8 Trik Optimalisasi Google Maps Untuk Tingkatkan Visibilitas Lokasi Usaha

backlink, bali web design, cara kerja facebook ads, creative design bali, cv.exito bali, design graphic bali, digital marketing bali, digital online marketing di bali, facebook, faceboook ads, fb ads, jasa pembuatan website, jasa seo, jasa seo bali, jasa seo denpasar, jasa seo di bali, marketing agency bali, pembuatan website, perusahaan jasa website, seo, seo agency, seo agency bali, seo di bali, seo friendly, social media management, social media management bali, video animasiMelakukan optimalisasi Google Maps dapat membantu Anda meningkatkan ranking bisnis. Strategi seperti local SEO umumnya diaplikasikan supaya lokasi usaha muncul di laman pertama hasil pencarian. Dalam hal ini, Anda dianjurkan membuat akun Google My Business (GMB) dulu yang memudahkan dalam menentukan lokasi.

CV Exito Bali selaku penyedia jasa SEO di Bali menyarankan untuk melengkapi informasi yang diperlukan. Beberapa di antaranya adalah gambar produk, video, dan jam operasional. Dengan begitu, mereka dapat membantu mengoptimasi bisnis melalui lokasi, sehingga akan ada lebih banyak konsumen yang mampir.

Lalu, langkah apa lagi yang harus diaplikasikan supaya pemakaian Google Maps bakal lebih maksimal?

  1. Klaim nama bisnis di Google Maps

Apakah nama bisnis atau usaha Anda sudah tercantum di Google Maps? Pendaftaran nama bisnis oleh orang tak dikenal dapat merugikan, karena tak memberikan keleluasan pada Anda untuk mengunggah informasi maupun konten yang disarankan CV Exito Bali untuk menunjang jasa SEO yang mereka sediakan. Untuk itu, Anda harus segera mengklaim nama bisnis sebelum diambil pihak lain.

Caranya cukup pilih opsi ‘pemilik bisnis ini?’ pada nama atau lokasi bersangkutan, lalu lakukan verifikasi. Tunggu beberapa saat sampai Google menerima pengajuan klaim nama tersebut. Kalau dikabulkan, Anda bisa meneruskan tahap berikutnya untuk meningkatkan ranking di Google Maps.

  1. Tambahkan deskripsi bisnis

Seperti yang disinggung, deskripsi berdampak besar pada performa SEO di Bali pada lokasi bisnis yang Anda kelola. Maka dari itu, setelah mendapatkan verifikasi klaim bisnis, teruskan dengan melengkapi informasi usaha. Hal-hal dasar yang sebaiknya tercantum mencakup nama bisnis, jam operasional, cara pemesanan, alamat toko, nomor telepon, alamat email, dan website.

Anda bisa tambahkan tautan media sosial dan FAQ yang membantu calon konsumen mengenal produk yang ditawarkan. Kemudian untuk mendongkrak ranking SEO di Google Maps, pastikan informasi dasar yang dicantumkan konsisten. CV Exito Bali pun akan menyarankan mengunggah foto-foto bisnis secara berkala sebagai referensi bagi calon konsumen.

  1. Sediakan laman terpisah untuk produk

Anda yang menjual banyak produk disarankan menyediakan website terpisah dengan satu domain yang sama. Tujuannya adalah mengoptimalkan masing-masing laman dengan bantuan jasa SEO di Bali seperti CV Exito Bali yang berpengalaman. Sebagai contoh, Anda yang menjual produk skincare dapat memisahkannya menjadi beberapa kategori seperti serum, moisturizer, toner, face wash, dan face mask.

Cara ini pun akan memudahkan calon konsumen saat ingin menelusuri produk secara mendalam sebelum memutuskan membeli. Secara tak langsung, Anda juga memberikan pengalaman belanja yang nyaman dan memuaskan. Apalagi kalau hal tersebut ditunjang customer service yang cepat tanggap dalam memberikan solusi terbaik.

  1. Pastikan URL berisi keyword relevan

Langkah berikutnya yang biasanya dilakukan SEO agency di Bali seperti CV Exito Bali adalah menambahkan keyword pada URL. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan trafik ke website yang Anda sematkan pada lokasi bisnis di Google Maps. Hasilnya yang organik pun akan meningkatkan peluang website maupun tempat usaha Anda terindeks Google dan masuk ke laman pertama hasil pencarian.
Baca Juga: Apa Arti Endorse? Inilah Pengertian, Kelebihan, Dan Tips Memilihnya Sebagai Strategi Pemasaran
Pastikan juga keyword yang dimasukkan relevan dengan produk atau bisnis yang ditangani. Sebagai contoh, Anda yang menjual sepatu dapat menyematkan keyword populer seperti ‘sepatu wanita’, ‘sepatu murah’, atau ‘sepatu best seller’. Riset dapat dilakukan untuk menemukan keyword terbaik.

  1. Perbarui konten Google Maps secara berkala

Optimalisasi Google Maps akan memberikan hasil yang diharapkan saat Anda menjaga konsistensi, seperti yang dibahas sebelumnya. Sebagai penyedia jasa SEO di Bali yang tepercaya, CV Exito Bali akan memberikan feedback terakit jenis konten apabila Anda memerlukan saran atau masukan. Foto sejauh ini masih menjadi media yang mampu memaksimalkan peningkatkan ranking maupun pertimbangan calon konsumen sebelum berkunjung.

Anda yang mengelola tempat makan seperti kafe atau restoran dapat menambahkan menu populer yang difavoritkan. Jangan lupa memperbarui informasi, terutama saat ada perubahan yang menyangkut alamat, jam operasional, dan stok barang untuk mencegah kesalahpahaman saat transaksi terjadi.

  1. Aplikasikan skema bisnis lokal

Untuk meningkatkan visibilitas tempat bisnis di area lokal, aplikasikan skema yang tepat. Caranya dengan menambahkan detail usaha sesuai yang Anda cantumkan di Google My Business. Jika Anda melakukannya dengan tepat, Google secara alami akan mereferensikannya secara silang. Hasilnya pun akan memuaskan saat Anda mengandalkan CV Exito Bali untuk menangani jasa SEO. Skema lokal memungkinkan usaha Anda muncul pada cakupan wilayah tertentu.

Bukan hanya itu, Google akan mudah mengindeksnya dan mempercepatnya masuk ke ranking teratas. Orang-orang yang sedang mencari barang atau jasa tertentu pun akan mempertimbangkan bisnis Anda karena namanya muncul di daftar teratas Google Maps.

  1. Cek dan evaluasi ulasan dari konsumen

Mendapatkan kepercayaan dari konsumen memang bukan hal mudah, tetapi bukan berarti mustahil dilakukan. Sebagai langkah awal, cek setiap ulasan mereka dan catat hal-hal penting yang mereka berikan, baik yang positif maupun negatif. Evaluasi secara rutin untuk membantu Anda menemukan hal-hal yang barangkali luput dari perhatian. Dari kumpulan testimoni tersebut, Anda berpeluang mendapatkan gagasan-gagasan potensial untuk mengembangkan bisnis. Sementara kekurangan yang disebutkan dapat memudahkan Anda mencari solusi untuk memperbaikinya.

Jangan lupa untuk terus riset keyword dan pembaruan lain dari Google supaya penerapan SEO di Bali oleh CV Exito Bali terus berdampak positif pada website.

  1. Bangun dan jaga interaksi dengan audiensi

Satu lagi cara yang membantu Anda mengoptimalkan hasil jasa SEO di Bali dari CV Exito Bali adalah membangun serta menjaga interaksi dengan target audiensi. Langkah ini dapat dimulai dengan merespons setiap ulasan yang masuk. Jika ada keluhan, tanyakan apa saja hal-hal yang mengganggu mereka untuk mendapatkan masukan mendetail.

Usahakan juga membalas dengan kata-kata yang sopan dan tetap profesional walau konsumen yang bersangkutan emosional atau lambat memahami penjelasan. Anda barangkali ikut kesal, tetapi menanggapi tanpa ikut terbawa perasaan secara tak langsung bakal menegaskan posisi dan profesionalitas. Jadi, konsumen pun akan balik menghargai usaha Anda.

Menilai dari penjelasan di atas, optimalisasi Google Maps memang tidak jauh berbeda dari tools lain dari Google. Hanya saja, Anda tetap perlu memperhatikan fitur dan layanan yang disediakan supaya penerapannya memberikan hasil yang diharapkan. Selain itu, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa pihak ketiga seperti CV Exito Bali untuk mendapatkan strategi yang sesuai supaya jangkauan audiensi lebih luas dan ranking memelesat naik di laman pencarian Google.

Bukan hanya itu, SEO agency di Bali ini pun menyediakan jasa lain yang masih berhubungan dengan optimasi bisnis online. Anda yang penasaran dan tertarik bisa langsung menghubungi kontak mereka untuk menanyakan informasi lebih lengkap!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?