8 Tips Cara Promosi di TikTok dan Tingkatkan Discoverability Bisnis Bali Anda di 2024

Banyak pelaku bisnis modern sekarang tahu kekuatan promosi di TikTok. Sayangnya, tidak banyak orang belajar cara optimal promosi di sini. Pada tahun 2024 ini, teknik cara promosi di TikTok sudah mulai berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Perubahan ini terjadi karena makin banyak orang paham seputar algoritma TikTok dan munculnya alat analisis yang makin akurat. Jika tidak mau ketinggalan, pastikan tingkatkan promosi bisnis Anda di TikTok dengan teknik terbaru. Cara belajar teknik terbaru yang paling mudah adalah mencontoh pihak profesional seperti ahli marketing digital Cv. Exito Bali. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda sukses promosi TikTok seperti ahli tersebut!

  1. Harus Mengenal Target Audience Video Promosi

Saat akan membuat konten video promosi di TikTok, pastikan Anda melakukan research target audience terlebih dahulu. Apakah produk bisnis Bali Anda untuk anak muda? Wisatawan dalam negeri? Orang luar negeri? Orang dewasa? Kaum wanita? Hal seperti ini perlu dipikirkan untuk membantu konsep pembuatan video. Setelah tahu akan target audience seperti apa, ide video dapat dibuat mulai dari basis tersebut. Apa yang disukai target audience Anda? Cari bahan yang trending di golongan mereka untuk buat video. Perusahaan seperti Cv. Exito Bali selalu sarankan research dahulu, sama halnya dengan SEO agency Bali yang cari keyword sesuai target audience. Hanya dengan info ini, cara promosi di TikTok Anda akan lebih lancar.

  1. Melakukan Optimasi dan Research Keyword

Optimasi cara promosi di TikTok yang selanjutnya adalah dengan research keyword. Sebelumnya, banyak orang tidak memanfaatkan teknik SEO ini untuk promosi di TikTok. Kebanyakan hanya fokus pada hastag dan trending topic. Namun sekarang, penggunaan tulisan pada TikTok menjadi lebih penting. Keyword akan masuk pada judul, deskripsi dan hastag. Jika komentar audience juga banyak menggunakan kata-kata keyword yang digunakan pada video, mereka akan bantu memudahkan algorithm mencari konten Anda. Menurut Cv. Exito Bali, penelitian keyword harus fokus pada penggunaan natural. Jika keyword terasa dipaksakan, biasanya malah gagal menarik algorithm TikTok. Jadi, bagi yang ingin sukses promosi di platform ini, coba cari partner jasa SEO di Bali untuk bantu research keyword.

  1. Manfaatkan Hashtags Trending yang Berhubungan dengan Promosi Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan hastag sangat penting di TikTok. Menurut ahli marketing digital, Cv. Exito Bali, memilih hastag di TikTok tidak boleh asal lihat trend. Memang trend topik tertentu dapat tiba-tiba muncul dan menarik untuk digunakan sebagai ladang promosi. Sayangnya, cara promosi di TikTok yang asal ikut trend tidak lagi efektif. Hal yang lebih baik adalah mengikuti trend yang sejalan dengan keperluan promosi bisnis Anda. Jadi bagi yang punya bisnis Bali soal kuliner, ikuti trending hashtag soal kuliner saja. Jangan sentuh trend tentang politik walaupun terlihat besar audience hastag itu.

  1. Wajib Post Video dengan Konsisten

Sama seperti teknik jasa SEO soal konten artikel, Anda wajib rutin posting video juga. Rutin di sini bukan banyak jumlahnya. Hal yang lebih penting adalah konsisten. Jika Anda upload video 2 kali seminggu, hal ini lebih baik daripada posting 10 video sehari dan posting lagi 1 di minggu depan dan minggu kedua istirahat. Walaupun jumlah video total upload 11 buah, hal ini tidak konsisten dan tidak akan dipromosikan oleh algorithm TikTok.  Saran dari ahli marketing Cv. Exito Bali adalah membuat jadwal pasti untuk membuat konten video yang baik dan memilih tanggal upload rutin-nya. Hal ini akan pastikan kualitas video yang baik dan efektif sebagai cara promosi di TikTok.

  1. Jangan Hanya Post Video Promosi Tapi Bantu Bentuk Komunitas

Banyak pelaku bisnis lupa bahwa TikTok adalah platform media sosial. Jadi, jangan gunakan TikTok sebagai alat posting video saja. Coba lakukan berbagai hal untuk bentuk komunitas. Misal saja dengan interaksi di kolom komentar. Membuat video interaktif yang membuat audience ingin jawab di kolom komentar ataupun ikut dueting dengan video Anda. Cara promosi di TikTok ini akan bantu membentuk komunitas yang lebih terbuka pada produk Anda. Komunitas ini akan lebih mau menyebarkan nama brand dan rekomendasikan bisnis Anda ke orang lain. Banyak perusahaan marketing profesional seperti Cv. Exito Bali selalu berusaha mencapai tahapan bentuk komunitas ini, karena memiliki impact besar pada marketing.

  1. Kolaborasi dengan Kreator TikTok Lain

TikTok adalah platform yang memudahkan kolaborasi. Mulai dari hal sederhana seperti duo video sampai benar-benar jalankan proyek kolaborasi, mudah selalu dilakukan di platform ini. Menurut Cv. Exito Bali, bekerja sama untuk buat video pendek di TikTok lebih mudah dibandingkan platform YouTube. Selain itu, audience di TikTok lebih haus konten kolaborasi dibandingkan Instagram. Hasilnya, kolaborasi dengan kreator lain lebih banyak mendapatkan engagement di TikTok. Menggunakan cara promosi di TikTok ini, bisnis Bali Anda dapat kerja sama dengan influencer dan micro artist untuk buat proyek promosi unik dan lebih berkesan. Jangan lupa pakai teknik SEO di Bali yang efektif seperti keyword dan hastag, agar konten lebih mudah tersebar di target konsumen Bali.

  1. Manfaatkan Video TikTok untuk Konten Blog dan Website Bisnis

Video pendek TikTok cocok untuk dipasang sebagai pelengkap konten tertulis. Jadi, manfaatkan video ini untuk pelengkap postingan blog ataupun artikel di website bisnis Anda. Menurut Cv. Exito Bali yang ahli media konten marketing, penggunaan silang ini akan permudah algorithm Google dan TikTok untuk menemukan konten tersebut. Penggabungan dua audience dengan konten yang bergabung bagus, akan hasilkan SEO dengan efek berganda. Jadi, manfaatkan teknik cara promosi di TikTok ini bagi yang punya blog dan website bisnis. Pastikan juga isi video TikTok sejalan dengan artikel dan kebalikannya, agar audience lebih tertarik klik antar media.

  1. Rutin Lakukan Analisa Performa TikTok dan Lakukan Perbaikan Strategi

Analisa dan evaluasi performa di TikTok adalah langkah akhir yang harus dilakukan. Hal ini penting untuk mendapatkan data yang dapat diolah menjadi strategi marketing baru. Tanpa adanya evaluasi, bagaimana Anda tahun video promosi efektif? Pihak profesional seperti Cv. Exito Bali sudah menggunakan alat analytic khusus TikTok untuk membaca situasi tiap video. Data seperti jumlah komentar, view per hari, jumlah yang tinggalkan like dan angka share dapat dianalisa berkat alat tersebut. Jika ingin susun strategi post TikTok yang efisien, pastikan analisa dan evaluasi cara promosi di TikTok Anda.

Gunakan Partner Marketing Terbaik untuk Optimalkan Promosi di TikTok

Jika merasa sulit melakukan optimasi apalagi analisa data performa TikTok, Anda jelas butuh bantuan partner marketing digital terbaik. Untuk hal ini, sangat direkomendasikan pilih penyedia jasa yang tidak hanya mampu melakukan optimasi SEO tapi juga jadi konsultan seputar marketing digital. Contoh yang tepat untuk hal ini adalah perusahaan Cv. Exito Bali. Penyedia jasa ini sudah terkenal di Bali dan memiliki pengalaman kerja di industri bidang marketing digital selama 5 tahun lebih. Baik kebutuhan jasa SEO Bali sampai teknis pembuatan website yang optimal performanya, mereka dapat tangani. Jadi, mengapa tidak jadikan partner saja? Mereka tentu tahu cara promosi di TikTok yang optimal dan mampu bekerja mandiri sebagai partner. Anda pasti lebih efisien jalankan bisnis dan promosi bersama Exito Bali!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?