Ketahui Perbedaan Copywriting Dan Content writing

Keahlian menulis seseorang saat ini memang cukup menjanjikan. Menulis tidak hanya sebatas mencoretkan tinta di atas kertas, di era digital saat ini menulis benar – benar cukup bisa diperhitungkan untuk prospek karier.

Dalam pemasaran digital marketing, tentu kita sering mendengar istilah copywriting dan juga content writing. Sekilas nampak sama namun ternyata terdapat perbedaan copywriting dan content writing. Walaupun keduanya sama – sama tentang menulis.

Profesi sebagai copywriting maupun content writing pun juga selalu dibutuhkan di perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali. Lantas, bedanya apa sih dari kedua profesi ini? dalam hal apa yang membuat keduanya berbeda? yuk mari kita bahas perbedaannya.

Perbedaan Copywriting dan Content writing

Sekilas nampak sama namun kedua profesi ini memiliki tugas yang berbeda, namun tetap sama – sama harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Copywriting adalah profesi yang bertanggungjawab untuk membuat tulisan yang persuasif. Dalam kata lain memotivasi orang untuk mengambil tindakan dan biasanya copywriting ini dikhususkan untuk membuat tulisan komersial, iklan atau branding produk dari suatu perusahaan. Sederhananya, copywriting akan membuat tulisan yang sesuai dengan target penjualan. Isi kontennya pun sangat to the point untuk menjual suatu produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Keahlian ini pun juga banyak dicari di perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali.

Sedangkan untuk content writing adalah profesi yang berfokus menulis konten dan menghasilkan konten yang menarik, fresh dan juga berkualitas. Singkatnya, content writing memiliki tujuan untuk meningkatkan engagement pada konten tulisan yang dibuat, sehingga konten – konten yang dibuat pun akan memiliki topik yang lebih umum. Content writing juga tak jauh dari riset perkembangan tren di sosial media, algoritma mesin pencari serta pengoptimalan Search Engine Optimization (SEO). Jadi sudah jelas, perbedaan antara copywriting dan content writing ada pada tugasnya. Jika copywriting fokus untuk target penjualan, sedangkan content writing untuk peningkatan engagement pembaca. Kedua profesi ini pun bisa ditemukan di CV Exito Bali.

Alasan Mengapa Profesi Copywriting dan Content writing Dibutuhkan
Baca Juga: Masih Menunda Memiliki Website? 7 Alasan Ini Membuat Anda Lebih Yakin Segera Memiliki Sebuah Website Bisnis
Pasti kita tidak begitu terpikirkan jika kedua profesi ini banyak dibutuhkan tidak hanya perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali yang jelas – jelas membutuhkan tim untuk kebutuhan pemasaran online. Namun, perusahaan apapun juga membutuhkan kedua profesi ini sebagai salah satu keperluan pemasaran bisnis. Memang tidak semua perusahaan memiliki tim sendiri untuk ini. Namun, banyak sekali perusahaan digital marketing yang saat ini membutuhkan banyak penulis yang handal untuk dua kebutuhan copywriting dan content writing. Karena perbedaan copywriting dan content writing dalam hal tugas dan konten tulisan inilah yang sampai saat ini masih dibutuhkan.

  • Perannya Yang Penting

Walaupun perbedaan copywriting dan content writing cukup mencolok, namun keduanya sama – sama memiliki peran yang penting apalagi dalam kemajuan bisnis. Mengapa? Karena kedua profesi ini yang akan mengomunikasikan pesan dalam tulisan yang menarik.

Jika copywriting akan fokus pada penulisan iklan yang akan memberikan efek tindakan dari audiens, sedangkan content writing akan memberikan traffic organic untuk website dari penulisan konten. Keduanya sama – sama memberikan dampak yang baik untuk perusahaan.

Bahkan banyak pemilik bisnis yang memilih untuk bekerja sama pada penyedia jasa copywriting maupun content writing seperti CV Exito Bali untuk memercayakan penulisan agar dapat membangun image positif perusahaan.

  • Merepresentasikan Brand

Walaupun perbedaan copywriting dan content writing jelas dalam tujuan, namun keduanya dapat merepresentasikan brand. Website yang memiliki konten up to date pasti akan bertengger di peringkat teratas mesin pencarian. Tentu hal ini dapat mendatangkan audiens baru serta meningkatkan rate di halaman website perusahaan. Hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas website.

Selain itu, sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk dan bahkan dapat mendatangkan audiens baru yang berpotensi untuk menjadi pelanggan. Itulah sebabnya banyak perusahaan atau pemilik usaha yang cukup serius dengan hal ini dan memilih mempercayakan pada perusahaan penyedia layanan jasa seperti CV Exito Bali untuk konten mereka.

Platform Penulisan Copywriting dan Content writing

Apakah perbedaan copywriting dan content writing juga terdapat pada medianya? Ya. Walaupun bisa saja keduanya menggunakan media yang sama namun tentu tujuan yang akan dicapai tidak akan maksimal. Untuk mengoptimalkan tujuannya, media yang digunakan untuk publikasi copywriting akan lebih cocok pada Sosial Media Ads, Youtube Ads, Banner, ataupun sosial media lainnya.

Sedangkan untuk content writing lebih menggunakan website ataupun blog perusahaan. Karena hasil tulisan serta gaya penulisan yang berbeda inilah yang membuat keduanya memiliki media yang berbeda. Jika kamu menggunakan penyedia layanan jasa seperti CV Exito Bali, kamu tidak perlu banyak memikirkan hal ini.

Content writing VS Copywriting, Mana Yang Lebih Cocok?

Setelah mengetahui perbedaan copywriting dan content writing, tentu kamu sudah bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk kepentingan kamu. Jika kamu seorang blogger, tentu kamu membutuhkan engagement dan traffic organic untuk website yang kamu kelola sendiri secara perorangan. Namun jika kamu seorang pemilik usaha baru dan memang sedang berfokus untuk meningkatkan brand awareness kamu bisa memilih layanan copywriting dari penyedia layanan jasa di CV Exito Bali misalnya. Tapi jika kamu memiliki bisnis skala cukup besar, kamu bisa menggunakan keduanya karena baik copywriting ataupun content writing memiliki tujuan dan efek yang juga berbeda.

Atau jika ingin memilih karier sebagai penulis dan mengembangkan kemampuan menulis karena prospek kerja yang cukup menjanjikan, alangkah lebih baiknya kamu juga bisa dan mampu untuk keduanya. Mengapa? Karena walaupun memiliki perbedaan copywriting dan content writing tetapi keduanya sama – sama dibutuhkan. Kamu bisa menjadi seorang freelancer dengan membuka website pribadi kamu sendiri dan membuat portofolio untuk menarik banyak klien dengan kemampuan menulis dan gaya penulisan khas yang kamu miliki untuk menarik klien agar bekerja sama dengan kamu atau kamu bisa bergabung dengan penyedia layanan jasa atau perusahaan digital marketing yang juga menyediakan layanan jasa SEO maupun copywriting seperti CV Exito Bali.

Penuhi Kebutuhan Copywriting dan Content writing Disini

Nah, informasi tadi cukup memberikan gambaran perbedaan copywriting dan content writing. Jika kamu seorang pemilik usaha yang membutuhkan layanan jasa copywriting dan content writing, kamu bisa menemukan dan mewujudkannya di CV Exito Bali.

Tak hanya menyediakan layanan promosi bisnis dengan gaya konten penulisan yang unik dan menarik banyak pelanggan. Layanan jasa lain yang disediakan untuk kembangkan bisnis kamu juga sangat lengkap dan bahkan menjadi salah satu perusahaan digital marketing dengan layanan terlengkap di seluruh Bali. Kamu bisa berkonsultasi kebutuhan digital marketing kamu dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Yuk konsultasikan sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?