Ini Dia Rahasia Cara Meningkatkan CTR

Bagi kamu yang sudah merambah ke pemasaran digital maupun bekerja di perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah CTR. Dengan terus berkembangnya dunia digital, penggunaan situs pencarian tentu masih akan terus digunakan. CTR sendiri (Click Through Rate) merupakan cara yang digunakan untuk analisis rasio jumlah pengunjung yang melihat dan mengakses iklan di halaman website. Biasanya, klik ini akan bersumber dari pencarian organik (seperti Google). Semakin tinggi persentase CTR kamu maka semakin baik pula iklan yang nanti akan didapatkan, begitupun sebaliknya. Sehingga sangat disarankan bagi kamu untuk tahu bagaimana rahasia dan cara meningkatkan CTR.

Seberapa Penting CTR?

Lantas, apakah penting bagi kita untuk mengetahui cara meningkatkan CTR dan seberapa berpengaruhnya CTR tersebut? jawabannya tentu cukup penting apalagi bagi para digital marketer seperti tim CV Exito Bali. Mengapa demikian? Karena CTR ini akan jadi patokan penilaian kinerja dan juga relevansi iklan.

Jika presentasi CTR tinggi menunjukkan bahwa iklan yang ditampilkan menarik dan sesuai dengan kebutuhan audiens. Sebaliknya, jika CTR rendah hal itu menunjukkan bahwa iklan bisa jadi kurang menarik atau bahkan tidak relevan sama sekali dengan kebutuhan audiens. Memang bukan jadi patokan kesuksesan dan jaminan bahwa promosi kamu sukses dilakukan namun kamu dapat menganalisis bounce-ratenya.

Cara Meningkatkan CTR

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan CTR lebih rendah atau mengalami penurunan. Tidak selalu soal konten yang tidak berkualitas, bisa jadi karena teknik copywriting yang kurang ‘menjual’ atau bahkan penempatan iklan yang sembarangan.

Nah, untuk meningkatkan CTR seperti halnya para digital marketer di CV Exito Bali lakukan, berikut informasinya untukmu.

  1. Pahami Audiens

Sering kali kita hanya membuat konten tanpa tahu apa yang audiens butuhkan. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mencari dan riset keyword dan topik sebelum membuat konten. Karena jika tidak dilakukan tentu tidak akan ada yang ‘klik’ karena konten yang kamu buat tidak dibutuhkan.

  1. Buat Judul Konten Mengandung Keyword

Pastikan saat membuat konten, buatlah judul konten yang juga sesuai atau mengandung kata kunci (keyword). Mengapa hal ini perlu diperhatikan dan jadi salah satu cara meningkatkan CTR? Karena akan memudahkan mesin pencarian untuk memprioritaskan situs yang sesuai.

Selain itu, banyak pengunjung yang hanya membaca judulnya tanpa membaca secara keseluruhan isi kontennya. Jika sudah begini, tentu kamu sudah mengetahui betapa judul juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan CTR bukan?

Seperti halnya perusahaan digital marketing CV Exito Bali, optimasi judul dengan memberikan kata kunci atau keyword ini juga menjadi salah satu trik yang efektif untuk meningkatkan CTR.

  1. Optimasi Meta Deskripsi

Tidak hanya sebatas konten dan juga judul saja yang wajib diperhatikan, bahkan sampai pada meta deskripsi atau meta description. Meta deskripsi merupakan ringkasan singkat konten yang akan ditampilkan pada halaman website.
Baca Juga: 7 Hal Penting Yang Harus Diterapkan Dalam Pemasaran, Serahkan Pada Perusahaan Digital Marketing!
Meta deskripsi yang baik memiliki kurang lebih 150 kata dan terdiri dari kata kuncinya. Salah satu trik dan cara meningkatkan CTR organik. Menariknya lagi akan memudahkan mesin pencarian dalam mengategorikan situs berdasarkan pada kata kunci yang banyak dicari oleh audiens.

Oleh karena itu, banyak perusahaan digital marketing dan jasa SEO seperti CV Exito Bali yang mengoptimalkan Judul serta Meta Deskripsi untuk meningkatkan CTR klien mereka.

  1. Buatlah Konten Yang Berkualitas

Sekali-kali jangan pernah kecewakan audiens kamu dengan konten yang tidak berkualitas. Apalagi hanya meletakkan kata kunci sembarangan dan tidak memperhatikan ‘proof reading’. Apalagi click bait atau alamat URL sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi konten.

Hal ini akan memungkinkan sekali audiens hanya klik tanpa membaca kontenmu. Oleh karena itu, cara meningkatkan CTR seperti halnya para digital marketer di perusahaan digital marketing CV Exito Bali misalnya buatlah kontan yang berkualitas, menarik dan yang terpenting cocokan URL dengan isi konten.

Hal ini selain untuk meningkatkan CTR tentu akan menghindari dan meminimalisasi resiko tingginya kasus bounce rate.

Berapa Presentasi CTR yang Baik?

Memang CTR bukan jaminan promosi bisa menjadi lebih sukses namun setidaknya jika audiens betah mengunjungi websitemu makan tentu saja rating website akan tinggi di mesin pencarian. Pada intinya, cara meningkatkan CTR memang mengoptimalkan konten, namun berapa sebenarnya presentasi CTR yang bisa dianggap baik dan sukses?

Seorang digital marketing seperti di perusahaan CV Exito Bali maupun di perusahaan digital marketing lain pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun setidaknya, jika angka presentasi CTR sudah menyentuh dan memenuhi 2% maka bisa dikatakan CTR kamu berhasil. Tapi tetap saja ini tidak bisa jadi patokan karena tergantung bisnis yang dijalankan.

Bagaimana Cara Menghitung CTR?

Mengetahui cara meningkatkan CTR merupakan hal yang wajib diketahui bagi seorang digital marketer seperti di perusahaan digital marketing CV Exito Bali maupun pemilik website karena CTR mendominasi pendapatan klik di mesin pencarian.

Lantas bagaimana cara menghitungnya agar kita tahu patokan bahwa persentase CTR kita cukup baik? Yaitu dengan menggunakan rumus berikut :

Impression : Click

Impression : jumlah iklan yang ditayangkan

Click : jumlah iklan yang di klik pengunjung

Sederhananya, jika kamu memasang iklan dan mendapat jumlah penayangan sebanyak 1.000 kali. Tetapi jumlah pengunjung yang melihat iklanmu ternyata hanya 100 orang. maka CTR nya adalah 10%.

Faktor Penyebab CTR Rendah

Sudah mengetahui cara meningkatkan CTR pun juga harus tahu apa penyebab presentasi CTR rendah. Beberapa penyebab CTR rendah ini diantaranya adalah berikut :

  • Headline Kurang Menarik

Hal yang banyak dihindari oleh seorang digital marketers seperti pada perusahaan CV Exito Bali adalah Headline yang tidak menarik. Mengapa? Karena besar kemungkinan akan diabaikan audiens.

  • Pemilihan Audiens yang Salah

Bayangkan saja jika kamu menjual produk untuk anak-anak namun kamu malah menampilkan pada pengguna remaja atau dewasa. Besar kemungkinan bahwa CTR kamu akan turun drastis. Jadi pastikan bahwa kamu paham dan memilih target audiens kamu agar tepat sasaran.

  • Pengaturan Iklan Sembarangan

Iklan yang ditempatkan sembarangan menyebabkan CTR menjadi rendah. Tidak sampai disitu saja, bahkan terlalu banyak teks atau gambar iklan yang terlalu sedikit juga menjadi penyebab CTR menjadi rendah. Sebisa mungkin hindari hal seperti ini agar tidak merugikanmu.

Cara meningkatkan CTR memang cukup rumit, namun saat ini kamu bisa menggunakan layanan jasa di perusahaan digital marketing CV Exito Bali untuk membantu menaikkan rating websitemu. Dengan pengoptimalan konten yang berstandar SEO tentu akan membantumu meningkatkan presentasi CTR-mu.

Menariknya, kamu bahkan bisa berkonsultasi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Segera diskusikan dan konsultasikan kebutuhanmu sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?