Digital Marketing Facebook: Pengertian, Tips dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Penggunaan dari digital marketing Facebook memang sudah sejak lama digunakan oleh para pemilik usaha mulai dari skala kecil hingga besar. Seperti sudah diketahui bahwa Facebook menjadi salah satu sosial media yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak heran kalau keberadaannya banyak digunakan buat keperluan meningkatkan angka penjualan produk.

Bahkan seakan keberadaan dari sosial media satu ini sudah menjadi salah satu strategi yang wajib di dalam kegiatan pemasaran digital untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Hal ini bukan tanpa alasan karena kehadiran dari sosial media ini dapat menjadi platform yang cukup efektif untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan. Mengingat di Indonesia jumlah pengguna Facebook juga sangat banyak.

Meskipun begitu proses pemasaran di Facebook bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itulah, dibutuhkan strategi tepat jika ingin melakukan digital marketing disini. Apabila Anda penasaran dengan digital marketing Facebook ini, maka pastikan mengetahui ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Digital Marketing Facebook 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai teknik pemasaran satu ini, maka sebaiknya harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Jadi Digital Marketing Facebook merupakan sebuah kegiatan pemasaran dengan cara memanfaatkan akun Facebook untuk promosi sekaligus menjalin komunikasi dengan para konsumen. Nantinya, bisnis atau usaha akan membuat campaign yang menarik mungkin melalui akun FB guna menarik lebih banyak perhatian dari target audiens.

Seperti sudah diketahui bahwa Facebook merupakan platform sosial media yang cukup besar dan sudah banyak digunakan hingga miliaran orang di dunia. Selain digunakan untuk tujuan pribadi, ternyata kehadirannya juga sudah banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Sebagai contohnya adalah membantu kegiatan promosi.

Tidak hanya bagi perusahaan kecil saja, tetapi perusahaan besar seperti Microsoft juga sudah memanfaatkan digital marketing Facebook ini guna memasarkan produk mereka. Bukan hanya mudah digunakan saja, tetapi hal itu kemungkinan besar juga disebabkan karena di dalam Facebook terdapat sejumlah fitur menarik dan lengkap.

Salah satu fitur yang bisa dijadikan sebagai andalan bagi para pemilik usaha adalah scheduled post. Dengan memanfaatkan fitur tersebut akan membantu Anda agar bisa membuat jadwal pada postingan tertentu secara terjadwal. Di samping itu, juga terdapat fitur Facebook Ads yang bisa dimanfaatkan guna menjangkau lebih banyak audiens.
BACA JUGA: Meningkatkan Kualitas Website dengan Tips ini dan Bantuan Website Development Services
Tips Digital Marketing Dengan Facebook

Sampai disini, Anda mungkin semakin tertarik untuk memanfaatkan layanan pemasaran melalui platform tersebut. Tetapi hal yang perlu diketahui adalah pastikan Anda harus mengetahui tips untuk melakukan pemasaran tersebut. Hal ini tidak lain karena proses digital marketing melalui Facebook ternyata bukanlah hal yang rumit dilakukan. Oleh sebab itulah tips digital marketing Facebook dibawah ini bisa diterapkan.

  1. Gunakan Halaman Bisnis Facebook

Facebook menyediakan 2 jenis profil yang bisa dipilih oleh para pengguna yakni profil pribadi ataupun halaman bisnis. Tetapi disini, kami menyarankan Anda agar menggunakan halaman bisnis Facebook sekarang juga. Fitur ini sudah tersemat di dalam Facebook sejak lama dan banyak dimanfaatkan.

Melalui halaman bisnis tersebut, Anda dapat mengembangkan identitas dari merek. Di samping itu, pastikan juga profil harus lengkap sehingga audiens bisa lebih mengenali bisnis Anda tersebut. Jika perlu sertakan situs website ke dalam profil agar pengunjung bisa berkunjung ke website guna menemukan informasi lebih lanjut.

  1. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Tips berikutnya dalam digital marketing Facebook adalah dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads ini. Nantinya iklan tersebut akan muncul di kolom samping dari situs Facebook. Melalui iklan FB tersebut, maka akan mendorong para pengguna agar masuk ke dalam halaman website.

Ketika Anda menggunakan fitur ini ternyata juga mengharuskan Anda mempunyai penargetan demografis seperti berdasarkan lokasi, usia, pendidikan dan minat. Untuk penggunaannya juga mengharuskan Anda mengeluarkan biaya dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Pastikan Anda bijak ketika akan memanfaatkan keberadaan dari fitur tersebut.

  1. Memanfaatkan Content Calendar 

Perlu diketahui dalam proses digital marketing FB ternyata Content Calendar sangat penting untuk kegiatan pemasaran. Sebab dengan memanfaatkannya, Anda bisa memperoleh pola lebih terstruktur dan postingan akan terlihat menarik. Dengan memanfaatkan fitur tersebut akan memberikan kemudahan dalam mengatur jadwal untuk posting iklan produk.

Sebaiknya Anda dapat membuat content calendar dengan melakukan penyusunan jadwal untuk konten penting dahulu, kemudian dapat diikuti dengan konten yang tidak begitu urgent. Ini juga akan memberikan manfaat bagi Anda agar postingan lebih tertata rapi.

  1. Pastikan Membuat Konten Lebih Menarik 

Dalam digital marketing Facebook, maka keberadaan dari konten ternyata sangat penting guna membantu meningkatkan jumlah konsumen. Hal tersebut ternyata berlaku untuk jenis platform sosial media lainnya dan bukan hanya Facebook. Dengan menghadirkan konten menarik, maka akan membuat para konsumen tidak bosan dan bukan tidak mungkin kalau justru akan melakukan pembelian.

  1. Posting Video dan Foto Berkualitas

Di dalam menjalankan facebook marketing sebaiknya jangan sampai asal-asalan dalam memposting video atau foto. Kualitas yang buruk tentu dapat mengurangi minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan tersebut. Oleh sebab itulah sebisa mungkin harus mengunggah video dan foto berkualitas.

  1. Aktif Berinteraksi Dengan Para Audiens

Agar digital marketing Facebook dapat sukses maka Anda juga harus aktif dalam berinteraksi dengan para audiens. Interaksi ini sangat penting agar bisa menjaga loyalitas dari para pelanggan nantinya. Misalnya saja adalah dengan aktif membalas pesan ataupun komentar dari para audiens. Di samping itu, jangan lupa juga agar selalu aktif di Story Facebook untuk membagikan cerita berkaitan dengan bisnis.

Kelebihan Menggunakan Pemasaran Digital Facebook 

Menjadi salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan di dunia, ternyata Facebook juga mempunyai sejumlah kelebihan sebagai platform untuk bisnis. Adapun beberapa  kelebihan yang ditawarkan diantaranya adalah:

  1. Mudah Digunakan 

Perlu diketahui bahwa Facebook menawarkan sebuah platform yang user-friendly kepada para penggunanya. Terlebih lagi kalau Anda  sudah mempunyai akun pribadi di platform ini, maka tidak akan kesulitan untuk menggunakannya sebagai sarana berbisnis. Anda hanya perlu membuat Facebook Page dan memilih kategori bisnis.

  1. Jangkauan Audiens Lebih Luas 

Dengan memanfaatkan digital marketing Facebook maka akan mendapatkan jangkauan audiens lebih luas. Terlebih lagi berdasarkan sebuah penelitian, Facebook menjadi situs yang paling sering dikunjungi di dunia. Dengan adanya jangkauan audiens lebih luas maka target pasar juga bisa didapatkan dengan mudah.

  1. Membantu Membangun Brand Awareness 

Dengan menggunakan jasa ini ternyata juga akan membantu membangun brand awareness produk ataupun jasa dengan baik. Meskipun demikian, hal ini juga harus dibarengi penggunaan strategi tepat. Sebagai contohnya adalah dengan membuat konten impresif untuk para pengguna.

Facebook menjadi platform sosial media yang cukup terkenal di dunia dengan jumlah pengguna hingga lebih dari 2 miliar. Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi saja, tetapi juga untuk kegiatan bisnis. Jika Anda ingin memanfaatkan digital marketing Facebook, maka sebaiknya dapat menggunakan layanan dari CV Exito Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?