Pahami Dulu Apa Arti Endorse Dan Seluk Beluknya Agar Tidak Boncos!

backlink, bali web design, cara kerja facebook ads, creative design bali, cv.exito bali, design graphic bali, digital marketing bali, digital online marketing di bali, facebook, faceboook ads, fb ads, jasa pembuatan website, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo denpasar, jasa seo di bali, marketing agency bali, pembuatan website, perusahaan jasa website, seo, seo agency, seo agency bali, seo di bali, seo friendly, social media management, social media management bali, video animasiPengikut di akun sosial media Anda adalah aset! Tidak heran banyak pemilik akun sosial media berlomba-lomba meningkatkan jumlah pengikut atau followers. Semakin banyak jumlah followers, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan penghasilan.

Selain itu, ini adalah kesempatan bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Nah, apa arti endorse? Seperti apa cara kerjanya? Dan bagaimana pemilik bisnis bisa memanfaatkan peluang ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Endorse 

Pernah melihat Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, atau Raditya Dika mempromosikan sebuah produk atau jasa di akun media sosial mereka? Nah, itulah yang disebut dengan endorse. Jadi, apa arti endorse? Endorse adalah aktivitas mengiklankan sebuah produk dan jasa kepada pihak lain.

Pihak lain di sini adalah pemilik akun sosial media dengan jumlah followers tertentu. Setelah proses kerja sama bisnis disepakati, pemilik akun sosial media akan mempromosikan produk atau jasa milik pemilik bisnis. Bisa dikatakan kalau endorse adalah media periklanan baru di dunia digital seperti sekarang ini.

Saat ini, sudah banyak pula pemilik akun sosial media atau influencer yang menawarkan jasa seperti ini dengan tarif yang beragam. Nah, CV. Exito Bali tidak hanya melayani jasa SEO di Bali saja tapi juga membantu Anda beriklan melalui metode endorse ini.

Keuntungan Beriklan dengan Metode Endorse

Setelah mengetahui apa arti endorse, Anda pun haru memahami keuntungan beriklan menggunakan metode ini. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin untuk mempromosikan produk dan jasa Anda melalui pemilik akun sosial media atau influencer. Berikut ini beberapa keuntungan berpromosi dengan metode endorse.

Berpromosi dengan Lebih Alami

Banyak orang cenderung menghindari iklan atau hard selling. Sejak berkembang pesatnya sosial media, orang lebih suka mencari informasi dari platform ini. Misalnya, ketika seseorang ingin mencari penginapan di Bali.

Mereka akan mencari informasi dari akun sosial media yang membahas penginapan di beberapa daerah, termasuk Bali. Mereka lebih percaya dengan akun-akun influencer karena umumnya cara promosi mereka lebih alami. Contohnya, influencer tersebut membuat vlog atau video singkat tentang pengalaman mereka menginap sebuah penginapan di Bali. Secara tidak langsung, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih nyata dan tidak terkesan berlebihan.

Membantu Menyasar Target Pasar yang Tepat 

Setelah paham apa arti endorse, Anda akan paham bahwa setiap influencer memiliki jenis followers yang berbeda-beda. Jenis followers ini tergantung dari niche akun sosial media sang influencer itu sendiri. Itu artinya, para influencer tersebut membentuk target pasar tertentu.

Misalnya, akun influencer yang membahas soal beragam oleh-oleh atau snack dari berbagai daerah. Umumnya, followers akun ini adalah mereka yang memang gemar membeli oleh-oleh atau snack. Tentunya, influencer seperti ini cocok untuk Anda yang berbisnis oleh-oleh khas atau snack.

Yang paling penting adalah mencari influencer yang tepat agar strategi endorse Anda maksimal. Jasa SEO seperti CV. Exito Bali akan membantu Anda mencari influencer yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Harapannya, endorsement yang Anda lakukan akan memberikan dampak yang signifikan.

Membantu Mendapatkan Kepercayaan Target Pasar 

Influencer tidak hanya memiliki banyak pengikut tapi juga pengikut yang loyal. Umumnya, para pengikut influencer akan menggunakan apa yang digunakan oleh idola mereka tersebut. Artinya, produk dan jasa Anda akan lebih mendapatkan kepercayaan dari target pasar.

Ketika produk dan jasa dipercaya oleh target pasar, maka penjualan juga akan meningkat drastis. Anda akan mempelajari hal ini ketika mencari tahu apa arti endorse secara mendalam. Memang, endorse tidak semudah yang dibayangkan.
Baca Juga: 9 Trend Pemasaran Saat Ini yang Dapat Membantu Para Pengusaha di Bali
Ketimbang boncos dan mengeluarkan banyak uang tanpa hasil, serahkan prosesnya pada CV. Exito Bali. Layanan ini tidak hanya populer karena jasa SEO di Bali tapi juga beragam jasa lain, termasuk jasa endorse.

Cara Beriklan Menggunakan Metode Endorse 

Sekarang Anda pasti sudah mulai paham apa arti endorse serta keuntungannya untuk kepentingan bisnis. Selanjutnya Anda harus belajar cara beriklan dengan metode endorse ini. Pasalnya, pemilik bisnis yang baru pertama akan endorse masih kebingungan memulainya.

Cari Beberapa Influencer yang Sesuai dengan Produk atau Jasa Anda

Jangan asal mencari influencer ketika akan mengendorse! Agar Anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa arti endorse yang sebenarnya, carilah influencer yang memang sesuai dengan produk atau jasa Anda. Tentu saja, ini terkait dengan karakteristik pengikut mereka dan target pasar Anda. Jika influencer seringkali memasarkan sesuatu yang sesuai dengan produk dan jasa Anda, maka besar kemungkinan target pasar Anda ada di sana.

Hubungi Influencer Tersebut dan Cari Tahu Rate Card Mereka 

Hubungi influencer tersebut melalui contact person, email, atau nomor WA yang tertera pada profil mereka. Ketika belajar apa arti endorse, Anda juga akan mempelajari istilah lain seperti rate card. Rate card bisa diartikan sebagai tarif beriklan dengan influencer tersebut serta bentuk iklannya.

Misalnya, rate card beriklan di fitur Story pasti berbeda dengan rate card beriklan di Feed. Rate card ini biasanya juga ditentukan dengan jumlah pengikut influencer tersebut. Semakin banyak pengikutnya, semakin mahal juga rate card mereka.

Membuat Kontrak Perjanjian 

Langkah selanjutnya adalah membuat kontrak perjanjian dengan pihak influencer. Perjanjian ini sangat penting agar satu sama lain melakukan hak dan kewajiban sesuai kesepakatan. Kontrak ini bahkan resmi dan memiliki kekuatan hukum. Jadi, salah satu pihak bisa melakukan tuntutan hukum jika terbukti melakukan pelanggaran selama proses kerja sama berlangsung. Tenang saja, tim CV. Exito Bali tidak hanya akan membantu memberikan pemahaman apa arti endorse tapi juga membantu membuat kontrak perjanjian kerja sama seperti ini.

Kirimkan Produk dan Informasi Tambahan 

Jika sudah terjadi kesepakatan, kirimkan produk atau informasi jasa Anda. Sertakan juga informasi tambahan jika memang diperlukan. Misalnya, kalimat atau tagline tertentu yang wajib diucapkan oleh influencer tersebut.

Anda pun bisa memerintahkan influencer tersebut menyebutkan akun sosial media bisnis Anda. Hal ini juga penting agar produk dan jasa Anda tersampaikan secara maksimal walaupun tetap dipromosikan dengan gaya sang influencer.

Tips Tambahan Agar Endorse Berjalan Maksimal 

Jangan hanya memahami apa arti endorse saja tanpa mempersiapkannya dengan baik dan benar. Contohnya, persiapkan akun sosial media Anda dengan baik dan benar sebelum melakukan endorsement. Pasalnya, para pengikut influencer tersebut pasti akan memeriksa akun sosial media bisnis Anda.

Hasilnya tentu akan percuma jika akun sosial media bisnis Anda terlihat biasa bahkan acak-acakan. Pengikut influencer tersebut akan tertarik jika informasi bisnis, produk, dan jasa Anda jelas. Konten Anda pun juga tertata dengan rapi dan menarik perhatian target pasar Anda.

Maksimalkan juga SEO akun sosial media bisnis Anda. Tujuannya tentu agar produk, jasa, dan brand Anda semakin mudah dicari setelah di dongkrak dengan promosi menggunakan metode endorse.

  • Exito Bali adalah salah satu layanan yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan bisnis online Anda. Layanan ini menawarkan jasa SEO Bali, web development, social media development, hingga endorsement. Langsung hubungi customer service SEO Agency Bali ini setelah memahami sekilas mengenai apa arti endorse dan seluk-beluknya. Tidak masalah jika Anda belum terlalu paham karena tim CV. Exito Bali akan membantu Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?