Mengerti Apa Itu Anchor Text Saja Tidak Cukup! Pahami Juga Aplikasinya Pada Sebuah Website

Ketika menggunakan jasa SEO seperti CV. Exito Bali untuk mengembangkan website, tim akan menentukan anchor text untuk website tersebut. Sebenarnya, apa itu anchor text? Apa pentingnya sebuah anchor text untuk memaksimalkan Search Engine Optimization sebuah website? Simak penjelasan mengenai elemen dalam website ini di bawah.

Pengertian Anchor Text 

Coba buka sebuah website pada browser Anda. Setelah itu, pilih satu artikel dan buka halaman artikel dalam website tersebut. Sekarang fokus pada beberapa teks yang berwarna biru. Biasanya teks berwarna biru tersebut akan menghubungkan Anda ke link atau URL tertentu.

Link atau URL tersebut tentu saja berhubungan dengan teks tersebut. Nah, teks tersebut yang disebut dengan anchor text. Anda bisa mengarahkan anchor text tersebut ke halaman lain di website Anda sendiri. Hal ini disebut dengan internal link.

Anda juga bisa mengarahkan anchor text tersebut ke URL lain, seperti toko online, website resmi, halaman pemesanan, landing page, dan lain-lain. Hal ini disebut dengan eksternal link.

Nah, sekarang Anda tahu apa itu anchor text secara garis besar. Tentunya, menentukan anchor text tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Dengan memilih anchor text yang tepat, maka strategi SEO pun akan berjalan dengan maksimal.

Sebagai salah satu jasa SEO di Bali yang sudah terpercaya, CV. Exito Bali akan membantu Anda mengembangkan atau bahkan membuat sebuah website mulai dari awal. Layanan ini termasuk menentukan anchor text yang tepat.

Pentingnya Anchor Text Dalam Sebuah Website 

Setelah memahami apa itu anchor text, Anda pun perlu paham pentingnya anchor text dalam sebuah website. Dengan begitu, Anda tahu perbedaan antara website yang menggunakan dan website yang tidak menggunakan anchor text.

Membantu Pengunjung Website Mendapatkan Informasi Lebih Banyak 

Pengunjung website tentu akan terbantu dengan adanya anchor text. Mereka akan mendapatkan informasi lebih banyak dengan mengklik salah satu anchor text. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan dari website Anda, maka mereka akan semakin percaya dengan brand Anda.

Pasalnya, mereka menganggap website Anda sudah profesional. Brand Anda pun seperti paham apa yang mereka butuhkan. Misalnya, Anda memiliki sebuah bisnis penginapan atau tempat wisata di Bali.

Setelah paham apa itu anchor text, pilih beberapa anchor text yang akan membantu target pasar Anda. Misalnya, Anda bisa menghubungkan link-link ke penjelasan istilah khusus, promo spesial, booking, dan lain sebagainya.

Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama di Website Anda 

Sekali lagi, Anda perlu paham apa itu anchor text karena hal ini berhubungan erat dengan Search Engine Optimization. Semakin efektif penggunaan anchor text pada sebuah website, pengunjung website akan semakin betah. Semakin lama mereka menghabiskan waktu di website Anda, maka mesin pencari akan menganggap bahwa website Anda terpercaya.

Karena itu, sistem mesin pencari akan merekomendasikan website Anda kepada pengguna internet lain yang sedang mencari informasi yang sama. Dengan begitu, website Anda akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet, termasuk target pasar Anda. Karena itulah, jasa SEO di Bali seperti CV. Exito Bali akan memasukkan beberapa anchor text agar strategi SEO berjalan lebih maksimal.

Tips Memilih Anchor Text yang Tepat dan Efektif 

Sekarang, Anda tidak hanya memahami apa itu anchor text tapi juga pentingnya hal ini untuk website Anda. Selanjutnya, pahami juga beberapa tips untuk memilih anchor text yang tepat dan efektif.

Pastikan Anchor Text Relevan dengan Informasi Tambahannya

Salah satu kegagalan pemilik website dalam menentukan anchor text adalah menautkan informasi yang tidak relevan. Ingat! Anda sudah paham apa itu anchor text, bukan? Karena itu, pastikan Anda menautkan informasi yang relevan dengan anchor text. Jangan sampai kepercayaan pengunjung website apalagi target pasar Anda luntur hanya karena strategi click bait yang salah.

Pastikan Kalimat Dalam Anchor Text Natural 
BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Profesi Digital Marketing Specialist
Anda pun perlu memastikan bahwa kalimat yang didalamnya terdapat anchor text natural. Jangan terkesan dipaksakan atau bahkan dimasukkan secara asal-asalan. Jangan hanya karena Anda ingin memasukkan strategi SEO pada website, Anda justru mengorbankan kenyamanan target pasar.

Ingat! Semakin nyaman pengunjung website Anda, semakin besar peluang mereka untuk melakukan tindakan sesuai call to action yang Anda sematkan. Jika masih bingung, Anda bisa langsung menghubungi jasa SEO Bali, seperti CV. Exito Bali. Layanan ini tidak hanya membantu Anda memahami apa itu anchor text, tapi juga membantu mengaplikasikannya langsung pada website Anda.

Hindari Menggunakan Kata atau Frasa Yang Sudah Terlalu Umum 

Hanya karena ingin terdeteksi oleh mesin pencari, bukan berarti Anda harus mencantumkan kata atau frasa yang sudah terlalu umum pada anchor text. Justru, Anda harus lebih kreatif lagi menentukan kata atau frasa untuk anchor text. Misalnya, Anda bisa menggunakan sinonim atau persamaan kata, istilah sulit yang membuat orang tertarik, call to action, dan lain sebagainya.

Kata atau frasa yang sudah terlalu umum justru memiliki persaingan yang sudah sangat ketat. Selain itu, Anda sedang membuat website untuk manusia bukan untuk mesin, maka pikirkan kata atau frasa yang membuat mereka tertarik. Akan lebih baik lagi jika kata atau frasa tersebut tepat baik untuk mesin ataupun pengunjung Anda.

Variasikan Penggunaan Anchor Text 

Anchor text tidak hanya digunakan untuk media promosi atau marketing, walaupun Anda sudah tahu apa itu anchor text. Artinya, Anda tidak perlu selalu mengaitkan anchor text dengan promosi bisnis. Justru hal ini akan membuat pengunjung website merasa terganggu.

Ada baiknya, Anda variasikan penggunaan anchor text. Misalnya, ada beberapa anchor text yang mengarah pada promosi, informasi, penjelasan tambahan, atau informasi baru namun tetap relevan. Trik ini pun juga memudahkan mesin pencari untuk menganalisa website Anda untuk kemudian merekomendasikannya kepada pencari yang sesuai.

Pastikan Tautan Memberikan Informasi Mendalam 

Ketika pengunjung mengklik sebuah anchor text, umumnya mereka ingin mengetahui informasi tertentu lebih dalam lagi. Nah, karena itu pastikan tautan anchor text memberikan informasi mendalam kepada pengunjung. Contohnya, Anda menjual produk brem Bali. Beberapa orang mungkin belum paham apa itu brem Bali.

Nah, buat artikel khusus tentang brem Bali lalu tautkan dengan anchor text yang sesuai. Dengan begitu, mereka mendapatkan informasi mendalam tentang brem Bali. Besar kemungkinan mereka akan order oleh-oleh khas Bali yang satu ini setelah mendapatkan informasi yang cukup.

Intinya, tahu apa itu anchor text saja tidak cukup. Anda perlu memahami bagaimana cara yang tepat dan efektif untuk mengaplikasikan anchor text pada website bisnis. Dengan begitu, trik ini bisa membuahkan hasil sesuai dengan harapan bahkan melebihi ekspektasi Anda. Praktik penerapan anchor text pada website memang memerlukan waktu.

Hubungi saja SEO Agency Bali yang sudah berpengalaman dan terpercaya, seperti CV. Exito Bali. Tim mereka akan membantu Anda tidak hanya menentukan anchor text tapi juga memaksimalkan strategi SEO pada website bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?