Mengenal Apa itu Web AMP, Fungsi, Cara Kerja, dan Alasan Kenapa Anda harus Menggunakannya!

Pastinya banyak dari Anda yang merasa kesal, ketika ingin membuka sebuah website di perangkat mobile, tapi proses membukanya terbilang cukup lama. Itu juga yang pastinya dirasakan oleh para pengunjung website Anda, ketika proses buka website terbilang lama, terlebih lagi proses loadingnya lebih dari 3 detik. Namun pada tahun 2016 silam, Google berhasil mengeluarkan teknologi terbarunya, sebagai solusi untuk mengatasi loading web yang lama, yaitu AMP. Sebenarnya apa itu web AMP, apa fungsi dari AMP tersebut, lalu apakah ada hubunganya penggunaan AMP pada website dengan SEO, seperti yang ditawarkan oleh jasa SEO Bali, CV. Exito Bali. Ulasan berikut akan membahasnya untuk Anda.

  1. Mengenal apa itu web AMP

Sebelum Anda memesan penggunaan AMP pada jasa SEO, seperti CV. Exito Bali, ada baiknya jika Anda mengenal apa itu web AMP. Tidak lain adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, ini adalah salah satu teknologi terbaru yang berhasil diciptakan oleh Google, untuk membuat sebuah halaman website jadi lebih cepat terbuka, terutama di perangkat mobile. AMP ini secara tidak langsung mampu membangun performa pada seluler jadi lebih cepat, dengan cara menyederhanakan HTML serta mengikuti aturan CSS yang juga lebih disederhanakan. Tapi yang menjadi masalah, tidak semua halaman website bisa menggunakan teknologi AMP tersebut. Dalam hal ini web AMP tersebut hanya dapat digunakan, pada laman website yang isinya berupa konten statis, seperti berita atau artikel saja. Selain itu salah satu ciri ketika sebuah website menggunakan AMP, yaitu munculnya tanda petir pada hasil pencarian, di perangkat mobile.
Baca Juga: 7 Hal Penting Yang Harus Diterapkan Dalam Pemasaran, Serahkan Pada Perusahaan Digital Marketing!

  1. Fungsi dari web AMP

Apabila Anda mengunjungi jasa SEO di Bali seperti CV. Exito Bali, ada baiknya jika Anda menggunakan AMP pada website yang akan dibuat. Seperti yang dijelaskan di atas, fungsi dari web AMP ini tidak lain untuk membuat akses menuju web jadi lebih ringan, hasilnya proses membuka website jadi jauh lebih cepat. Sebuah koneksi dikategorikan lambat, ketika terjadi request time out pada jangka waktu yang sudah ditentukan, hasilnya konten yang Anda buat, tidak muncul atau bahkan error. Tapi ketika Anda menggunakan AMP, proses akses website jadi jauh lebih pendek dan juga cepat, hasilnya website Anda tidak akan terkena time out pada koneksi yang dipergunakan. Yang menarik, AMP ini juga secara tidak langsung mampu meningkatkan ranking di mesin pencari.  

  1. Cara Kerja web AMP

Cara kerja ini yang pastinya dimanfaatkan dengan baik oleh pihak jasa SEO, sebagaimana yang juga ditawarkan oleh CV. Exito Bali, untuk memaksimalkan penampilan, dan performa website. Dimana cara kerja dari AMP ini adalah dengan mengkonversi konten yang dibuat ke dalam kode HTML. Hasilnya konten website jadi terlihat lebih ringan untuk diakses, karena penampilannya mirip seperti website statis. Nantinya konten statis tersebut akan disimpan oleh Google kedalam bentuk cache. Jadi ketika audiens atau visitor mencari konten tersebut, maka proses atau responnya jadi lebih cepat. Hasilnya dengan topologi tersebut, akses menggunakan mobile device juga jadi lebih cepat. Alasannya karena, pihak mesin pencari akan menayangkan hasil cache dari sisi Google AMP cache. Tentunya akses menuju laman yang telah dioptimasi tersebut jadi lebih ringan.

  1. Komponen utama dalam web AMP

Untuk membuat sebuah halaman AMP, terdapat 3 komponen utama yang akan digunakan oleh pihak jasa SEO di Bali seperti halnya CV. Exito Bali, antara lain AMP HTML, AMP JavaScript, dan terakhir adalah AMP cache. Nantinya ketiga komponen tersebut, akan berkolaborasi guna mengoptimasi halaman website agar lebih cepat dibuka, pada perangkat mobile. Selain itu, ketiga komponen tersebut, juga akan menonaktifkan beberapa elemen website yang dapat membuat proses loading time sebuah halaman jadi lebih lambat. Misalnya saja push notification, animasi, termasuk plugin. Ada juga langkah tambahan yang akan digunakan untuk mempercepat website secara otomatis, seperti mengkompres sandboxing, inline CSS dan yang lainnya.

  1. Apakah AMP berpengaruh terhadap SEO?

Lalu yang menjadi pertanyaan apakah AMP ini berpengaruh terhadap SEO? Bisa dibilang penggunaan AMP ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap SEO. Ini pula yang menjadi salah satu fitur penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan menggunakan CV. Exito Bali sebagai jasa SEO Bali. Dimana seperti yang dibahas diatas, manfaat utama dari AMP ini adalah untuk membuat kecepatan website jadi meningkat. Sejak tahun 2013 silam, Google sudah mengupdate sebuah Algoritma, untuk menentukan ranking website berdasarkan kecepatan akses atau load time. Ketika akses ke website Anda jauh lebih cepat, membuat pihak mesin pencari akan meningkatkan posisi website Anda, ke posisi yang paling bagus.

  1. Kelebihan web AMP

Menggunakan teknologi AMP, pada website yang sedang dibuat, tentu saja akan memberikan kelebihan tersendiri pada website Anda. Kelebihan ini juga yang secara tidak langsung akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa SEO Agency Bali yang baik, seperti misalnya CV. Exito Bali.

  • Gratis, Pada dasarnya Google AMP ini dapat digunakan oleh siapa saja, dan tanpa mengeluarkan biaya apapun.
  • Mobile Friendly, pastinya AMP ini akan membuat proses buka website Anda di perangkat mobile jadi lebih cepat,  bahkan ketika akses internet lambat sekalipun.
  • Membantu meningkatkan SEO, seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika proses loading akses website lebih cepat, membuat SEO pada website jadi lebih baik.
  • Meningkatkan user Experience, pastinya pengunjung merasa puas, ketika berhasil menemukan apa yang mereka cari.
  1. Kekurangan web AMP

Selain kelebihan ada juga kekurangan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan AMP tersebut. Tapi kekurangan tersebut, nantinya akan diatasi dengan baik, ketika Anda bekerja sama dengan jasa SEO yang terpercaya seperti CV. Exito Bali, adapun kekurangan yang dimaksud, antara lain :

  • Penampilan yang minimalis, lantaran Google AMP menonaktifkan beberapa elemen yang dapat memperlambat website, membuat penampilan kontem terlihat minimalis.
  • Banyaknya plugin dan widget yang tidak bekerja di AMP, alasannya karena plugin dan juga widget mampu memperlambat proses waktu loading, membuat AMP Google menonaktifkan fitur tersebut.
  1. Alasan kenapa Anda sebaiknya menggunakan web AMP

Pada dasarnya AMP ini adalah sebuah kerangka kerja yang dapat memuat halaman dalam kurun waktu hanya 1,6 detik saja, pada koneksi 3G, dibandingkan halaman bukan AMP, yang justru memuat halaman lebih lama, yaitu sekitar 7,1 detik. Selain itu, halaman AMP ini mampu mengkonversi 3% lebih banyak, dan membuat pengguna mampu menghasilkan waktu 2,5 kali lebih banyak di website tersebut. Yang paling penting, AMP ini mampu meningkatkan user experience para pengguna mobile. Hasilnya website Anda jadi lebih nyaman digunakan, dan traffic rate pada website pun jadi lebih meningkat. Ini akan jadi salah satu keuntungan menarik, yang diberikan oleh CV. Exito Bali, selaku jasa SEO profesional di bidangnya.

Jadi apa itu web AMP, bagaimana fungsinya pada website Anda, dan apakah teknologi tersebut berguna untuk Anda atau tidak. Jawaban tentu saja berguna dan sangat menguntungkan. Apalagi ketika Anda bekerja sama dengan jasa SEO yang profesional seperti CV. Exito Bali, hadirnya layanan tersebut, akan membantu meningkatkan kualitas traffic pada website Anda jadi jauh lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?