Ini Cara Kerja FB Ads yang Perlu Anda Ketahui 

Menggunakan sosial media seperti Facebook, sebagai media iklan atau kampanye produk atau bahkan jasa yang Anda miliki, kenapa tidak ! Seperti diketahui bersama, saat ini para pengguna Facebook sangat banyak. Pastinya ini akan jadi peluang manis, untuk memperkenalkan produk atau jasa yang Anda miliki pada para pengguna Facebook. Menariknya Anda tidak perlu membuat iklan Facebook sendiri, Anda dapat menyerahkan pembuatan iklan tersebut pada ahlinya, seperti CV. Exito Bali sebagai SEO Agency yang berpengalaman di bidangnya. Tapi sebelumnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja FB Ads tersebut, agar tidak salah langkah, dan tahu bagaimana harus mengaturnya, agar hasilnya optimal.

  1. Menentukan objektivitas iklan

Langkah atau cara kerja fb ads yang pertama, yaitu Anda harus menentukan objektivitas dari iklan yang dibuat, secara spesifik.  Dalam hal ini CV. Exito Bali sebagai jasa SEO profesional, akan membantu Anda memilih salah satu dari beberapa objektivitas Ads yang ada pada Facebook, seperti :

  • Awareness, yaitu mempopulerkan sebuah brand atau produk yang pas untuk bisnis baru.
  • Traffic, ini adalah fitur yang membantu mendatangkan para pengunjung ke lapak marketplace, toko online, website, atau juga destinasi lainnya.
  • Engagement, yaitu membangun keterikatan dengan pihak konsumen.
  • Leads, ini adalah fitur yang akan membantu Anda mengumpulkan prospek pada brand, melalui pesan teks, pendaftaran, pesan suara atau yang lainnya.
  • App promotion, tujuannya untuk mengarahkan para pengguna mobile, agar menginstal atau juga melakukan sesuatu pada aplikasi tertentu.
  • Sales, tujuannya untuk meningkatkan angka penjualan dengan menargetkan para penggunanya, secara optimal.

Langkah pertama ini penting untuk diperhatikan, karena akan mempengaruhi langkah langkah berikutnya. Anda harus bijak dan pintar dalam memilih, agar kelak iklan yang dibuat membuahkan hasil.
BACA JUGA: Pentingnya Menggunakan Jasa Pembuatan Website Bali Bagi Pemilik Usaha

  1. Penempatan iklan

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu tentang penempatan iklan, atau dimana Anda akan menyimpan iklan tersebut. Anda harus bijak dan pandai dalam memilih posisi iklan. Di jasa SEO di Bali, misalnya saja  CV. Exito Bali, Anda akan dibantu untuk menentukan posisi atau lokasi iklan tersebut akan diletakkan. Adapun berbagai lokasi yan dimaksud, antara lain :

  • Marketplace,
  • Kabar beranda
  • Kabar video
  • Kolom bagian kanan
  • Stories
  • Kolom pencarian
  • Video streaming
  • Pesan
  • Aplikasi eksternal
  • Artikel instan

Kali ini, Anda harus memperhatikan space atau ukuran dimensi iklan yang akan digunakan. Ukuran yang ditawarkan pun cukup bervariasi, Anda harus memilih secara teliti, dan sesuaikan dengan target pasar atau juga sesuai dengan kebutuhan pemasaran itu sendiri.

  1. Menentukan format media

Tentukan juga format media yang akan Anda gunakan untuk beriklan. Dalam hal ini, Facebook, menyediakan 8 format media yang dapat Anda gunakan untuk beriklan. Selain menggunakan model teks, berikut adalah format lain yang dimaksud :

  • Foto
  • Stories
  • Video
  • Pesan Messenger
  • Carousel
  • Slideshow
  • Playables
  • Koleksi

Masing masing format media mempunyai keunggulan yang berbeda beda, jika Anda yang bingung memilih format yang tepat, tidak ada salahnya jika berkonsultasi dengan jasa SEO, salah satunya CV. Exito Bali.

  1. Tentukan target audiens

Satu hal yang penting, untuk memperoleh hasil iklan secara optimal, yaitu menentukan target iklan sejak awal. Sebelum Anda membuat iklan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah target pasar. Tujuannya agar iklan yang dibuat kelak, sesuai dengan kebutuhan dan karakter target pasar. Secara garis besar, target audiens atau target pasar yang ada pada FB Ads ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Core audiences, target audiens akan berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan yang lainnya.
  • Custom audiences, target audiens yang pernah berhubungan dengan bisnis Anda, baik itu secara online atau juga offline.
  • Lookalike audiences, Tujuannya untuk menjangkau pengguna yang mempunyai ketertarikan dengan konsumen Anda.

Sama seperti poin sebelumnya, apabila Anda kebingungan menentukan target audiens secara tepat, Anda perlu berkonsultasi dengan jasa SEO di Bali misalnya saja CV. Exito Bali. Karena dengan memilih target audiens secara tepat, Anda jadi lebih mudah merancang strategi konten sesuai kebutuhan.

  1. Tentukan budget

Sama halnya ketika Anda bekerja sama dengan jasa SEO Bali, misalnya saja CV. Exito Bali. Dimana akan ada paket layanan yang ditawarkan, Anda dapat memilih paket layanan tersebut sesuai kebutuhan. Demikian pula ketika Anda akan menggunakan Facebook Ads. Yang menarik, biaya beriklan di Facebook terbilang sangat murah. Bahkan Anda dapat membeli iklan dengan harga yang setara, dengan secangkir kopi. Yang membedakan antara beriklan di Facebook dengan di sosial media lainnya, Facebook, menggunakan sistem lelang, untuk biaya iklan. Artinya iklan yang Anda buat, akan tampil sesuai dengan budget yang sudah Anda atur sebelumnya. Semakin standar biaya yang Anda bayar, maka tampilan iklan yang akan dipajang juga standar. Sebaliknya jika biaya iklan yang Anda keluarkan semakin mahal, maka iklan Anda akan tampil secara maksimal. Jadi ketika Anda beriklan di Facebook, tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya lebih, karena semua akan tampil sesuai porsinya.

  1. Adanya sistem Bid pada iklan

Masih ada hubunganya dengan poin sebelumnya. Dimana iklan yang dibuat oleh Facebook ini, menggunakan sistem lelang atau bid. Jadi iklan yang Anda buat, nantinya ka bersaing dengan iklan lain, dengan target audiens yang sama. Adapun cara kerja sistem bid ini mempertimbankan beberapa faktor, seperti relevansi iklan, jumlah penawaran, serta taksiran tingkat tindakan yang digunakan. Tujuannya untuk menentukan, iklan mana yang akan ditampilkan pada audiens. Untuk memenangkan bid tidak hanya tergantung pada penawaran tertinggi saja, namun juga pada faktor relevansi iklan serta keterlibatan iklan itu sendiri. Ketika Anda bekerja sama dengan jasa SEO Agency Bali yang professional, salah satunya CV. Exito Bali, Anda akan dibantu tidak hanya dalam pembuatan iklan, namun juga dalam penayangan iklan di Facebook itu sendiri.

  1. Bagaimana menempatkan iklan / Traffic iklan

Dalam hal ini, jaringan Facebook, tidak hanya meliputi News Feed Facebook saja, namun ada juga aplikasi lainnya, seperti Instagram, Audience Network, website, dan berbagai aplikasi atau situs web mitra lainnya. Di CV. Exito Bali, tentunya Anda akan dibantu dalam memilih penempatan iklan secara tepat, agar kelak memperoleh hasil yang optimal.

  1. Adanya pemantauan dan pengoptimalan

Satu lagi yang menarik dari Facebook Ads, yaitu adanya fitur data kinerja komprehensif, dalam hal ini klik, tayangan, konversi, dan juga metric keterlibatan. Dari data tersebut, Anda dapat menilai apakah kampanye atau iklan yang dibuat berhasil atau tidak. Dibantu oleh CV. Exito Bali sebagai jasa SEO profesional, Anda dapat menilai dan mengambil keputusan, apakah kampanye atau iklan yang akan dibuat berikutnya, kualitasnya sama atau lebih ditingkatkan.

Walaupun cara kerja fb ads terlihat sepele, ada baiknya jika Anda tidak bekerja sendiri. Untuk membuat iklan dan mempromosikan iklan di Facebook secara optimal, Sebaiknya Anda bekerja sama dengan jasa SEO yang profesional, seperti CV. Exito Bali. Disini Anda tidak hanya dibantu untuk membuat iklan di Facebook saja, namun juga dibantu untuk mengoptimalkan iklan, hasil iklan serta menayangkan iklan di Facebook secara optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?