Beberapa Tips dalam Melakukan Optimasi Google My Business

Visibilitas yang baik di Google sebagai mesin pencari paling populer adalah salah satu tujuan utama ketika melakukan digital marketing saat ini. Mayoritas bisnis berupaya meningkatkan visibilitas mereka dengan melakukan kampanya SEO, Google Ads, namun masih banyak yang lupa dengan satu hal lagi yaitu Google My Business atau dalam bahasa Indonesia Google Bisnisku.

Google My Business adalah sebuah tool gratis dari Google yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari. Dampak dari Google My Business akan terasa lebih besar terutama ketika Anda sedang mencari eksposur lokal.

Untuk Anda yang baru akan memanfaatkan tool ini, berikut beberapa tips untuk melakukan optimasi Google My Business yang bisa Anda serahkan pada CV. Exito Bali.

Menuliskan Deskripsi Bisnis Anda dengan Sempurna

Pada Google My Business terdapat cantuman di mana Anda bisa menggambarkan bisnis Anda secara selengkap mungkin dengan batas 750 karakter. Memaksimalkan cantuman ini adalah kesempatan Anda untuk memberikan deskripsi singkat dan lengkap yang diperlukan oleh siapapun yang ingin tahu tentang bisnis Anda.

Hal-hal yang perlu Anda cantumkan di sana adalah apa yang bisnis Anda tawarkan, riwayat bisnis, apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang serupa, serta apapun yang menurut Anda akan menarik calon pelanggan. Pastikan gunakan fitur ini untuk menjelaskan dan menggambarkan bisnis Anda, dan bukannya melakukan promosi sebagai bentuk optimasi Google My Business.

Jika Anda tidak mau repot, serahkan semuanya pada CV. Exito Bali.

Memasang NAP yang Akurat dan Memilih Kategori yang Tepat

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan NAP yang akurat. NAP adalah singkatan dari name, address dan phone yaitu nama bisnis, alamat dan nomor kontak. NAP harus sama di semua media mulai dari papan nama, situs web, sosial media, dan Google My Business. Hal ini penting karena kebanyakan konsumen akan merasa frustrasi dengan NAP yang tidak akurat di berbagai kanal media yang ada.

Ketika mengatur optimasi Google My Business, hal yang tidak boleh terlupakan adalah memilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda. Hal ini penting karena dengan kategori yang tepat, Google akan menambahkan fitur-fitur tambahan yang relevan seperti menu dan pilihan reservasi untuk restoran dan hotel. CV. Exito Bali akan mengatur ini semua untuk Anda.

Memasang Foto yang Menarik

Hal ini mungkin sudah sangat jelas namun justru kadang sering terlupakan, yaitu memasang foto yang menarik yang dipotret dengan profesional. Dengan mengunggah foto pada Google My Business Anda, cantuman bisnis Anda akan terlihat lebih hidup dan aktif, juga bisa mengonversi pencari.

Terdapat beberapa hal yang direkomendasikan Google ketika memasang foto. Pertama, pasang setidaknya 3 foto eksterior yang diambil pada waktu berbeda dalam sehari seperti pagi, siang dan malam. Kemudian Anda juga disarankan untuk mengambil minimal 3 foto interior dari sudut pandang yang berbeda untuk memaksimalkan optimasi Google My Business bersama CV. Exito Bali.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Jauh Profesi Digital Marketing Specialist

Kemudian, Anda juga perlu menyertakan foto produk dan layanan dari bisnis Anda yang paling populer. Lalu satu foto dari area umum seperti lobby atau resepsionis, dan minimal 3 foto yang menunjukkan para pegawai dari bidang manajemen.

Jika bisnis Anda adalah sebuah kafe, bar atau restoran, Anda wajib menunjukkan gambar makanan atau minuman yang paling sering dipesan oleh pelanggan. Jika bisnis Anda adalah sebuah penginapan, maka Anda perlu menunjukkan interior kamar dari berbagai level untuk menarik calon tamu dan optimasi Google My Business.

Semua hal ini bisa Anda percayakan pada CV. Exito Bali yang profesional dan sudah berpengalaman.

Kelola Ulasan Google

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengelola ulasan Google dengan memantau dan menanggapi setiap ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan. Ulasan bisnis Anda di Google sangat penting karena kebanyakan calon pelanggan akan memutuskan memilih bisnis Anda atau tidak berdasarkan ulasan yang ada.

Pastikan Anda selalu memberikan layanan dan produk yang memuaskan karena hampir separuh calon pelanggan tidak akan memilih sebuah bisnis yang memiliki bintang kurang dari 4. Untuk optimasi Google My Business pada bisnis Anda, serahkan saja pada CV. Exito Bali.

Sayangnya, tidak banyak pelanggan yang akan secara mandiri menaruh ulasan di Google, sehingga Anda perlu secara proaktif memintanya. Anda bisa melakukan ini ketika pelanggan sudah selesai dan hendak pulang atau menyerahkan brosur yang berisi permintaan untuk memberikan ulasan positif.

Jika Anda mampu, Anda bahkan bisa juga memberikan insentif bagi para pelanggan yang memberikan ulasan positif seperti voucher diskon atau merchandise. Untuk Anda yang tidak mau repot melakukan optimasi Google My Business, segera hubungi CV. Exito Bali.

Jawab Pertanyaan dari Pelanggan

Google juga menyertakan fitur Q&A pada Google My Business untuk memungkinkan para pelanggan bisa mengajukan pertanyaan pada pemilik bisnis maupun pada sesame pelanggan yang sudah pernah memakai jasa atau produk dari Anda. Pastikan Anda memaksimalkan fitur ini dengan menjawab sebanyak mungkin pertanyaan yang bisa Anda jawab.

Para calon pelanggan tentu akan memilih sebuah bisnis yang aktif dan peduli terhadap pertanyaan-pertanyaan para calon pelanggan. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan optimasi Google My Business, serahkan saja pada CV. Exito Bali.

Menyiapkan Sistem untuk Pemesanan

Google juga sudah menyediakan sistem pemesanan yang bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan pencarian tanpa klik. Dengan fitur ini, para calon pelanggan tidak perlu lagi membuka website Anda tau menggunakan website atau aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pemesanan di bisnis Anda.

Dengan kemudahan ini, jumlah pemesanan akan meningkat. Namun walaupun Anda sudah melakukan ini untuk optimasi Google My Business, Anda tetap harus memantau pemesanan yang dilakukan pada website bisnis Anda maupun situs dan aplikasi pihak ketiga.

Anda bisa menyerahkan upaya optimasi Google My Business Anda pada CV. Exito Bali yang profesional dan berpengalaman.

Posting Konten Secara Teratur

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tool Google My Business adalah dengan memposting konten pada akun Anda secara teratur. Anda bisa mengunggah pengumuman, produk terbaru, acara khusus, diskon, dan lain-lain. Untuk konten yang hanya berlaku pada periode tertentu seperti diskon maupun promosi hari-hari khusus, pastikan Anda gunakan fitur kalender dalam perencanaan konten-konten tersebut. Optimasi Google My Business memerlukan waktu dan atensi yang tidak sedikit, jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri dan butuh bantuan agensi, maka Anda perlu memilih CV. Exito Bali yang sudah berpengalaman membantu klien-klien ternama dan berisi tenaga-tenaga kreatif dan profesional. Segera kunjungi https://www.exitobali.com/ untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?