Panduan Tips Jualan di Instagram Terbaru 2023

Sebagai media sosial populer, Instagram tak hanya digunakan sebagai platform pribadi untuk mengabadikan momen-momen khusus dalam bentuk foto ataupun video saja. Karena saat ini, Instagram juga sudah umum dimanfaatkan sebagai platform berjualan bagi para pemilik bisnis maupun brand.
Baca Juga: Trick SEO Social Media Management Bali Bagi Pemilik Bisnis Di Pulau Dewata
Bagi Anda yang tertarik mencoba untuk berjualan lewat Instagram, kesempatan ini jelas jangan sampai Anda lewatkan. Terlebih lagi, artikel ini akan membahas apa saja tips jualan di Instagram yang tentu bisa langsung Anda coba sendiri. Untuk strategi pemasaran secara online, Anda bisa gunakan jasa digital marketing dari Exito Bali, terutama bagi Anda pelaku bisnis yang berbasis di Bali.

Kerja Sama dengan Influencer

Tips jualan di Instagram pertama yang dapat Anda coba adalah bekerja sama dengan influencer di Instagram. Influencer sendiri merupakan orang-orang yang telah membangun reputasi untuk nice tertentu di dalam platform ini. Dengan demikian, Anda bisa menunjuk influencer tersebut sebagai brand ambassador bisnis Anda, yang kemudian membagikan informasi tentang produk kepada audiens mereka dengan imbalan tertentu.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih influencer yang memang benar-benar sesuai dengan niche dan target konsumen Anda. Di samping itu, Anda tak harus selalu bekerja sama dengan influencer yang follower-nya ratusan ribu hingga jutaan.

Seiring dengan pertumbuhan nano influencer (follower kurang dari 5.000) dan mikro influencer (follower antara 5.000 hingga 20.000), brand UMKM pun berkesempatan untuk mencoba tips jualan di Instagram yang satu ini!

Jalankan Ads di Instagram

Selain jadi platform untuk meng-update konten pribadi atau mengikuti update-an pengguna lain, Instagram saat ini menjadi salah satu tempat untuk belanja secara online. Maka dari itu, saat ini Instagram juga menyediakan layanan ads atau iklan.

Anda bisa langsung gunakan fitur Boost Post di dalam aplikasi atau menggunakan Ads Manager di platform Meta Business Center untuk menjalankan kampanye iklan Anda. Bagi pemula, fitur Boost Post biasanya sudah cukup. Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih optimal dan efektif dengan biaya efisien, Anda bisa gunakan jasa iklan Instagram dari Exito Bali juga.

Buat Konten Reels tentang Produk atau Brand Anda

Kata siapa fitur-fitur di Instagram hanya bisa digunakan untuk update personal? Jika Anda jeli, semua fitur Instagram juga dapat Anda optimalkan untuk bisnis dan brand Anda. Salah satunya Reels, di mana Anda bisa membuat konten video singkat dengan durasi hingga 60 detik atau 1 menit.

Tentu saja Instagram Feeds ataupun Carousel yang berbasis foto memiliki keunggulannya sendiri, terutama bagi Anda yang ingin membuat katalog produk yang rapi di Instagram. Hanya saja, dengan tips jualan di Instagram yang satu ini, Anda bisa membuat konten tentang produk atau brand.

Tentu saja konten yang dimaksud bukan sekadar video yang menunjukkan apa dan kegunaan produk, atau apa brand Anda. Tapi merupakan konten yang bercerita. Jika Anda belum memiliki resource yang memadai untuk memproduksi konten jualan sendiri, Exito Bali selalu siap membantu Anda membuat konten yang mampu menunjukkan cerita di balik produk maupun brand Anda.

Kumpulkan User-Generated Content (UGC)

UGC merupakan konten yang dibuat oleh audiens serta pengguna produk Anda, yang puas dengan produk yang mereka dapatkan. Dengan tips jualan di Instagram yang satu ini, Anda bisa menunjukkan kepada audiens tentang kualitas dan manfaat produk Anda dari perspektif pengguna, yang dinilai lebih kredibel di mata audiens dibandingkan konten bikinan brand.

Cara mengumpulkan atau mengkurasi UGC ini bervariasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur mention dan tag di konten Instagram yang diunggah pelanggan agar konten tersebut bisa muncul di Instagram bisnis Anda. Cara ini juga bisa dilakukan lewat unggahan Instagram Story, yang kemudian bisa Anda repost dan kurasi ke dalam Highlight.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa mengikuti tips jualan di Instagram ini dan mendapatkan UGC? Salah satu cara yang sudah terbukti paling efektif adalah dengan menyertakan Thank You Card beserta permintaan untuk membagikan konten testimoni di Instagram dengan reward tertentu, seperti potongan diskon.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Tips lain yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan hashtag yang tepat di setiap postingan Instagram Anda. Cara ini sangat penting karena bisa membangun brand awareness dan menghubungkan konten Anda dengan topik tertentu yang masih berkaitan dengan brand.

Meski demikian, hindari menggunakan terlalu banyak hashtag yang justru malah membuat tips jualan di Instagram jadi kehilangan efektivitasnya. Instagram sendiri tidak menentukan secara pasti berapa jumlah hashtag yang seharusnya digunakan, namun biasanya orang-orang menggunakan antara 10 hingga 15 hashtag.

Tak hanya itu saja, pilihlah hashtag yang memang benar-benar relevan dengan konten, brand, dan produk Anda. Hindari “menyampah” di hashtag. Untuk tips lebih lanjut tentang penggunaan hashtag di Instagram, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa digital marketing Exito Bali.

Gunakan Layanan Otomatis untuk Menjawab DM Instagram

Saat Anda baru merintis usaha, wajar jika jumlah orang yang menghubungi Anda di Instagram baru sedikit. Oleh karena itu, pesan-pesan yang masih tentu masih bisa Anda tangani sendiri. Hanya saja, lain cerita ketika bisnis Anda sudah semakin tumbuh dan berkembang, yang diikuti dengan penambahan jumlah DM masuk secara signifikan.

Melalui tips jualan di Instagram yang satu ini, perlu Anda sadari pentingnya merespon semua pesan yang masuk, baik itu dari pelanggan setia hingga calon pelanggan yang masih bertanya-tanya tentang produk Anda sebelum membuat keputusan pembelian. Ketika jumlahnya semakin bertambah, Anda pasti akan merasa kesulitan untuk merespons semuanya sendiri.

Beruntung, saat ini sudah ada platform DM Instagram yang diotomasi, contohnya seperti ManyChat. Dengan platform ini, Anda pun bisa menanggapi pesan masuk dengan lebih cepat dan real time tanpa harus membalasnya sendiri secara manual.

Platform DM Instagram otomatis sejenis ini bahkan bisa memberikan jawaban yang tepat dan relevan sesuai dengan topik pertanyaan yang tercantum di dalam pesan yang Anda terima. Tentu saja tips jualan di Instagram akan sangat membantu Anda dalam memberikan jawaban yang sesuai bagi pelanggan ataupun calon pelanggan, kan?

Tak hanya itu saja, cara ini juga bisa membantu mengonversi calon pembeli menjadi pembeli produk Anda. Berkat respons yang cepat dan relevan, mereka bisa langsung membuat keputusan terkait pembelian.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika berjualan dengan memanfaatkan platform Instagram. Tentu saja, tips yang sudah dibagikan tadi hanya sebagian dari banyak hal yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis melalui Instagram.

Tertarik mencari tahu lebih banyak tentang tips jualan di Instagram ataupun tips terbaru lainnya terkait dunia SEO dan digital marketing? Exito Bali siap membantu Anda lewat berbagai informasi dan jasa digital marketing yang tepat dan relevan bagi bisnis Anda!
Baca Juga: Dapatkan Rating Tertinggi Pengunjung Hanya Di Marketing Agency Bali

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?