Bagaimana Optimasi Google My Business Dan Manfaatnya Untukmu

Meningkatkan visibilitas bisnis di internet menjadi hal yang wajib saat ini dilakukan bagi pelaku usaha. Hal ini pula yang menjadi fokus utama di perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali dalam meningkatkan jangkauan penjualan untuk klien mereka.

Calon pelanggan yang dapat menemukan bisnis kamu di mesin pencarian seperti Google tentu berpeluang besar dalam peningkatan penjualan dan pendapatan, bukan? Oleh karena itu, dalam membantu penggunanya, Google mengeluarkan tools Google My Business yang memiliki peran yang cukup penting.

Adanya tools secara gratis ini pun juga harus diikuti dengan optimasi Google My Business agar tujuan dari peningkatan skala perusahaan atau bisnis kamu terwujud.

Mengenal Google My Business

Sebelum tahu bagaimana optimasi Google My Business seperti halnya perusahaan digital marketing CV Exito Bali lakukan, bagi kamu orang awam mungkin tidak cukup familiar dengan tools ini. Singkatnya, pernahkah ketika mencari informasi tertentu di mesin pencarian Google dan kamu menemukan informasi yang sangat lengkap.

Mulai dari situs website, alamat, lokasi sampai pada nomor telepon toko dari laman tersebut? Nah itulah yang dinamakan Google My Business.

Google My Business atau Google Bisnisku merupakan tools gratis Google untuk pebisnis maupun organisasi dalam mengelola keberadaan mereka di internet termasuk juga Google Maps memungkinkan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Manfaat Google My Business

Kata siapa mendaftarkan informasi lengkap bisnis yang kamu kelola dengan optimasi Google My Business tidak akan membantu banyak? Justru dengan memastikan kehadiran online ini akan memberikan manfaat yang banyak. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Mendapatkan Ulasan Pelanggan

Kekuatan ulasan memiliki peluang yang sangat potensial. Mengapa? Karena pelanggan menganggap penting ulasan dalam penjualan. Mereka akan mencari tahu dahulu bagaimana produk yang kamu tawarkan.

Ulasan dari pelanggan merupakan testimoni yang nantinya juga akan memberikan reputasi pada bisnis. Itulah mengapa perusahaan seperti CV Exito Bali banyak memanfaatkan praktik ini untuk mendapatkan ulasan positif dan membantu reputasi bisnis klien mereka.

  1. Meningkatkan Visibilitas

Menjadi salah satu manfaat terbesar dengan optimasi Google My Business adalah mudahnya untuk ditemukan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Mereka yang mencari produk dari bisnis kamu di Google dengan lengkapnya informasi tentu akan semakin berpeluang meningkatkan bisnis.

  1. Hasilkan Prospek Lebih Banyak

Google memiliki pengaruh yang cukup besar. Apabila pelanggan dan calon pelanggan tidak bisa menemukan informasi bisnis melalui Google tentu bisnis kamu akan mengalami kesulitan dalam kemajuan.

Seperti halnya perusahaan digital marketing CV Exito Bali lakukan, optimasi dari tools dengan meningkatkan peringkat disesuaikan dengan standar SEO ini dapat membantu agar bisnismu muncul di halaman pertama layar.

  1. Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memungkinkannya pelanggan menuliskan ulasan di Google My Business juga akan meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan. Calon pelanggan akan mempercayai ulasan dari orang-orang yang telah menggunakan produk yang kamu jual.

Semakin banyak review positif tentu semakin berpotensi juga meraih keuntungan yang besar tidak hanya dari segi penjualan, bahkan brand awareness. Selain itu, optimasi Google My Business seperti banyak digital marketers di CV Exito Bali lakukan yaitu memberikan informasi bisnis yang lengkap kepada pelanggan dan calon pelanggan.

Informasi yang lengkap dan detail ini membuat pelanggan dan calon pelanggan pun jadi tidak ragu dan lebih yakin untuk menggunakan produkmu.

Bagaimana Cara Optimasi Google My Business?
Baca Juga : Tips Memilih Jasa Social Media Management Yang Terpercaya, Dijamin Menguntungkan!
Sebagai salah satu tools yang mendorong meningkatkan bisnis lokal, banyak praktisi SEO maupun jasa SEO seperti CV Exito Bali memanfaatkannya sebagai strategi bisnis dan memenangkan persaingan dengan kompetitor bisnis lain. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu pun juga harus tahu bagaimana cara mengoptimalkannya. Apa saja? Simak penjelasannya berikut.

  1. Lengkapi Informasi

Tentu saja langkah pertama harus melengkapi profile di Google My Business. Dari mulai kategori bisnis, nama, alamat, situs web, nomor telepon, lokasi hingga deskripsi bisnis tujuannya agar mudah di indeks oleh Google Maps dan juga Google Search. Pastikan informasi ini kamu update jika ada pembaharuan.

  1. Tambahkan Foto

Setidaknya tambahkan katalog foto produk ataupun aktivitas atau hanya suasana di kantor untuk meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan. Dan ini juga menjadi salah satu optimasi yang cukup sempurna dilakukan.

  1. Tanggapi Setiap Ulasan User

Menariknya di Tools ini adalah pelanggan yang bisa memberi ulasan. Nah, untuk optimasi Google My Business kamu jangan ragu untuk mencoba menanggapi ulasan tersebut. Apapun ulasannya baik berupa kritikan, ataupun ulasan poisitf.

Hal ini memperlihatkan bahwa kamu pun juga sangat menghargai pelanggan kamu. Jika kamu tak cukup memiliki waktu untuk ini kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan digital marketing seperti CV Exito Bali untuk melakukannya.

  1. Terima Pesan dan Panggilan

Salah satu cara optimasi Google My Business yang mungkin terdengar cukup asing adalah menerima panggilan maupun pesan dari pelanggan melalui Google My Business. Mengapa? Karena adanya tab menu pesan dan logo telepon dari hasil informasi data yang kamu daftarkan dapat menghubungkan kamu langsung dengan pelanggan melaluinya.

Jika kamu bekerjasama dengan perusahaan digital seperti CV Exito Bali, kamu bisa menggunakan dan menyesuaikan pesan otomatis seperti selamat datang juga melampirkan katalog foto bisnis kamu.

Hal ini juga berfungsi dalam meningkatkan prospek bisnis dan menjangkau banyak pelanggan karena mudahnya mereka saat ingin menghubungi dan mencari banyak informasi bisnismu.

  1. Pertimbangkan Profil (Nama Bisnis, Situs, Kategori)

Agar optimasi Google My Business dapat terwujud dan kamu pun mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian, yang terpenting selanjutnya adalah mempertimbangkan betul profil kamu. Apa saja? Yaitu nama bisnis, situs website dan juga kategorinya. Paling tidak tiga hal tersebut.

Menuliskan nama bisnis hendaknya juga disesuaikan dengan istilah kunci yang relevan. Katakanlah kamu membuka jasa bengkel. Pertimbangkan untuk menulis seperti “Jasa Bengkel Las dan Tambal Ban” daripada “Jasa Bengkel” karena tidak terlalu jelas. Ini juga dapat disesuaikan dengan apa yang banyak dicari pelanggan di internet seperti CV Exito Bali, jasa SEO lakukan untuk meningkatkan peringkat.

Selain itu juga situs web. Pemilik bisnis yang melampirkan situs web juga membuat perbedaan yang cukup besar dalam hal peringkat di Google My Business. Untuk itu, pertimbangkan betul situs web terutama beranda situs. Dan untuk Kategori, buatlah sespesifik dan seakurat mungkin agar tidak ambigu. Seperti contoh Jasa Bengkel menjadi Jasa Bengkel Las dan Tambal Ban tadi.

Sedang menjalankan bisnis dan ingin mendatangkan profit yang besar? bekerjasama dengan CV Exito Bali menjadi salah satu pilihan bijak. Tak hanya membantu dalam optimasi Google My Business, namun juga promosi digital lain seperti maintenance website, optimasi SEO dan layanan lain untuk membantumu meningkatkan bisnismu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?