Optimalisasi Google Maps: Tujuan, Manfaat, Serta Cara Yang Harus Dilakukan

Apakah sebenarnya optimalisasi Google Maps dan apa sajakah manfaatnya? Istilah optimalisasi atau optimasi Google Maps mungkin terdengar sedikit asing di telinga orang awam. Namun bagi Anda yang sedang menekuni bisnis, optimasi Google Maps merupakan hal yang wajib dipelajari dan diterapkan. Mengapa? Tentu karena ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan.

Akhir-akhir ini, bahkan ada banyak sekali pakar di bidang kewirausahaan termasuk dari CV Exito Bali yang berpendapat bahwa optimasi Google Maps terasa sangat penting jika dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Optimasi Google merupakan bagian dari optimasi Local SEO. Dengan demikian, secara umum kegiatan optimasi Google Maps adalah salah satu usaha yang dilakukan agar usaha Anda dapat “terlihat” dan dikenal oleh masyarakat secara luas.

Tujuan Utama Optimalisasi Google Maps

Tentunya, setiap tindakan yang dilakukan dalam pengembangan bisnis Anda harus memiliki tujuan atau goal. Jadi, apakah sebenarnya goal utama Anda dengan melakukan optimasi Google Maps?

Anda pasti pernah melakukannya ketika hendak mencari toko atau restoran tertentu saat mengunjungi suatu tempat. Setelah memasukkan kata kunci pada mesin pencari Google, secara otomatis, mesin pencari langsung menunjukkan beberapa rekomendasi toko atau restoran di dekat tempat Anda saat ini.

Bahkan, ketika Anda menekan salah satu rekomendasi, maka informasi terkait toko yang Anda cari akan langsung muncul termasuk alamat dan petanya pada Google Maps. Nah inilah tujuan utama dari optimasi Google Map. Yaitu, bagaimana usaha Anda akan langsung bisa terdeteksi saat orang mencarinya melalui mesin pencari.

Jangan salah, walaupun proses pencarian yang demikian masuk dalam skala lokal, namun bisa saja Anda memiliki banyak kompetitor, menurut para ahli di CV. Exito Bali. Apalagi, jika usaha Anda didirikan di tengah keramaian kota atau tempat-tempat strategis lainnya. Dengan hanya mendaftarkan lokasi saja tanpa adanya optimasi, maka usaha Anda akan dengan mudah tenggelam diantara usaha-usaha yang lainnya.

Manfaat-manfaat Optimalisasi Google Map

Nah, sedemikian pentingnya optimasi Google Maps, maka tidak berlebihan jika hal ini penting untuk dilakukan. Apalagi, selain goal utama yang dijelaskan pada poin sebelumnya tadi, Anda juga akan mendapatkan berbagai macam manfaat lainnya dari kegiatan optimalisasi atau optimasi Google Maps untuk bisnis Anda. Apa sajakah? Berikut ini diantaranya.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Anda

Salah satu alasan utama orang mendatangi tempat usaha Anda adalah karena usaha Anda tampak terpercaya dan kredibel. Tentu saja, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas tersebut. Sebut saja dengan meningkatkan kualitas produk, melakukan kegiatan promosi, mendirikan website, dan lain sebagainya. Nah, salah satu yang terbaru adalah dengan mengoptimasi Google Maps usaha Anda, menurut Exito Bali.
BACA JUGA: 7 Manfaat Pakai Website Development Services, Tidak Hanya Untuk Branding!
Ya, optimasi Google Maps tidak hanya membuat lokasi bisnis Anda tampak visible. Kegiatan ini juga menunjukkan pada para konsumen bahwa Anda benar-benar “niat” dalam menjalankan bisnis serta memuaskan para pelanggan. Saat ini, hampir semua usaha skala menengah ke atas mendaftarkan usaha mereka untuk terlihat di Google Maps. Tak lupa, optimasi juga terus dilakukan. Maka, Anda juga harus menjadi satu diantaranya.

  1. Meningkatkan Hasil Pencarian Organik di Google

Hasil pencarian organik merupakan istilah untuk website atau blog yang berhasil didapatkan oleh para pengunjung secara alami dengan menggunakan mesin pencari. Jadi, tidak melalui link yang biasanya disebar saat melakukan promosi. Jika website Anda sering ditemukan dan dibuka oleh para pengunjung dengan cara organik, maka peringkatnya di Google akan semakin meningkat. Dengan kata lain website usaha Anda juga akan semakin visible.

Manfaat lain dari optimalisasi Google Maps, menurut para ahli di Exito Bali adalah meningkatkan hasil pencarian organik tersebut. Semakin sering dicari dan didapatkan secara organik dalam hasil pencarian teratas. akan semakin tinggi visibilitas dari website usaha Anda. Dengan kata lain, usaha Anda akan semakin sering dilihat dan dibicarakan oleh orang lain.

  1. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Offline

Optimalisasi Google Maps memang memiliki tujuan utama untuk pengembangan toko atau usaha offline. Hal ini masuk akal karena Google Maps sendiri memang merupakan suatu aplikasi berbasis augmented reality. Dengan teknologi ini, Anda dapat melihat tampilan dunia nyata di dalam layar smartphone Anda, khususnya apabila Anda sedang dalam perjalanan.

Karena memang bertujuan untuk membantu Anda menemukan tempat atau jalan di dunia nyata, maka toko offline lah yang akan paling terbantu dengan aplikasi ini. Dengan melakukan optimasi Google Maps, visibilitas toko Anda akan semakin meningkat, demikian pula dengan para pengunjung. Untuk itu, tidak berlebihan jika CV Exito Bali mengatakan bahwa optimasi Google Maps sangat penting untuk dilakukan.

  1. Mendapatkan Ratings dan Reviews

Namun, hal penting yang harus Anda evaluasi sebelum melakukan optimalisasi Google Maps adalah seberapa baguskah produk dan pelayanan yang Anda tawarkan. Apabila masih ada kekurangan, pastikam untuk melakukan pembenahan secepatnya. Mengapa? Hal ini karena Google Maps memberi sarana para pengunjung toko untuk membuat rating dan review. Tentunya hal ini bisa berdampak positif maupun negatif pada usaha Anda.

Jika produk dan pelayanan Anda benar-benar baik, maka jangan khawatir. Para pengunjung tentunya akan memberikan rating yang tinggi serta review mengenai keseruan mereka berada di tempat usaha Anda. Exito Bali mengungkapkan bahwa hal ini sama saja dengan promosi gratis agar lebih banyak pengunjung yang datang ke tempat Anda.

Namun sebaliknya, jika pengunjung memberikan ulasan negatif, hal ini justru bisa menjadi bumerang. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memberikan produk unggulan serta pelayanan terbaik untuk kelangsungan dan kemajuan usaha Anda.

Cara Optimalisasi Google Maps

Lalu, bagaimanakah cara untuk melakukan optimalisasi Google Maps? Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memilih Nama Bisnis Yang Tepat

Setiap usaha harus memiliki nama bisnis yang menarik serta menjual. Dengan demikian, calon konsumen akan tertarik untuk datang serta mencoba apa yang Anda tawarkan. Demikian pula saat mendaftarkan diri di Google Maps. Pastikan nama bisnis Anda unik dan tidak mudah didapatkan di tempat lain, khususnya di daerah Anda. Hal ini memudahkan Google Maps dalam mengoptimasi bisnis yang Anda daftarkan.

Yang tidak kalah penting, apabila Anda menjalankan bisnis secara online maupun offline, pastikan agar nama keduanya sama. Menurut Exito Bali, hal ini sangat penting karena Google dapat mendeteksi keberadaan bisnis online Anda melalui akun-akun yang Anda buat. Jika terdeteksi ada nama yang berbeda, besar kemungkinan optimasi tidak akan berjalan dengan maksimal.

  1. Google My Business

Yang pertama wajib dilakukan tentu saja adalah dengan mendaftarkan diri serta usaha Anda terlebih dahulu. Caranya? Melalui Google My Business. Cukup gunakan akun Google Anda yang masih aktif. Kemudian, isi berbagai data diri serta data usaha yang diperlukan. Secara otomatis, bisnis Anda sudah terdaftar di Google Maps.

  1. Mengisi Alamat, Layanan, dan Deskripsi Bisnis Dengan Tepat

Perhatikan pula alamat yang Anda tulis pada Google My Business. Apakah sudah tepat dan akurat? Pastikan untuk melakukan pengecekan sebelum dikirimkan. Demikian pula poin-poin lainnya seperti layanan dan deskripsi bisnis. Selain berfungsi sebagai bagian dari optimasi, orang-orang juga akan terbantu dengan kelengkapan dan keakuratan data yang Anda berikan.

Nah, apakah Anda tertarik untuk melakukan optimalisasi Google Maps? Hubungi CV Exito Bali untuk pelayanan terbaik demi perkembangan bisnis dan usaha Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?