8 Cara Membuat Artikel SEO Yang Mudah Digunakan UMKM Bali

UMKM Bali yang ingin bersaing di era digital sekarang, dapat gunakan konten artikel sebagai alat marketing. Sayangnya, untuk sukses marketing konten artikel, UMKM Bali harus belajar teknik SEO yang tepat. Tidak semua orang tahu cara membuat artikel seo, jadi tidak aneh jika pemilik usaha kecil banyak yang kesulitan. Layanan jasa SEO di Bali tentu tersedia. Contoh saja perusahaan Cv. Exito Bali adalah salah satu yang terkenal. Namun, tidak semua UMKM ingin keluarkan biaya lebih untuk gunakan jasa mereka. Lalu bagaimana solusi artikel SEO ini? Solusinya adalah coba belajar sendiri! Pada artikel ini, mari bahas beberapa cara untuk membuat artikel lebih SEO sendiri!
Baca Juga: Backlink Adalah: Pengertian, Fungsi, Pengaruh Pada SEO Website, dan Cara Membuatnya
Gunakan Judul Artikel yang Mengundang

Hal pertama yang harus dipelajari adalah tentang pembuatan judul. Untuk menjadikan artikel SEO, tingkat CTR (click trough rate) harus tinggi. Semakin banyak orang klik link artikel, makin mudah artikel tersebut muncul di Google. Penggunaan judul yang baik dapat membantu orang tertarik klik. Ahli SEO di Cv. Exito Bali menggunakan kata ajakan, pertanyaan dan judul bombastis untuk hal ini. Namun, Anda harus ingat bahwa judul tidak boleh berbohong (clickbait). Jika berbohong hanya untuk dapatkan klik, Google dapat deteksi hal tersebut. Judul harus sesuai isi, tapi jangan datar seperti membuat tugas laporan. Jadi, belajarlah menyusun judul menarik sebagai salah satu cara membuat artikel seo.

Promosikan Artikel Melalui Social Media

Membuat artikel yang menarik saja tidak cukup. Untuk meningkatkan SEO artikel, Anda harus mau promosikan konten tarsebut. Salah satu cara membuat artikel seo dengan promosi adalah lewat posting di social media. UMKM Bali pasti memiliki akun social media untuk komunikasi mudah dengan pelanggannya. Pada saat membuat artikel di website, coba buat link dari social media ke page artikel tersebut. Beri caption pada post social media yang berhubungan dengan isi artikel. Pastikan artikel yang dipromosikan berisi informasi relevan bagi audience social media UMKM Anda. Pihak ahli marketing Cv. Exito Bali selalu menyarankan rutin promosi artikel ini minimal seminggu sekali.

Gunakan Link dari Website Official

Saat menggunakan kutipan dari sumber tertentu, usahakan memberi link kembali ke sumber tersebut. Link ini lebih baik didapatkan dari website official. Contoh saja saat membahas seputar hutang bank dan aturan investasi, website OJK memberikan penjelasan seputar ini. Jadi, Anda sebagai pembuat artikel dapat menggunakan sumber link tersebut. Ahli artikel SEO di Cv. Exito Bali bahkan menggunakan link dari jurnal penelitian jika membahas kesehatan bahan makanan dan penyakit. Penggunaan link website official ini, adalah salah satu cara membuat artikel seo. Saat Google melihat ada artikel dengan sumber berkualitas baik, ranking SEO-nya pasti dinaikkan. Jadi tidak aneh jika banyak jasa SEO di Bali sering menggunakan teknik SEO ini.

Lebih Utamakan Bentuk Keyword Panjang

Keyword pendek lebih banyak persaingannya. Jika menggunakan keyword ini, konten artikel harus siap bersaing dengan website besar yang lebih terkenal. Biasanya UMKM akan kesulitan bersaing dari segi persaingan tersebut. Jadi, lebih baik gunakan keyword panjang yang spesifik untuk kurangi tingkat persaingan. Contoh saja saat buat artikel tentang smartphone Samsung. Pastikan jangan pakai keyword pendek “smartphone Samsung” saja. Usahakan pakai “smartphone Samsung 5 jutaan” misalnya. Keyword panjang ini sangat efektif digunakan para SEO agency Bali seperti Cv. Exito Bali. Menggunakan cara membuat artikel seo, artikel UMKM Anda jauh lebih mudah ditemukan. Selain itu, keyword yang lebih spesifik ini dapat dengan mudah dibuat menjadi topik artikel menarik.

Research Keyword yang Banyak Dicari di Google Trend

Cara membuat artikel seo yang tidak kalah penting adalah menentukan keyword yang tepat. Saat sudah punya ide keyword panjang yang akan digunakan, coba test dengan Google Trend. Alat ini dapat menunjukan informasi berapa orang mencari keyword tersebut di Google. Walaupun bukan alat akurat, Google Trend dapat menjadi petunjuk untuk memilih keyword yang menarik. Perusahaan Cv. Exito Bali masih sering menggunakan Google Trend juga walaupun sudah memiliki tool analisa keyword. Hal ini karena informasi Google Trend tetap berguna. Banyak jasa SEO sering merekomendasikan client mereka untuk belajar gunakan Google Trend karena manfaat yang besar ini.

Ukuran Paragraf Artikel Jangan Terlalu Panjang

Engagement adalah faktor yang dinilai untuk SEO. Hal ini di dapat dengan membuat artikel mudah dicerna dan menarik dibaca. Saat pengunjung meluangkan waktu banyak di halaman artikel, nilai engagement konten pasti tinggi. Cara membuat artikel seo seperti ini adalah membuat paragraf lebih pendek. Paling tidak satu paragraf maksimal terdiri dari 3 kalimat. Tampilan pendek paragraf memudahkan pembaca untuk menikmati artikel .Selain itu, tampilan ini ramah untuk dibaca pada layar smartphone yang kecil. Teknik mobile friendly ini selalu direkomendasikan juga oleh Cv. Exito Bali. Saat artikel mudah dibaca pada alat mobile yang banyak digunakan, pasti SEO artikel lebih baik.

Isi Artikel Harus Informatif

Jangan asal membuat artikel. Artikel yang hanya dibuat untuk memainkan jumlah keyword tanpa informasi yang baik tidak akan mendapat ranking baik di Google. Cv. Exito Bali yang ahli membuat konten, selalu mengajarkan hal dasar pembuatan konten adalah isi yang berguna bagi pembaca. Minimal, informasi yang ada di dalam artikel mampu menjawab info seputar UMKM Anda. Hal seperti manfaat produk dan daya tariknya, sudah cukup sebagai bahan artikel. Jika ingin kembangkan topik lebih luas, pastikan membuat yang berbobot mirip seperti informasi produk Anda. Menggunakan cara membuat artikel seo ini, membantu pembaca lebih percaya akan konten yang UMKM Anda buat.

Tingkatkan Engagement dengan Gambar Menarik

Meningkatkan engagement tidak hanya dari isi konten tapi juga dari tampilannya. Saat menggunakan gambar di artikel, tampilan konten pasti lebih menarik. Teknik cara membuat artikel seo ini sangat mudah. Cukup pasangkan artikel dengan gambar-gambar yang relevan. Jika memungkinkan, buat gambar dengan model infografik yang membantu penjelasan artikel. Diagram dan gambar tabel data juga bagus untuk digunakan artikel. Cv. Exito Bali juga merekomendasikan penggunaan model gambar bergerak dan animasi seperti format GIF. Tampilan seperti ini tidak hanya membantu pembaca menikmati artikel, tapi juga mendapatkan informasi lebih dari gambar tersebut. Jika mereka menikmati artikel, pembaca akan luangkan waktu lebih lama membaca dan menaikkan ukuran engagement konten.

Kesulitan Membuat Artikel SEO Sendiri?

Bagi Anda yang merasa kesulitan menggunakan teknik SEO di atas, jangan takut! Banyak layanan jasa artikel SEO tersedia untuk Anda gunakan. Salah satunya adalah Cv. Exito Bali. Perusahaan ini telah bekerja bertahun-tahun dalam industri SEO dan pembuatan konten. Mulai dari perusahaan besar sampai UMKM, telah sukses menggunakan jasa mereka. Banyak cara membuat artikel seo yang telah dikuasai perusahaan jasa SEO Bali yang satu ini. Hasilnya, konten artikel yang ingin Anda buat, dapat lebih optimal pencariannya di dunia digital. Mereka juga menggunakan tool untuk meneliti performa artikel dan keyword konten. Jadi, research analytic tidak perlu Anda lakukan sendiri. Bagi UMKM yang merasa kesulitan, segera hubungi jasa Exito Bali sekarang juga!
Baca Juga: Menulis Blog Menjadi Lebih Mudah! Cek Strategi Menulis Artikel SEO Friendly

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?