Kiat Mudah Belajar Facebook Ads Untuk Pebisnis Pemula

Belajar Facebook Ads adalah hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis pemula. Sebab, model periklanan digital ini dapat membantu mereka dalam mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Publikasi iklan yang dilakukan menggunakan Facebook Ads tidak menyasar semua pengguna akun Facebook. Para pebisnis bisa menargetkan pengguna Facebook yang potensial berdasarkan beberapa kriteria. Mulai dari atribut demografi, lokasi geografis, serta minat dan perilakunya. Ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang spesifik dan relevan, membangun brand awareness hingga pada akhirnya bisa meningkatkan peluang penjualan. Untuk melakukan optimasi pada layanan iklan berbayar ini, banyak pebisnis yang menggunakan jasa Facebook Ads profesional seperti Exito Bali.
Baca Juga: Pentingnya Memilih Jasa Pembuatan Web Di Bali Yang Ahli SEO Terbaru
Terdapat beberapa jenis iklan Facebook yang bisa digunakan. Jenis-jenis iklan tersebut harus dipahami oleh para pebisnis pemula yang sedang belajar Facebook Ads. Sebagai informasi, Exito Bali akan membagikan penjelasan singkat mengenai beberapa jenis iklan Facebook Ads yang paling efektif. Berikut ulasannya.

  • Feed Ads: iklan ditampilkan pada beranda pengguna Facebook
  • In-stream Ads: iklan berdurasi pendek ditampilkan di bagian tengah video yang sedang ditonton pengguna.
  • Carousel Ads: iklan ditampilkan dalam beberapa bentuk gambar dan video
  • Right Column Ads: iklan ditampilkan di bagian kanan halaman Facebook versi desktop
  • Stories Ads: iklan ditampilkan di fitur cerita pengguna Facebook
  • Network Native Ads: iklan ditampilkan di luar akun sosial media Facebook, misalnya pada website maupun aplikasi.

Selain mempertimbangkan jumlah pengguna media sosial Facebook yang sangat tinggi. Facebook Ads memiliki berbagai macam jenis iklan yang berpotensi mendapatkan interaksi dari target audiens. Bahkan pengaplikasian iklan Facebook dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan promosi bisnis menggunakan cara tradisional. Misalnya dengan melakukan promosi menggunakan media surat kabar dan televisi. Oleh karena itu, sangat penting belajar Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis di era digital. Jadi, setelah mengetahui apa itu Facebook Ads dan jenis-jenisnya. Kini saatnya Exito Bali membahas kiat-kiat mudah dalam mempelajari Facebook Ads. Utamanya bagi Anda yang merupakan seorang pebisnis pemula. Lalu, apa saja kiat-kiatnya? Simak uraian lengkapnya di bawah ini

Menentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Kiat mudah belajar Facebook Ads yang pertama adalah menentukan tujuan pembuatan iklan. Saat mendaftar Facebook Ads, Anda harus memasukkan tujuan iklan berdasarkan kategori yang tersedia. Kategori tujuan ikan tersebut meliputi Kesadaran, Pertimbangan, serta Konversi dengan sub kategori yang lebih spesifik. Apakah Anda ingin meningkatkan interaksi atau jumlah kunjungan pada website bisnis? Atau ingin mendapatkan target audiens dalam jangkauan yang luas? Exito Bali menyarankan Anda untuk membuat iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jangan sampai Anda salah dalam mendefinisikan tujuan bisnis. Hal ini bisa berdampak pada efektivitas iklan yang dibuat. Anda tentu tidak ingin mengeluarkan uang untuk hasil yang tidak optimal bukan?

Menentukan Target Konsumen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Facebook Ads dapat mempromosikan produk bisnis Anda kepada target konsumen spesifik. Untuk itu, tentukanlah target konsumen Anda dengan rincian yang jelas Kiat mudah belajar Facebook Ads ini bisa Anda lakukan dengan melakukan riset mendalam terhadap orang-orang yang terkait dengan produk bisnis. Misalnya, Anda menjual alat-alat olahraga yang berlokasi di kota Jakarta. Anda bisa menargetkan audiens wanita maupun pria berusia 20 sampai 50 tahun di Jakarta yang memiliki interest dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa jasa Facebook Ads yang kompeten, termasuk Exito Bali biasanya menggunakan tools untuk mempermudah dalam menentukan target konsumen. Yaitu dengan menggunakan Persona Research, Facebook Pixel dan Google Analytics.

Memilih Format Iklan Facebook Yang Tepat

Facebook Ads memiliki empat format iklan yang bisa Anda gunakan. Jadi saat belajar Facebook Ads, Anda harus bisa memilih jenis format iklan yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembuatan iklan. Empat format iklan Facebook Ads yang tersedia diantaranya iklan gambar tunggal, iklan video tunggal, iklan slide, dan iklan carousel. Iklan gambar tunggal bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Sedangkan iklan video tunggal sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Sementara iklan slide dan iklan carousel sangat cocok untuk semua tujuan pembuatan iklan. Baik itu iklan berupa gambar maupun video. Karena ukuran setiap format iklan Facebook Ads berbeda-beda, Jasa SEO Exito Bali menganjurkan Anda untuk menyesuaikan ukurannya agar tidak berdampak pada waktu loading.

Membuat Konten Iklan Yang Eye-Catching

Kiat mudah belajar Facebook Ads dari Exito Bali yang berikutnya adalah membuat konten iklan yang eye-catching. Konten iklan sangat berpengaruh terhadap jumlah like, komentar, share serta peluang pembelian produk oleh audiens. Untuk membuat konten iklan yang menarik, gunakanlah konten iklan berbentuk visual. Konten iklan visual bisa dikreasikan dengan penggunaan gambar serta warna yang memikat perhatian audiens. Konten iklan visual juga lebih disukai audiens daripada konten iklan yang menggunakan teks. Selain itu, buatlah deskripsi iklan yang singkat dan jelas agar mudah dipahami oleh audiens. Hindari penggunaan kalimat berbelit-belit yang bisa membuat audiens merasa bingung terhadap produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Memanfaatkan Fitur Facebook Ads Dengan Optimal.

Dalam praktek belajar Facebook Ads, Anda harus memanfaatkan fitur periklanan yang ada dengan optimal. Menurut Exito Bali, pemanfaatan fitur Facebook Ads bisa memaksimalkan upaya Anda dalam memasarkan produk bisnis. Sejumlah fitur Facebook Ads yang bisa Anda gunakan yaitu custom audience, conversion tracking, retargeting, dan lookalike audience. Keempat fitur periklanan yang tersedia pada Facebook Ads ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui siapa saja yang pernah mengunjungi website, aktivitas apa yang mereka lakukan pada iklan Anda, dan berapa banyak orang telah membeli produk Anda. Fitur Lookalike Audience bahkan bisa digunakan untuk mengkategorikan target audiens bisnis Anda secara otomatis. Ini tentu sangat berguna dalam menghemat lebih banyak waktu Anda.

Melakukan Konversi Iklan Dengan Baik

Kiat mudah belajar Facebook Ads yang terakhir adalah melakukan konversi iklan dengan baik. Artinya, Anda harus memikirkan bagaimana cara terbaik untuk membuat audiens yang telah mengenal produk bisnis Anda merasa tertarik untuk membelinya. Karena, meskipun banyak audiens yang mengetahui bisnis Anda, tidak akan ada peningkatan penjualan jika mereka tidak melakukan pembelian produk. Jangan hanya fokus pada pemasaran digital, SEO Agency Bali yang berpengalaman, Exito Bali merekomendasikan Anda untuk mengaplikasikan sistem operasional secara luring atau offline. Dengan membuat iklan Facebook Ads yang menarik serta didukung oleh sistem operasional secara offline, bisnis Anda tentu akan semakin berkembang dan menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Itulah beberapa kiat mudah belajar Facebook Ads untuk pebisnis pemula. Apabila Anda masih kesulitan dalam membuat Facebook Ads sendiri, pertimbangkan untuk menggunakan jasa iklan Facebook Ads yang terpercaya seperti Exito Bali. Bekerja sama dengan kami memungkinkan Anda untuk meningkatkan profit penjualan dan brand awareness bisnis melalui iklan Facebook Ads. Anda juga bisa mendapatkan calon konsumen yang ideal dan relevan dengan penawaran produk bisnis. Tidak hanya sampai disitu, kami memiliki tim SEO profesional yang ahli dalam melakukan riset target konsumen, mengidentifikasi bisnis serta membuat berbagai jenis konten website yang menarik. Berminat untuk bekerja sama? Silakan hubungi nomor kontak yang tersedia di situs resmi kami.
Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Website Bisnis Ala SEO Agency Bali Profesional

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?