Boncos? Pahami Cara Kerja FB Ads Ini Dulu Agar Hasilnya Maksimal!

Memasang iklan berbayar melalui FB ads bisa menjadi salah satu solusi untuk mendongkrak penjualan produk atau jasa. Tapi ternyata masih banyak juga pebisnis yang justru boncos tanpa menghasilkan apa-apa setelah memasang iklan di FB ads.

Tentu saja, Anda perlu tahu cara kerja FB ads agar iklan yang Anda pasang bisa bekerja secara optimal. Agar lebih cepat mendapatkan hasil, Anda pun bisa menggunakan jasa FB ads dan jasa SEO di Bali seperti CV. Exito Bali. Sebelum itu, simak dulu penjelasan bagaimana FB ads bekerja.

Siapkan Iklan yang Akan Anda Pasang Melalui FB Ads 

Salah satu yang harus Anda siapkan terlebih dahulu adalah iklan yang Anda pasang di FB. Jika Anda tidak mempersiapkan iklannya dari awal, maka proses pemasangan iklan akan memakan waktu yang lebih lama. Cara kerja FB ads adalah memberikan dua pilihan jenis iklan yaitu Link dan Carousel.

Iklan jenis link lebih sederhana karena Anda hanya bisa menampilkan 1 gambar atau foto saja. Iklan jenis Carousel lebih kompleks. Anda pun bisa menampilkan hingga 10 gambar atau foto per satu iklan.

Membuat iklan yang efektif untuk FB ads tidak boleh asal-asalan. Iklan harus sesuai dengan tujuan dan target pasar. Untuk proses pembuatan iklan Anda bisa menyerahkannya pada CV. Exito Bali.

Sebagai salah satu jasa SEO terpercaya yang sudah berpengalaman, tim pembuat iklan akan membuat iklan dengan memaksimalkan strategi Search Engine Optimization untuk Facebook. Dengan begitu, iklan Anda lebih cepat terdeteksi oleh pengguna Facebook yang memang target pasar Anda.

Siapkan Dulu Facebook Page Bisnis Anda 

Cara kerja FB ads lain yang harus Anda pahami adalah Anda wajib memiliki sebuah akun page bisnis terlebih dahulu. Facebook melengkapi akun jenis ini dengan beberapa fitur. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk memasang iklan berbayar di Facebook.

Anda hanya perlu masuk ke halaman Create Facebook Page. Setelah itu, sistem FB akan menampilkan beberapa informasi yang harus dilengkapi. Pastikan Anda melengkapi semua informasi yang dibutuhkan dengan benar.

Jika sudah lengkap dan benar, langsung pilih menu Create Page. Karena Anda ingin memasang iklan berbayar, langsung klik tombol Go to Ads Manager. Langkah ini akan membawa Anda ke Ads Manager. Setelah memilih nama akun, Anda akan langsung diarahkan ke dashboard Ads Manager.

Menentukan Metode Pembayaran Iklan

Cara kerja FB ads adalah menerima pembayaran dari Anda terlebih dahulu sebelum iklan ditampilkan di beranda Facebook. Karena itu, Anda harus menentukan metode pembayaran iklan terlebih dahulu. Facebook memberikan beberapa metode yang bisa digunakan untuk membayar tagihan pemasangan iklan tersebut.

Ketika berada di akun Ads Manager pilih menu Go to Account Overview lalu pilih Add Payment Method. Lengkapi semua informasi yang dibutuhkan lalu lanjutkan prosesnya.

Menentukan Tujuan Anda Beriklan 

Perlu Anda ketahui juga bahwa tujuan beriklan tidak hanya meningkatkan penjualan saja. Ada pemilik bisnis yang memasang iklan dengan tujuan meningkatkan traffic ke akun mereka, mengenalkan jenis bisnis, mendapatkan perhatian dari target pasar, dan lain sebagainya. Karena itu, cara kerja FB ads adalah bertanya terlebih dahulu tujuan Anda memasang iklan tersebut.

Masuk ke dashboard Campaign Ads Manager. Nanti, Anda akan melihat menu + Create. Pilih menu tersebut untuk mendapatkan pilihan tujuan Anda beriklan. Facebook memberikan beberapa pilihan tujuan, seperti Awareness, App Promotion, Traffic, Engagement, dan Sales.

Anda bisa menentukan tujuannya berdasarkan iklan yang sudah Anda buat sebelumnya. Terakhir klik tombol Continue. Walaupun terlihat sepele tapi cara kerja FB ads seperti ini akan membuat Anda kebingungan, apalagi jika ini pertama kalinya Anda beriklan.

Tenang saja, ketika Anda menggunakan jasa pasang iklan FB ads di CV. Exito Bali, tim akan membantu Anda menentukan tujuan beriklan ini. Dengan begitu, hasil iklan pun lebih terarah dan optimal ketika sudah disebarkan oleh Facebook.

Tentukan Dana Iklan yang Akan Anda Keluarkan 

Facebook pun akan meminta Anda untuk menentukan dana iklan yang bisa Anda keluarkan. Pasalnya, cara kerja FB ads akan disesuaikan dengan strategi yang akan Anda gunakan. Facebook sendiri menggunakan beberapa strategi seperti cost per result goal, ROAS goal, dan highest volume.

Sedangkan untuk pilihan dananya sendiri, Facebook menyediakan dua pilihan, yaitu Daily Budget dan Lifetime Budget. Jika tidak memahami hal ini maka dana iklan Anda akan sia-sia atau boncos. Untuk melengkapi bagian dana iklan ini, Anda harus masuk ke menu Campaign Name.

Kemudian, masukkan nama campaign pada menu tersebut. Lanjutkan prosesnya ke menu Advanced Campaign Budget. Sebagai jasa SEO di Bali yang sudah berpengalaman membantu banyak klien, CV. Exito Bali akan membantu proses beriklan Anda di Facebook termasuk menentukan dana iklan yang perlu Anda keluarkan. Harapannya, dana iklan yang Anda keluarkan di Facebook menjadi efektif dengan hasil yang sesuai dengan harapan.
Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Jasa Google Ads, Penasaran Apa Saja? 
Tentukan Target Pasar Dan Penempatan Iklan 

Cara kerja FB ads yang satu ini juga sangat membantu pemasang iklan agar iklannya tertarget. Karena itu, Anda sudah harus paham siapa target pasar produk dan jasa Anda sebelum memasang iklan di Facebook. Jika memang masih belum paham, langsung saja konsultasikan dengan tim pemasang iklan FB ads dari CV. Exito Bali.

Target pasar di sini artinya siapa yang akan membeli produk dan jasa Anda, seperti jenis pekerjaan mereka, usia, penghasilan mereka per bulan, lokasi tinggal mereka, dan lain-lain. Dengan cara ini, Anda bisa menarget target pasar lokal, Indonesia, atau bahkan luar negeri.

Anda hanya perlu masuk ke kolom Audience lalu klik Edit. Masukkan semua data target pasar Anda. Untuk penempatan iklannya, Facebook memberikan 2 pilihan, yaitu Automatic Placements dan Manual Placements. Pilih tombol next untuk melanjutkan prosesnya.

Mulai Unggah Iklan Anda 

Proses terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengunggah iklan yang akan Anda sebarkan. Pada akun Facebook Page Anda, pilih menu Ad Setup dan klik Create Ad untuk mengunggah iklan tersebut. Jika Anda belum memiliki materi iklan khusus, Anda pun bisa memilih menu Use Existing Post.

Dengan menggunakan pilihan tersebut artinya Anda akan menggunakan postingan status Anda di Facebook sebagai materi iklan. Lanjutkan prosesnya dengan memilih Add Media dan unggah iklan Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan selesai.

Jangan lupa menambahkan teks, seperti primary text, headline, description, dan Call to Action. Pilih publish agar FB menyebarkan iklan Anda. Cara kerja FB ads yang seperti ini memang sedikit rumit bagi Anda yang belum terbiasa beriklan secara online di sosial media.

  1. Exito Bali paham akan kesulitan Anda ketika akan memasang iklan di FB untuk pertama kalinya. Karena itu, jasa SEO Bali ini juga menawarkan jasa pasang iklan FB ads. Tentu saja, tim jasa ini menggunakan beragam strategi agar iklan yang dipasang juga menghasilkan sesuai harapan Anda.

Analisa Performa Iklan Anda

Memang, proses pasang iklan di FB ads sudah selesai, tapi bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa lagi. Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal Anda wajib menganalisa performa iklan tersebut setelah disebarkan. Untungnya, Facebook menyediakan hasil performa iklan sehingga Anda hanya perlu menganalisanya saja.

Cara kerja FB ads inilah yang tidak terlalu banyak dipahami oleh pemasang iklan pemula. Jangan khawatir! Tim pasang iklan FB ads dari CV. Exito Bali juga akan membantu menganalisa performa iklan Anda jika memang diperlukan.

Intinya, Anda tidak perlu risau dan menunda rencana untuk memasang iklan di FB Ads. Anda hanya perlu memahami cara kerja FB ads saja sebelum beriklan. Kalaupun Anda belum paham benar cara kerjanya, konsultasikan rencana dan masalah ini dengan SEO Agency Bali terpercaya, CV. Exito Bali.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?