal ini juga harus dipelajari ketika Anda belajar mengenai apa itu cost per click. Dengan memahami hasil Analisa iklan sebelumnya, Anda bisa memperbaiki iklan untuk diiklankan kembali menggunakan metode cost per click. Dengan perbaikan ini diharapkan iklan yang baru mampu menjaring lebih banyak konsumen.

Membaca hasil analisa iklan memang memerlukan pengetahuan khusus dan waktu. Karena untuk kepentingan bisnis, Anda harus melakukan analisa secepatnya agar bisa melakukan perubahan. Serahkan saja proses membaca hasil analisa iklan pada CV. Exito Bali.

Sebagai jasa SEO Bali yang sudah kompeten di bidangnya, CV. Exito Bali tentu memerlukan hasil analisis iklan tersebut. Dengan begitu, mereka tahu apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus diubah sebelum beriklan kembali menggunakan metode CPC.

Tentukan Biaya Iklan Anda 

Saat belajar apa itu cost per click, Anda juga harus belajar menentukan batas biaya iklan. Tujuan belajar menentukan biaya iklan adalah untuk membatasi dana iklan. Dengan begitu, biaya iklan tidak melebihi biaya yang sudah ditetapkan.

Jika hasilnya masih belum memuaskan, maka solusinya bukan menambah biaya iklan tapi memperbaiki iklan terlebih dahulu. Jika sudah, promosikan kembali iklan baru Anda dan lihat hasilnya. Ulangi terus hingga hasil iklan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Agar prosesnya lebih cepat dan efektif, Anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan oleh CV. Exito Bali. Dengan begitu, iklan Anda tetap terukur dan terarah.

Intinya, cost per click bukanlah metode instan untuk mendapatkan hasil penjualan yang cepat. Tapi, dengan mengoptimalisasi iklan metode cost per click Anda, maka hasilnya akan jauh lebih maksimal. Anda bisa bandingkan hasil CPC ketika iklan belum dengan yang sudah dioptimasi. Hasilnya pasti jauh berbeda!

Sembari mempelajari apa itu cost per click, Anda bisa berkonsultasi dengan CV. Exito Bali. Hubungi customer service-nya lalu informasinya tujuan Anda. Nantinya, SEO Agency Bali ini akan mengarahkan paket apa saja yang perlu Anda gunakan untuk memaksimalkan iklan dengan metode cost per click tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?