Mengenal Onpage SEO Audit Dan Bagaimana Melakukannya

Mengembangkan situs web untuk bisnis ataupun kepentingan lain pun juga wajib melakukan SEO audit. Bagi seorang digital marketer di perusahaan seperti CV Exito Bali, audit SEO ini menjadi salah satu kunci utama untuk mengembangkan situs web agar berada di peringkat teratas.

Sejatinya, SEO audit ini terbagi menjadi dua yaitu Onpage SEO audit dan Offpage SEO audit. Mengapa banyak pengelola dan pengembang website di perusahaan digital marketing juga berfokus dalam hal ini? karena SEO audit digunakan sebagai langkah untuk mengoptimakan situs web.

Nah, agar kamu bisa mengetahui pentingnya melakukan onpage audit SEO ini, berikut penjelasan singkat apa itu onpage audit SEO.

Pengertian Onpage SEO Audit

Disebut juga dengan SEO on-site, SEO onpage adalah proses pengoptimalan halaman situs web beserta dengan kontennya dalam mesin pencarian. Sederhananya, SEO audit onpage ini merupakan evaluasi dari situs web yang dilihat dari aspek SEO nya.

Tugas utama audit SEO onpage ini tentu mengoptimalkan apapun pada website (pada halaman atau dikatakan secara internal). Mulai dari tag judul, kata kunci, URL, meta deskripsi, gambar dan lainnya yang berkaitan dengan internal situs web itu sendiri.

Bagi banyak perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali, tentu hal ini cukup familiar dilakukan untuk mengembangkan situs website terutama bagi yang menjalankan bisnis.

Mengapa Onpage SEO Audit Penting?

Elemen SEO pada situs web sangatlah penting karena mesin pencarian akan memeriksa apakah situs web tersebut sesuai dengan apa yang di cari dan maksud dari pencarian oleh pengguna. Dengan kata lain, mesin pencari akan memperhatikan elemen SEO pada situs web dan akan menyajikannya kepada pengguna serta memberikan peringkat pada situs web.

Karena algoritma mesin pencari yang berubah, maka melakukan audit SEO onpage sangat penting untuk pengoptimalan SEO dan memastikan bahwa mesin pencari merekomendasikan situs web yang kamu kelola. Seperti halnya CV Exito Bali yang juga menyediakan layanan audit SEO onpage untuk mengoptimalkan halaman situs web.

Bagaimana Cara Melakukan Onpage SEO Audit

Melakukan serangkaian praktik untuk optimasi halaman situs web memiliki strategi yang praktis dan efektif. Meningkatkan visibilitas secara online untuk menarik penugnjung lebih banyak dengan optimasi SEO onpage seperti halnya perusahaan digital marketing CV Exito Bali ketika melakukan audit Onpage SEO. Beberapa cara untuk optimasi tersebut antara lain :

  1. Memperbarui Konten Berkualitas

Pada akhirnya, konten akan dibaca oleh manusia, oleh karena itu buatlah konten yang berkualitas tidak hanya menarik dan menumpuk kata kunci. Selain itu, konten yang berkualitas tentu konten yang mengenali target, informasi yang bermanfaat, struktur jelas dan juga secara berkala perbarui konten.

  1. Cek Page Speed

Kecepatan loading situs web menjadi salah satu aspek yang tak kalah pentingnya dalam Onpage SEO audit. Pengguna yang mencari informasi akan cenderung menyukai situs yang memuat halaman dengan cepat.

Semakin lama di muat, semakin besar kemungkinan untuk ditinggalkan. Oleh karena itu, penting bagi kamu maupun para digital marketers seperti di CV Exito Bali melakukan pengecekan baik melalui berbagai perangkat untuk memastikan kecepatan situs webnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan pengoptimalan kode dan skrip, mengurangi redirect, memperbarui hosting dan server, pengoptimalan gambar, mengecek dan menghapus seluruh plugin yang tidak diperlukan juga akan membantu meningkatkan kecepatan situs web.

  1. Periksa Heading dan Subheading

Judul dan subjudul juga sangat penting dalam Onpage SEO audit. Judul dan subjudul ini digunakan untuk memperjelas konten yang di buat. Untuk optimasi SEO, pastikan baik judul dan subjudul memiliki keyword atau kata kunci.

Periksa judul dan subjudul dan pastikan juga tidak hanya terdapat kata kunci melainkan pula menarik untuk di baca sekilas. Mengapa? Karena banyak pengguna akan melakukan pemindaian secara cepat sebelum ‘klik’ situs web.

Oleh karena itu, paling tidak judul dan subjudul juga relevan dan di akhir subjudul pun buatlah kalimat yang menggugah rasa penasaran pengguna seperti jasa SEO CV Exito Bali lakukan.

  1. Cek Kesesuaian Gambar

Penambahan gambar dalam situs web menjadi strategi serta praktik Onpage SEO audit untuk peningkatan performa situs web di mesin pencarian. Melakukan audit pada gambar ini untuk memeriksa apakah gambar yang digunakan tersebut relevan dengan kontennya.

Tak sampai di situ, audit Onpage SEO untuk mengecek gambar ini pun juga harus dioptimasi. Seperti ukuran gambar, deskripsi gambar, kompresi gambar serta atribut title. Mengoptimalkan gambar juga mampu meningkatkan visibilitas konten di mesin pencarian.

Selain itu, yang paling penting adalah dapat meningkatkan pengalaman baik pengguna sehingga potensial untuk kembali ke situs, begitu pula perusahaan digital marketing CV Exito Bali lakukan.

  1. Periksa Alamat URL

Alamat URL menjadi salah satu indikator penting dalam Onpage SEO audit. Alamat URL yang sederhana dan juga singkat cenderung memiliki dampak yang sangat signifikan dalam mesin pencarian.

BACA JUGA: 7 Manfaat Pakai Website Development Services, Tidak Hanya Untuk Branding!

Mengapa? Alamat URL yang singkat dan jelas akan membantu keterbacaannya oleh mesin pencarian. Sehingga ketika pengguna mencari informasi, mesin pencarian akan mengindeks dan juga memahami konten dengan baik.

Pastikan bahwa alamat URL tersebut juga mengandung kata kunci untuk meningkatkan kesempatan situs web dapat ditampilkan di halaman pertama mesin pencarian. Memang cukup rumit, sehingga bagi kamu yang mengelola situs web, bekerja sama dengan perusahaan seperti CV Exito Bali menjadi pilihan bijak.

Manfaat Onpage SEO Audit

Mengelola situs website pun juga harus dilakukan optimasi agar dapat dipastikan bahwa situs yang dikelola terlihat di mesin pencarian. Lantas, apa saja manfaat melakukan audit SEO onpage ini?

  • Melakukan identifikasi masalah teknis situs website serta membuat perencanaan tindakan untuk mengatasinya
  • Meningkatkan kinerja serta kecepatan situs website
  • Mengidentifikasi keefektifan keyword pada konten dan permalink

Melakukan audit dengan praktik dan strategi yang cukup rumit ini pun juga harus dilakukan oleh seseorang yang ahli dibidangnya agar dipastikan bahwa situs web berjalan dengan baik. Bekerjasama dengan perusahaan seperti perusahaan digital marketing CV Exito Bali pun sangat solutif.

Lakukan Audit SEO Di Exito Bali

Mayoritas praktik Onpage SEO audit menggunakan tools yang cukup rumit dengan alat – alat yang komprehensif. Bagi kamu yang juga menjalankan bisnis, menggunakan layanan jasa di CV Exito Bali untuk membantu proses audit SEO ini tentu sangat membantu.

Tak hanya melakukan audit SEO onpage, namun juga audit SEO offpage. Bahkan di Exito Bali pun menawarkan layanan jasa terlengkap lain untuk membantu kamu mengembangkan bisnis dengan melakukan pemasaran secara online.

Diskusikan dan konsultasikan kebutuhan kamu dan pastikan situs website yang kamu kelola optimal sesuai dengan standar SEO dan dapat bertengger di peringkat pertama mesin pencarian sekarang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?