Panduan Mudah Belajar SEO Pemula

Belajar SEO pemula wajib dilakukan oleh para pengelola website. Utamanya jika website digunakan sebagai saluran untuk mempromosikan bisnis. Penerapan teknik SEO akan membantu meningkatkan ranking sebuah situs web pada halaman mesin pencari seperti Google. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, Google memang digunakan oleh banyak orang untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui beragam keyword. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pemilik usaha untuk memasarkan produk mereka lewat website bisnis.

Jika Anda juga seorang pengusaha yang membutuhkan SEO untuk mempromosikan bisnis, baca sampai tuntas artikel ini. Jasa SEO terpercaya, Exito Bali akan memberikan beberapa panduan mudah belajar SEO untuk pemula. Berikut ulasannya.

Ketahui Peran SEO Untuk Bisnis

Panduan belajar SEO pemula dari Exito Bali yang pertama adalah mengetahui peran SEO untuk keberlangsungan bisnis. Selain bisa meningkatkan ranking website, terdapat beberapa peran penting SEO lainnya untuk bisnis Anda, diantaranya:

  • Meningkatkan reputasi dan kredibilitas bisnis di mata klien maupun pelanggan
  • Menghemat biaya promosi
  • Memaksimalkan kualitas user experience atau pengalaman pelanggan
  • Mengoptimalkan kegunaan situs web
  • Membangun kesadaran merek atau brand awareness
  • Menjangkau pasar dalam cakupan lokal
  • Mendukung jangkauan audiens yang lebih luas
  • Meningkatkan daya saing dengan kompetitor
  • Mendapatkan data pelanggan yang dibutuhkan
  • Membuat metode pemasaran produk menjadi lebih menarik
  • Membantu merencanakan strategi bisnis yang lebih baik, dan masih banyak lagi

Pahami Cara Kerja Mesin Pencari

Panduan belajar SEO pemula dari Jasa SEO Bali profesional, Exito Bali yang selanjutnya adalah memahami cara kerja mesin pencari. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan Google untuk menemukan website atau konten di SERP (Search Engine Result Page), yaitu crawling, indexing dan ranking. Crawling merupakan sebuah proses mencari dan mengumpulkan situs web atau konten relevan dengan keyword yang digunakan audiens.

Kemudian Google akan melakukan indexing, dimana semua informasi yang diperoleh dalam proses crawling akan disimpan dan ditampilkan pada query pengguna. Di tahap ini, pemilik website harus memperbaiki performa situs agar bisa terindeks oleh Google Terakhir, Google akan menempatkan halaman website yang paling relevan dan berkualitas di posisi teratas.

Pelajari Aspek Penting SEO

Menurut pengalaman Exito Bali, setidaknya ada tiga aspek penting yang perlu diperhatikan dalam proses belajar SEO pemula. Meliputi, on page optimization, on page technical, dan off page optimization. Ketiga aspek penting SEO tersebut harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal di mesin pencari. On page optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web melalui pembuatan konten.

Jadi, Anda tidak asal menulis artikel saja, melainkan memperhatikan keyword, permalink, internal link, SEO title, dan lain sebagainya. Sedangkan on page technical mengharuskan Anda mempelajari elemen-elemen teknis dalam SEO seperti kecepatan website, struktur data website dan sitemaps. Sementara off page optimization merupakan upaya SEO di luar situs, yaitu dengan cara melakukan link building.

Pelajari Riset Keyword

Mempelajari riset keyword juga menjadi panduan belajar SEO pemula yang tidak boleh Anda lewatkan. Riset keyword adalah proses mencari kata kunci sesuai topik yang digunakan oleh audiens lewat mesin pencari. Memakai keyword yang digunakan oleh audiens dapat membantu website bisnis Anda memperoleh ranking yang bagus di hasil pencarian.
BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Jasa Pembuatan Web di Bali dan Fungsinya
Riset keyword dapat dilakukan dengan menggunakan tools gratis maupun berbayar. Tools riset keyword gratis yang bisa Anda manfaatkan diantaranya Google Trends dan Google Keyword Planner. Sedangkan tools riset keyword berbayar tersedia SEMrush dan Ahrefs.

Untuk menghasilkan artikel dengan keyword yang relevan, Anda juga bisa mempercayakannya kepada jasa penulis artikel SEO berkualitas, Exito Bali.

Kenali Beberapa SEO Tools

Dalam proses belajar SEO pemula, Anda harus mengenali beberapa tools yang bisa mendukung upaya SEO tersebut. Tidak hanya tools riset keyword, ada beberapa jenis SEO tools lainnya yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk selengkapnya, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi SEO tools terbaik dari Exito Bali.

  • Google Seacrh Console adalah SEO tools yang berguna untuk melakukan indexing, mencari keyword potensial dan sitemap pada website
  • Google Analytics adalah tools yang berfungsi untuk memantau trafik yang masuk ke dalam situs web. Tools ini juga dilengkapi fitur untuk mengidentifikasi keyword potensial serta bounce rate.
  • Screaming Frog adalah tools yang memiliki fungsi melakukan crawl situs web dan memonitoring kemungkinan kesalahan di dalamnya.

Update Ilmu SEO

Jasa SEO di Bali yang berpengalaman, Exito Bali menganjurkan Anda untuk selalu mengupdate ilmu SEO. Saat ini banyak sekali media yang bisa dipilih untuk belajar SEO pemula. Anda bisa memperdalam ilmu SEO dengan mengikuti seminar online maupun offline yang membahas tentang teknik dan konsep dasar SEO. Mulai dari cara optimasi kecepatan website, cara content planning hingga cara melakukan analisis backlink.

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk meng-update ilmu SEO. Misalnya dengan mengikuti channel Youtube atau situs web tentang SEO yang terpercaya. Selalu meng-update ilmu SEO terbaru tentu dapat membantu Anda memahami penerapan SEO pada website bisnis secara komprehensif.

Hindari Kesalahan SEO Pemula

Selain memperdalam dan meng-update ilmu SEO, Anda juga harus mengetahui beberapa kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses belajar SEO pemula. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan risiko yang akan menghambat efektivitas SEO pada website. Lantas, apa saja kesalahan SEO pemula yang harus dihindari, Exito Bali sudah merangkumnya lewat uraian di bawah ini.

  • Tidak melakukan keyword research
  • Membuat konten secara asal-asalan
  • Tidak memanfaatkan SEO tools
  • Tidak melakukan optimasi title dan meta deskripsi
  • Tidak menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Terlalu fokus pada keyword density
  • Mengabaikan kecepatan loading website
  • Tidak memperhatikan kualitas backlink
  • Tidak menggunakan desain website yang ramah pengguna
  • Tidak melakukan internal link dengan maksimal

Praktik Teori SEO

Panduan belajar SEO pemula terakhir adalah dengan mempraktikkan semua teori SEO yang telah dipelajari. Sebab, penguasaan teknik SEO akan lebih efektif dengan diterapkan secara langsung pada website bisnis. Apabila sudah memiliki website yang digunakan untuk mempromosikan bisnis, Anda bisa melakukan SEO audit atau mengevaluasi performa SEO yang sudah diaplikasikan. Setelah mengetahui kinerja SEO pada website, Anda bisa melakukan optimasi di beberapa elemen SEO yang belum memberikan hasil maksimal.

Melakukan SEO audit juga akan mempermudah Anda dalam membuat strategi marketing di periode berikutnya. Apabila Anda baru akan membuat website bisnis, sebaiknya gunakan jasa pembuatan website yang terpercaya seperti Exito Bali.

Demikianlah beberapa panduan mudah belajar SEO pemula yang bisa diterapkan untuk website bisnis. Agar penerapan SEO lebih optimal dan menghasilkan profit yang diharapkan, Anda bisa mengonsultasikannya kepada Exito Bali. Sebagai SEO Agency Bali dan Digital Marketing terlengkap, kami akan membantu Anda membuat website bisnis yang SEO friendly. Dengan begitu, website bisnis Anda bisa menempati urutan teratas mesin pencari dan mudah ditemukan oleh audiens potensial.

Peluang audiens melakukan tindakan pada website bisnis Anda pun akan semakin besar. Baik itu berinteraksi pada konten, melakukan pembelian produk, hingga memutuskan berlangganan, Untuk mendapatkan informasi lebih detail, silakan kontak WhatsApp yang tercantum di website resmi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?