9 Ide Postingan Instagram yang Efektif Meningkatkan Engagement dan Follower

Engagement dan FollowerInstagram merupakan salah satu platform yang paling tepat untuk mempromosikan brand dan menjangkau lebih banyak audience. Pasalnya, Instagram yang digunakan untuk digital marketing memiliki tingkat engagement 10 kali lebih tinggi dari Facebook dan 84 kali lebih tinggi dari Twitter. Sebab itu, Anda harus lebih kreatif dalam membuat ide postingan Instagram bisnis agar engagement dan follower meningkat.

Lalu, konten seperti apa yang seharusnya diposting pada Instagram bisnis? Kali ini, SEO Agency Bali akan membahasnya lebih lanjut untuk Anda.

  1. Bangun Interaksi Lewat Konten Pertanyaan

Ide postingan pertama yang efektif meningkatkan engagement adalah mengajukan pertanyaan untuk membangun interaksi dengan audience. Perlu dipahami bahwa audiens Anda adalah manusia, yang notabene butuh berinteraksi. Konten pertanyaan yang diunggah pada akun Instagram bisnis membantu mereka untuk membagikan wawasannya.
Baca Juga: 8 Strategi Digital Marketing Bali yang Efektif di Tahun 2023, Bisnis Makin Melejit
Selain berfungsi untuk membangun interaksi, komentar audience akan membantu Anda dalam mengembangkan produk supaya lebih baik lagi. Bahkan, keluh kesah dan pendapat audience di kolom komentar juga bisa dijadikan artikel untuk konten website maupun Instagram, lho.

Sebagai contoh, Anda memiliki brand skincare yang memiliki berbagai rangkaian produk yang disesuaikan kondisi kulit. Nah, Anda bisa mengajukan pertanyaan, produk mana yang paling audience minati. Seperti, sunscreen stick vs sunscreen spray. 

  1. Konten Behind The Scene

Ide konten ala Jasa SEO di Bali yang berikutnya adalah konten behind the scene atau di balik layar. Konten jenis ini umumnya dibuat dalam bentuk video yang menampilkan kegiatan di balik layar dari bisnis Anda. Misalnya proses packing, proses produksi, hingga rutinitas kantor dalam sehari. Melalui konten behind the scene, audience bisa melihat kegiatan perusahaan yang produknya mereka gunakan. Selain itu, konten di balik layar juga terbukti efektif meningkatkan engagement akun.

  1. Konten Tutorial

Selanjutnya ada ide postingan Instagram berupa konten tutorial. Sesuai dengan namanya, konten jenis ini berisi langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu. Idealnya, konten tutorial diposting dalam bentuk video reels, sehingga lebih mudah diikuti oleh audience.

Misalnya saja Anda memiliki bisnis fashion dan salah satu produknya adalah jilbab pashmina. Untuk meningkatkan engagement, Anda dapat membuat konten tutorial jilbab pashmina yang simple tapi tetap cantik untuk kuliah maupun hangout. Atau untuk brand kosmetik, Anda bisa membuat konten tutorial makeup untuk pemula.

  1. Konten Perbandingan Produk

Konten jenis ini menampilkan perbandingan antara produk A dengan B dalam satu posting-an. Contoh sederhananya, brand kecantikan yang membuat perbandingan antara micellar water dan milk cleanser. Secara garis besar, kedua produk tersebut sama-sama berfungsi untuk mengangkat kotoran dan riasan di wajah. Padahal, bila diulik lebih dalam, micellar water dan milk cleanser memiliki perbedaan yang cukup besar.

Micellar water berfungsi mengangkat kotoran di wajah, skincare, dan sisa-sisa makeup tipis. Sementara milk cleanser efektif untuk menghapus makeup waterproof. Konten semacam ini dapat membantu audience dalam memilih produk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit mereka. Bahkan, konten perbandingan ini juga akan menambah wawasan untuk audience yang baru belajar perawatan kulit wajah.

  1. Mengikuti Tren yang Sedang Booming

Ide konten dari SEO di Bali yang juga efektif meningkatkan engagement dan jumlah follower adalah mengikuti tren yang sedang berkembang. Kelihatannya sepele, tetapi melewatkan tren yang sedang ramai berarti Anda melewatkan peluang untuk menjangkau lebih banyak audience. Sebab, konten jenis ini sangat efektif menarik perhatian pengguna internet.

Kendati demikian, ide postingan Instagram mengikuti tren yang sedang booming juga lumayan tricky. Pasalnya, tidak semua tren dapat diikuti dan dijadikan konten. Anda tetap harus memperhatikan relevansi antara brand Anda dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat. Untuk mengetahui tren terkini, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat konten. Dengan begitu, akan lebih mudah menemukan tren yang benar-benar relevan dengan bisnis Anda.

  1. Konten Giveaway

Giveaway jadi salah satu jenis konten yang sangat disukai oleh pengguna internet. Konten giveaway tidak hanya efektif meningkatkan engagement, tetapi juga membantu meningkatkan follower. Sebab, salah satu syarat untuk mengikuti giveaway adalah audience harus mem-follow akun Instagram Anda dan membagikan postingan. Konten jenis ini bisa dibuat sendiri atau berkolaborasi dengan influencer untuk lebih menarik minat audience.

Konten giveaway umumnya diadakan pada momen-momen tertentu. Misalnya pada hari ulang tahun brand Anda, saat peluncuran produk baru, grand opening, HUT RI, ataupun saat tanggal cantik tiap bulannya.

  1. Bagikan Meme yang Disesuaikan dengan Brand

Ide postingan Instagram yang tak kalah menarik adalah membagikan meme yang sudah disesuaikan dengan brand Anda. Konten meme tidak sekadar mengikuti tren yang sedang berkembang, tetapi juga berfungsi menyentuh audience secara emosional karena mampu menghibur mereka.

Melalui postingan ini pula, brand Anda telah berhasil membuat koneksi dengan audience. Apalagi jika meme yang dibuat bersifat relateable dan lucu. Besar peluang untuk brand Anda menjadi viral dan dikenal banyak orang lewat sebuah meme.

  1. Konten Interview dan Testimoni

Pernahkah Anda melihat konten yang berisi pendapat tokoh terkemuka tentang sebuah brand? Nah, konten ini merupakan jenis konten interview. Umumnya, tokoh yang di-interview adalah orang-orang terkemuka yang memang memiliki pengaruh besar serta relevan dengan brand tersebut. Misalnya saja niche Anda adalah kecantikan, maka Anda bisa melakukan interview dengan beauty vlogger atau beauty enthusiast seperti Tasya Farasya.
Baca Juga: Tips Meningkatkan Traffic Website Bisnis Ala SEO Agency Bali Profesional
Pendapat orang-orang yang relevan dengan brand Anda akan mempengaruhi tingkat kepercayaan audience terhadap brand. Karena terkadang, beberapa orang membeli produk karena direkomendasikan oleh tokoh favoritnya bukan karena benar-benar membutuhkan. Selain interview, konten testimoni dari penggunaan produk Anda juga ampuh meningkatkan audience. Terlebih testimoni tersebut diberikan oleh orang berpengaruh di niche yang sama.

  1. Konten Polling dan Q & A

Satu lagi konten yang bisa meningkatkan engagement sekaligus membangun komunikasi dengan pengguna Instagram, yaitu polling dan Q & A. Konten semacam ini juga efektif untuk meningkatkan follower secara organic. Anda dapat memposting Instagram story berisi polling dan Q & A sebagai intermeso di antara postingan-postingan lain yang bersifat serius, seperti konten informasi.

Karena konten polling dan Q & A bersifat lebih santai, maka Anda bisa mengusung topik apa pun untuk ditanyakan kepada audience. Dengan begitu, follower yang sudah menjadi konsumen ataupun belum, akan merasa lebih dekat dengan brand Anda.

Demikian tadi 9 ide postingan Instagram yang efektif meningkatkan engagement secara organik dan jumlah follower. Namun, dibutuhkan konsistensi dalam membuat konten supaya akun Anda terbaca algoritma Instagram dan lebih mudah ditemukan pengguna lain. Untuk urusan pembuatan konten, Anda bisa mempercayakannya pada CV. Exito Bali. Selain ide yang beragam, kami juga akan membantu optimasi SEO melalui konten Instagram bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?