Panduan Melakukan Onpage SEO Audit Dari Jasa SEO Bali Terpercaya

Onpage SEO audit merupakan proses memeriksa apakah elemen-elemen SEO onpage di website Anda sudah memiliki performa yang baik. Upaya ini juga mencakup identifikasi masalah yang mungkin bisa menyebabkan website menempati peringkat buruk di halaman pencari Google. Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan audit SEO onpage secara berkala. Diantaranya, untuk meningkatkan trafik organik dan peringkat SERP, memperbaiki kinerja situs web, mengikuti perubahan algoritma Google serta membantu perencanaan strategi marketing selanjutnya. Lantas, bagaimana cara melakukan audit SEO onpage yang benar? Jasa SEO dan Digital Marketing terpercaya, Exito Bali, akan memberikan panduannya. Simak dan ikuti langkah-langkah melakukan audit SEO onpage di bawah ini.

Cek Tag Judul

Langkah melakukan onpage SEO audit yang pertama adalah cek tag judul. Menurut Exito Bali, pembuatan tag judul memberikan pengaruh yang cukup besar dalam optimasi SEO onpage. Ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan saat memeriksa tag judul. Apa saja? Berikut poin-poinnya.

  • Apakah Anda sudah menggunakan tag judul yang unik di semua halaman untuk meningkatkan klik pengunjung?
  • Apakah tag judul yang Anda gunakan menyertakan kata kunci atau keyword yang tepat dan relevan?
  • Apakah tag judul yang Anda gunakan ditulis dengan baik dan tidak over optimized?
  • Apakah tag judul yang Anda gunakan memiliki jumlah karakter yang sesuai? Yaitu antara 50 sampai 60 karakter.

Cek Meta Deskripsi
Baca Juga: 7 Hal Penting Yang Harus Diterapkan Dalam Pemasaran, Serahkan Pada Perusahaan Digital Marketing!
Meta deskripsi juga menjadi elemen dalam onpage SEO audit yang tidak boleh Anda lewatkan. Meta deskripsi sendiri adalah teks yang muncul di bagian bawah tag judul saat website Anda ditampilkan pada halaman pencarian. Meski tidak mempengaruhi ranking Google secara langsung, penulisan deskripsi meta dapat membantu dalam menarik minat pengunjung untuk melakukan klik. Sebagian besar Jasa SEO di Bali yang profesional, termasuk Exito Bali, memeriksa beberapa hal ketika melakukan audit SEO onpage, meliputi:

  • Apakah Anda sudah membuat meta deskripsi yang menarik di semua halaman?
  • Apakah Anda membuat meta deskripsi dengan informasi yang relevan?
  • Apakah Anda membuat meta deskripsi dengan jumlah karakter yang sesuai? Yaitu sebanyak 100 sampai 155 karakter.

Cek Header

Setelah memeriksa tag judul dan deskripsi meta, Anda juga perlu mengecek header (H1, H2, H3) saat melakukan onpage SEO audit. Header tag berfungsi untuk mengorganisir konten, memperkuat struktur konten untuk mesin pencari hingga memaksimalkan fokus kata kunci. Exito Bali meminta Anda untuk menggunakan header tag dengan bijak dan relevan. Tujuannya tentu saja untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada pengunjung ketika menjelajahi website Anda. Sebab, jika Anda menggunakan header yang over-optimize, pengunjung mungkin tidak akan tertarik untuk menghabiskan banyak waktu membaca konten Anda. Apalagi jika header tersebut terlihat berantakan. Jadi, sangat penting untuk menghasilkan header yang disukai pengunjung maupun mesin pencari.

Cek Website Copy

Langkah melakukan onpage SEO audit yang selanjutnya yaitu mengecek website copy atau salinan situs web. Pastikan salinan situs web memiliki jumlah yang cukup di halaman Anda. Agar lebih jelas, Exito Bali akan menguraikan beberapa hal yang harus ditinjau saat memeriksa website copy, diantaranya:

  • Apakah website copy Anda memiliki kata kunci yang sesuai dengan isi teks? Sebaiknya hindari penggunaan kata kunci yang berlebihan.
  • Apakah Anda memiliki jumlah teks yang memenuhi kriteria yang ditentukan mesin pencari Google? Yaitu minimal sebanyak 500 kata untuk halaman SEO prioritas
  • Apakah website copy Anda dapat memenuhi maksud dan keinginan pengunjung
  • Apakah konten pada website Anda unik dan menarik?

Cek Struktur Website Dan URL

Exito Bali menyarankan Anda untuk mengecek struktur website dalam melakukan onpage SEO audit. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Google akan menampilkan website yang paling relevan dengan kata kunci tertentu. Oleh karenanya, Anda harus memiliki halaman website yang terfokus untuk setiap kata kunci. Periksa apakah halaman website Anda memiliki konten untuk produk atau layanan yang ingin dipromosikan melalui SEO. Kemudian, Anda perlu memastikan halaman arahan SEO utama sudah terintegrasi ke tautan situs web. Di samping itu, lakukanlah pemeriksaan pada struktur URL. Struktur URL harus singkat namun tetap informatif dan deskriptif. Lalu cek mengenai penggunaan kata kunci yang relevan pada URL tersebut.

Cek Mobile Friendly Website

Sebagai SEO Agency Bali yang kredibel, Exito Bali juga menganjurkan Anda untuk mengecek mobile friendly website saat melakukan onpage SEO audit. Mengingat, mayoritas pengguna internet memakai ponsel untuk mengakses sebuah website. Dari penelitian Google, didapatkan data bahwa pengunjung yang menggunakan ponsel akan meninggalkan website yang tidak termuat dalam tiga detik. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa apakah website Anda bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung yang menggunakan perangkat seluler. Untuk mengecek apakah website sudah mobile friendly atau tidak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tools yang disediakan Google. Tidak perlu khawatir soal biaya langganan, karena mobile friendly website test ini bisa Anda manfaatkan secara gratis.

Cek Kecepatan Muat Website 

Mengecek kecepatan muat website menjadi bagian penting dari proses onpage SEO audit. Dari pengalaman Exito Bali, hal-hal yang harus Anda tinjau ketika memeriksa kecepatan muat website yaitu unggahan gambar, pemilihan hosting, penggunaan plugin, penerapan lazy loading, serta pengoptimalan kode dan skrip. Pastikan Anda mengunggah gambar berkualitas dengan ukuran yang kecil dan memilih penyedia hosting yang handal. Selain itu, gunakanlah plugin yang benar-benar diperlukan agar tidak memperlambat waktu loading website. Sementara penerapan lazy loading akan memuat gambar hanya pada saat mereka terlihat oleh pengunjung website. Setelah Anda memastikan semua elemen berjalan sebagaimana mestinya, gunakanlah tools gratis maupun berbayar untuk memeriksa kecepatan muat website.

Cek Desain Website

Langkah melakukan onpage SEO audit yang terakhir adalah mengecek desain sekaligus kegunaan website Anda. Tidak hanya berdampak pada perolehan ranking di halaman mesin pencari, penggunaan desain juga berpengaruh terhadap konversi dan trafik website Anda. Exito Bali biasanya memeriksa desain website klien dengan meninjau beberapa hal. Ini juga bisa Anda terapkan ketika akan melakukan audit SEO onpage, berikut uraianya:

  • Apakah desain website meningkatkan kredibilitas bisnis Anda?
  • Apakah desain website Anda memiliki kemudahan dalam navigasi?
  • Apakah ada masalah fungsional yang dapat mengganggu performa website atau ranking SEO di halaman pencarian?
  • Apakah tindakan yang dilakukan pengunjung di website Anda sudah sesuai dengan tujuan bisnis?

Itulah ulasan mengenai panduan melakukan onpage SEO audit dari jasa SEO Bali yang terpercaya. Dengan melakukan audit SEO onpage secara rutin, Anda bisa memastikan semua elemen SEO onpage bekerja dengan optimal. Upaya ini sangat bermanfaat untuk mengetahui seberapa bagus performa website Anda sebelum bersaing dengan kompetitor yang memiliki target pasar serupa. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan audit SEO onpage sendiri, Anda bisa mempercayakannya kepada Exito Bali. Kami telah berpengalaman dalam menyediakan layanan audit SEO onpage yang lengkap dan profesional untuk meningkatkan visibilitas website di halaman pencarian. Silakan hubungi atau chat kami melalui kontak yang tersedia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?