8 Tips SEO untuk Mengoptimalkan Kata Kunci

Salah satu hal penting dalam membuat sebuah konten tampak memikat adalah kata kunci atau keyword. Sebagus apapun konten yang dibuat, jika kata kuncinya tidak memikat para audiens, sudah tentu orang sulit menemukan konten tersebut. Untuk mencari dan menentukan kata kunci tersebut, tentunya tidak boleh sembarangan.

Di Agency SEO seperti CV. Exito Bali misalnya, akan ada beberapa langkah atau cara yang digunakan, untuk menemukan atau menentukan kata kunci yang tepat sesuai dengan konten yang akan dibuat, dan berikut beberapa tips SEO penting untuk mengoptimalkan kata kunci atau keyword yang dimaksud.

  1. Audit strategi SEO

Adapun tips SEO pertama untuk mencari kata kunci yang tepat, yaitu dengan mengaudit strategi SEO yang digunakan. Di CV. Exito Bali misalnya, hal-hal yang berkaitan dengan SEO, seperti tag judul, deskripsi, tag header, struktur URL, gambar, penggunaan media sosial, konten, dan yang lainnya akan sangat diperhatikan.

Pastikan hal-hal tersebut berkaitan erat dengan tema konten yang akan dibuat. Setelah proses audit dan penyesuaian konten tersebut sudah selesai dilakukan, berikutnya Anda bisa mulai fokus terhadap keyword secara lebih spesifik.

  1. Mencari kata kunci

Sebelum mulai mencari kata kunci, Anda sebaiknya mengenal 5 indikator riset keyword yang perlu diperhatikan, seperti :

  1. Volume pencarian, yaitu banyaknya pencarian untuk sebuah kata kunci, pada kurun waktu tertentu.
  2. Tingkat kesulitan keyword, yang menunjukkan tingkat kesulitan pada sebuah kata kunci, yang ada di halaman pertama hasil pencarian.
  1. Saran kata kunci, berupa kumpulan kata kunci yang ada kaitannya dengan kata kunci, yang sedang Anda riset.
  2. SERP atau singkatan dari Search Engine Result Page, menunjukkan berbagai halaman yang menduduki 10 peringkat teratas, pada hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang anda riset.
  3. Search intent, yaitu hal yang diinginkan oleh pihak pencari dalam hal ini Anda, untuk sebuah keyword atau kata kunci.
  4. Teknik pencarian seperti ini, tentu saja digunakan di banyak jasa SEO di Bali, seperti Exito Bali, tujuannya tidak lain untuk menentukan kata kunci secara tepat, dan sesuai kebutuhan konten itu sendiri.
  5. Menentukan kata kunci

Untuk mencari kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan konten, Anda dapat menggunakan tools pencari kata kunci. Teknik ini juga banyak digunakan di jasa SEO, dan salah satunya CV. Exito Bali.

Tujuannya untuk memperoleh informasi tentang potensi traffic keyword tertentu, tingkat kesulitan pada sebuah keyword untuk memperoleh posisi di mesin pencari, serta rekomendasi penulisan akan konten secara lebih cepat, mudah dan praktis. Yang perlu diperhatikan, keyword sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Short tail keyword, yaitu kata kunci yang hanya terdiri atas 1 atau 2 kata saja, misalnya saja, “buku tulis”, atau “pijat refleksi”
  • Long tail keyword, yaitu atau kunci yang mempunyai 3 kata atau bahkan lebih, misalnya saja “cara mencuci tas punggung”, atau “resep nasi goreng praktis”.

Walaupun volume pencarian long tail keyword lebih kecil, ketimbang short tail keyword, namun long tail keyword, lebih efektif untuk dari sisi traffic.

  1. Pemetaan kata kunci

Pemetaan kata kunci atau mapping keyword adalah salah satu cara atau langkah yang pastinya dilakukan oleh SEO di Bali, seperti juga CV. Exito Bali. Ini adalah salah satu strategi yang dilakukan, guna memetakan daftar keyword yang relevan dengan konten yang Anda miliki. Tujuannya tidak lain, agar Anda terhindar dari keyword cannibalization atau penggunaan keyword yang terlalu mirip pada masing masing halaman.
BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Jasa Pembuatan Web di Bali dan Fungsinya
Jadi Anda harus memastikan posisi keyword yang akan digunakan, diletakkan berdasarkan maksud atau intent, pada masing masing konten yang ada. Artinya penting bagi Anda untuk membuat konten yang unik, dan berbeda antara 1 halaman dengan yang lainnya, agar isi konten Anda, tidak sia sia.

  1. Variasi target high dan low volume keyword   

Ketika Anda merancang SEO, menargetkan keyword yang digunakan di sepanjang artikel atau buyer journey, tentunya penting. Salah satu yang dapat Anda gunakan kali ini, yaitu menggunakan high and low volume keywords. Keyword yang berada di top funnel, atau di posisi teratas, biasanya mempunyai volume pencarian yang lebih besar. Sedangkan untuk keyword, yang volume pencariannya lebih sedikit, biasanya cakupan audiensnya jadi lebih spesifik.

Di jasa SEO Bali, seperti CV. Exito Bali penggunaan kombinasi keyword tersebut akan disesuaikan dengan tujuan atau target konten yang dibuat. Yang artinya ada kalanya kombinasi keyword tersebut perlu digunakan ada kalanya tidak digunakan.

  1. Masukkan kata kunci dalam konten

Setelah kata kunci selesai Anda pilih, serta menentukan halaman mana yang akan digunakan. Berikutnya Anda akan memasukkan kata kunci atau keyword tersebut ke dalam konten. Teknik peletakan kata kunci yang dilakukan oleh SEO Agency Bali, seperti juga yang dilakukan oleh CV. Exito Bali tidak sembarangan. Ada sejumlah modifikasi yang dilakukan, untuk membuat konten terlihat lebih fresh, natural dan pastinya bernilai bagi para pembaca.

Anda sebaiknya meletakkan kata kunci di bagian judul, heater tag (misalnya saja H2, H3, dan H4), meta deskripsi, dan yang lainnya. Tujuannya agar para pembaca, lebih memahami isi konten itu sendiri. Tentunya dengan menggunakan keyword yang sudah ditentukan sebelumnya, dan melakukan mapping ke dalam konten, yang berpotensi meningkatkan keyword coverage pada konten atau pada halaman website Anda.

  1. Jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci

Jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci, atau keyword stuffing. Dengan kata lain, Anda jangan memasukkan kata kunci terlalu banyak dalam konten atau bahkan mencoba memanipulasi search engine. Karena hal tersebut, akan merugikan performa website Anda. Orang yang melakukan hal tersebut, cenderung, mengesampingkan kualitas konten atau dengan kata lain tidak user centric.

Tentu saja praktik seperti ini tidak dilakukan di jasa SEO seperti CV. Exito Bali. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sinonim dari kata kunci yang digunakan. Pastikan Anda memasukkan kata kunci secara alami, dalam kalimat, serta prioritaskan keyword utama.

  1. Perhatikan target audiens

Hal lain yang pastinya tidak kalah penting untuk Anda perhatikan, dan pastinya juga diperhatikan oleh para jasa SEO seperti CV. Exito Bali, yaitu audiens. Dimana pembaca atau audiens sendiri adalah faktor utama, yang sebaiknya Anda perhatikan, dalam setiap aktivitas SEO yang akan dilakukan. Apabila website Anda berada di rangking serta traffic yang tinggi, tapi ternyata mendatangkan target audiens yang salah, pastinya hasilnya jadi kurang efektif.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah, memperhatikan target audiens serta sesuaikan dengan kata kunci yang akan digunakan. Teknik ini sangat membantu para pembaca atau audiens untuk menemukan situs atau konten yang Anda buat.

Masih bingung memilih dan menentukan kata kunci atau keyword yang tepat. Jangan khawatir, kunjungi saja CV. Exito Bali, tidak hanya masalah kata kunci saja yang dapat Anda atasi dengan baik, namun berbagai tips SEO lain yang berguna untuk meningkatkan performa website Anda, akan diperoleh secara optimal di jasa SEO yang satu ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?