Pengertian dan Komponen-Komponen Yang Wajib Dievaluasi Saat Onpage SEO Audit

Apakah yang dimaksud dengan onpage SEO audit? Sebelum membahasnya dengan lebih detail, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang SEO audit secara umum. SEO audit merupakan proses evaluasi “kesehatan” dan performa suatu website dalam kaitannya dengan optimasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO). Menurut keterangan dari Cv. Exito Bali, proses audit SEO ini melibatkan setiap detail komponen dalam website tersebut. Sehingga, dapat diketahui apakah website tersebut benar-benar memiliki kinerja yang optimal atau tidak di dalam mesin pencari. Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan cara yang sangat mendalam sehingga semua permasalahan bisa terungkap dengan jelas.

Nah, SEO atau optimasi mesin pencari sendiri biasa dibagi menjadi 2 yaitu SEO on page dan off page. SEO on page merupakan optimasi yang melibatkan bagian internal konten. Misalnya konten website Anda berisi berbagai macam artikel, maka SEO on page adalah bagaimana Anda mengoptimasi artikel-artikel tersebut agar terbaca oleh mesin pencari. Sementara itu, SEO off page adalah optimasi komponen-komponen di luar artikel namun masih di dalam website tersebut. Dengan kata lain, onpage SEO audit merujuk pada kegiatan evaluasi mendalam bagian internal konten apakah performanya bagus dalam kaitannya dengan mesin pencari atau tidak.

Menurut Exito Bali, cukup banyak komponen yang perlu diperiksa dalam kegiatan onpage SEO audit. Sehingga, tidak mengherankan bila proses ini cukup memakan waktu. Perlu juga untuk diketahui bahwa proses audit SEO baik untuk off page maupun on page bukanlah proses yang akan selesai dengan sekali pengerjaan. Hal ini karena algoritma SEO sendiri terus berubah dan berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain, menurut Exito Bali, SEO audit merupakan proses berkelanjutan dan setiap saat akan berubah setiap kali mesin pencari itu sendiri melakukan update. Pihak pemilik website sendiri harus melakukan monitoring setiap saat agar tidak ketinggalan update terbaru dari mesin pencari. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen yang wajib dievaluasi saat melakuan proses audit untuk SEO onpage.

Title atau Judul

Sebenarnya ini adalah pengetahuan umum dalam khasanah pembuatan artikel baik untuk kepentingan konten website atau hal lainnya. Ya, saat membuat suatu artikel atau teks, title atau judul harus unik dan menarik perhatian, menurut CV. Exito. Sehingga, para pengunjung tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membaca artikel tersebut. Apalagi, judul yang Anda buat akan muncul pada laman mesin pencari untuk memancing para pengunjung untuk mengeklik dan masuk ke dalam website Anda. Hal lain yang perlu dicek pada judul Anda saat proses onpage SEO audit adalah apakah judul mengandung keyword atau tidak. Perhatikan apakah keyword yang dibutuhkan benar-benar relevan dengan konten artikel dan sesuai dengan apa yang dicari oleh para pengguna internet.

Headings

Komponen berikutnya yang wajib dievaluasi selama proses audit pada bagian SEO on page adalah bagian headings. Headings merupakan sub judul atau judul pada poin-poin yang terdapat pada badan artikel. Secara umum, SEO on page memang lebih menyarankan agar setiap artikel dalam website terdiri dari beberapa poin. Salah satu alasannya tentu saja agar bisa menempatkan heading ini. Dalam perspektif pembaca sendiri, adanya poin-poin memang membuat artikel lebih enak dan nyaman dibaca. Mereka juga bisa memahami pesan yang ingin disampaikan dalam artikel tersebut. Maka tidak heran, mesin pencari pun lebih menyukai artikel dengan poin-poin serta headings dalam judul tiap poinnya. Oleh sebab itu, headings wajib dievaluasi dalam proses onpage SEO audit.

Internal dan Eksternal Link

Berdasarkan ahli dari CV. Exito Bali, yang tidak kalah pentingnya selain judul dan headings untuk SEO onpage adalah backlink atau URL. Backlink merupakan tautan yang bisa di klik serta menghubungkan laman artikel dengan laman lainnya. Terdapat 2 jenis backlink yang sebaiknya ada dalam body artikel, yaitu internal dan eksternal link. Internal link menghubungkan laman satu dengan laman lainnya namun masih di dalam satu website. Sementara itu, eksternal link menghubungkan salah satu laman website dalam artikel dengan website lainnya yang masih relevan. Keberadaan backlink ini sangat penting karena membantu pembaca menemukan informasi lainnya yang masih berkaitan namun ada di luar artikel. Nah, apakah keberadaan backlink dalam artikel Anda sudah cukup baik dan strategis? Hal inilah yang dilihat kembali dalam proses onpage SEO audit.

Panjang Artikel

Google dan mesin pencari lainnya memang sering mengubah-ubah aturan mereka mengenai hal ini. Namun secara umum, artikel untuk konten website memang sebaiknya jangan terlalu pendek. Setidaknya, harus terdiri dari kurang lebih 500 kata. Mengapa? Karena artikel yang terlalu pendek cenderung membuat pengunjung cepat untuk selesai membaca. Tentunya, mereka akan segera beralih ke laman lain setelahnya. Perlu diingat pula, bahwa artikel sebaiknya jangan terlalu panjang dengan banyak pengulangan kata atau kalimat. Pada intinya dalam onpage SEO audit, artikel harus mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di dalamnya serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan seperti memberikan like atau komentar. Apabila terjadi diskusi dalam kolom komentar, hal ini tentunya akan lebih baik lagi, menurut Exito Bali.

Penyebaran Keyword

Pembuatan suatu artikel konten website memang didasarkan pada suatu kata kunci atau keyword. Tentunya, keyword ini didapatkan dari observasi terlebih dahulu sehingga menemukan yang paling sesuai dengan tema website. Oleh sebab itu, penyebaran keyword dalam badan artikel menjadi sangat penting. Keyword harus tersebar secara alami dalam artikel namun tidak boleh mengelompok di satu tempat saja. Sebaiknya, keyword berada di bagian awal, tengah, dan akhir badan artikel. Anda juga harus menempatkannya pada judul dan headings. Namun apapun itu, yang terpenting saat melakukan onpage SEO audit adalah bahwa keyword-keyword tersebut terasa natural saat dibaca serta tidak mengganggu kenyamanan saat Anda membaca keseluruhan artikel tersebut.

Gambar dan Video

Artikel website yang ideal memang jangan hanya terdiri dari kata-kata saja. Anda sebaiknya juga memberikan kelengkapan lainnya yang menunjang teks seperti gambar-gambar dan video. Tentu saja, gambar dan video tersebut harus relevan pula dengan topik pada artikel tersebut. Apabila Anda membuat sendiri gambar atau video tersebut, hal ini tentunya akan lebih baik. Orisinalitas dari setiap detail konten yang Anda buat secara otomatis akan meningkatkan nilai pada SEO on page Anda. Selain itu, sebaiknya tambahkan pula Alt Text pada gambar Anda. Alt Text adalah teks alternatif yang akan muncul saat gambar Anda sudah diunggah bersamaan dengan artikel. Menurut Exito Bali, Alt Text ini akan muncul saat pengunjung melakukan pencarian menggunakan gambar. Pastikan tidak melewatkan poin yang satu ini saat melakukan Onpage SEO audit.

Tak kalah pentingnya, buatlah jadwal berkala untuk melakukan audit SEO baik pada bagian on page maupun off page. Kegiatan audit yang benar akan menemukan berbagai kesalahan yang bisa Anda hindari di kemudian hari. Dengan demikian, akan terjadi peningkatan pada website Anda dalam hal performa SEO. Nah, apabila Anda masih merasa kebingungan dengan onpage SEO Audit, serahkan pada ahlinya, CV. Exito Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?