Tips Tingkatkan Penjualan Dengan Optimasi Google My Business

Optimasi Google My Business atau Google Bisnisku menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan penjualan. Apalagi di tengah tingginya persaingan bisnis berbasis digital saat ini. Google My Business dapat membuat bisnis Anda dengan mudah ditemukan oleh pelanggan. Di samping itu, penggunaan semua fitur Google My Business dengan baik juga akan membantu membangun kredibilitas bisnis. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga mereka tidak ragu untuk melakukan transaksi pembelian.

Jika Anda sudah mendaftar di Google My Business namun belum merasakan dampak positif pada penjualan, tidak perlu khawatir.  SEO Agency Bali terpercaya, Exito Bali akan mengulas tips meningkatkan penjualan dengan pengoptimalan Google My Business. Berikut panduannya.

Maksimalkan Profil Bisnis

Tips meningkatkan penjualan dengan optimasi Google My Business yang pertama adalah memaksimalkan profil bisnis Anda. Setelah berhasil mendaftarkan akun di Google My Business Exito Bali menganjurkan Anda untuk segera mengecek keakuratan profil bisnis. Utamanya informasi yang berkaitan dengan alamat, nomor kontak dan jam operasional. Ini bertujuan untuk menghindari daftar spam di Google My Business. Sebab, spam pada Google My Business bisa memberikan informasi yang salah kepada pelanggan.

Baca Juga : 5 Ide Postingan Instagram serta Tema-tema Menarik untuk Feed Instagram Anda

Mereka mungkin akan kesulitan menemukan bisnis Anda dan tidak tertarik lagi untuk melakukan pembelian. Akibatnya bisnis Anda bisa mengalami kerugian finansial yang cukup signifikan. Di samping itu, jangan lupa untuk menambahkan kategori yang relevan dengan bisnis Anda.

Verifikasi Listingan

Melakukan verifikasi listingan juga menjadi langkah optimasi Google My Business yang tidak boleh Anda lewatkan. Mengapa demikian? Jasa SEO yang profesional, Exito Bali akan memberikan penjelasannya. Listingan sendiri merupakan fitur untuk menyimpan foto lokasi bisnis berikut foto-foto ruangan lain yang ada di tempat bisnis Anda. Foto-foto tersebut akan lebih menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan rasa percaya mereka tentang keberadaan bisnis Anda.

Pelanggan dapat melihat foto yang ada di Google Maps untuk memastikan lokasi. Oleh karena itu, pastikan melakukan verifikasi listingan dengan menggunakan email. Verifikasi ini akan menjadi bukti yang disetujui Google bahwa bisnis Anda memang benar-benar ada di tempat tersebut.

Manfaatkan Fitur Google Insight

Tips meningkatkan penjualan dengan optimasi Google My Business yang selanjutnya yaitu memanfaatkan fitur Google Insight. Fitur Googe Insight merangkum sejumlah informasi penting yang berhubungan dengan pencapaian bisnis Anda. Dari pengalaman Exito Bali, penggunaan fitur ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan performa Google My Business. Google Insight menyediakan informasi tentang bagaimana cara pelanggan menemukan bisnis Anda, apakah melalui pencarian langsung maupun tidak langsung atau dari Google Maps.

Kemudian terdapat informasi mengenai reaksi pelanggan setelah menemukan bisnis Anda. Apakah mereka meminta petunjuk arah, melihat foto lokasi, mengunjungi website, dan masih banyak lagi. Bahkan Google Insight juga memberikan tahu Anda jumlah klik pada foto yang ditampilkan di profil bisnis.

Promosi Di Google Post

Optimasi Google My Business untuk meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan mempromosikan bisnis melalui Google Post. Melakukan promosi di Google Post dapat meningkatkan konversi sekaligus menunjukkan identitas merek Anda. Google Post juga bisa digunakan sebagai media pembaruan dalam profil Google Bisnisku. Mulai dari update produk terbaru, acara yang akan dilaksanakan hingga berbagai penawaran promo menarik. Tidak sedikit Jasa SEO di Bali berpengalaman, termasuk Exito Bali merekomendasikan penggunaan Google Post untuk membuat bisnis mendapatkan lebih banyak klik.

Namun perlu diingat, Anda harus mengikuti semua panduan yang diberikan oleh Google. Jangan sampai Anda mendapatkan sanksi penangguhan karena tidak menyertakan nomor telepon bisnis di Google Post.

Perhatikan Ulasan Pelanggan

Menurut Exito Bali, memperhatikan ulasan pelanggan di halaman Google Review merupakan langkah optimasi Google My Business yang tidak kalah penting. Karena, ulasan dari pelanggan akan menentukan ranking bisnis Anda di hasil pencarian. Semakin banyak pelanggan yang memberikan rating tinggi berupa bintang 5 maka akan semakin meningkat pula ranking bisnis Anda. Rating tinggi tersebut nantinya bisa menjadi acuan bagi para pelanggan lain dalam menilai kredibilitas bisnis yang Anda miliki.

Selain itu, usahakan untuk memberikan respon yang baik terhadap ulasan pelanggan. Baik itu untuk ulasan pelanggan yang bersifat positif maupun negatif. Jadikan ulasan negatif tersebut sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan pada bisnis Anda.

Pantau Kinerja Dengan Tautan UTM

Exito Bali menyarankan Anda untuk memantau kinerja dari upaya optimasi Google My Business menggunakan tautan UTM (Urchin Tracking Module). Dengan memantau kinerja semua fitur Google My Business yang digunakan, dapat diketahui tempat pelanggan menemukan bisnis Anda. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai tindakan apa saja yang pelanggan ambil. Anda bisa memanfaatkan fitur Google Analytics untuk melacak kinerja halaman dengan tag UTM.

Setidaknya terdapat empat area di Google My Business yang dapat diberi tag UTM. Diantaranya, tombol situs web, tautan janji temu, postingan Google dan produk bisnis. Memberi tag pada keempat area utama ini akan mempermudah dalam memahami perjalanan pelanggan yang terlibat dengan bisnis Anda.

Sediakan Saluran Pelanggan

Optimasi Google My Business bisa dilakukan dengan menyediakan saluran pelanggan. Exito Bali menilai bahwa langkah ini menjadi upaya yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Caranya dengan mengelola fitur perpesanan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan memberikan informasi yang mereka butuhkan. Jadi, pelanggan bisa langsung menghubungi Anda melalui fitur perpesanan tersebut. Misalnya dengan menyediakan sebuah tombol yang mengarahkan pelanggan ke situs web atau kontak panggilan.

Agar bisa mengaktifkan fitur perpesanan, Anda bisa masuk ke profil Google My Business dan kilik menu Pesan. Kemudian Anda bisa mengelola pesan yang masuk melalui perangkat mobile atau desktop. Sementara itu, pelanggan yang mengirimkan pesan akan mendapatkan balasan secara otomatis.

Klaim Short Name Google My Business

Tips meningkatkan penjualan dengan optimasi Google My Business yang terakhir adalah mengklaim short name atau nama pendek. Short name Google My Business terdiri dari 5 sampai 32 karakter yang ditambah dengan URL g.page. Exito Bali memberikan tips ini untuk mempermudah Anda dalam menautkan profil Google My Business. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa membagikan profil bisnis kepada pelanggan dengan menggunakan tautan yang singkat dan mudah diingat.

Cara melakukan klaim short name Google My Business terbilang mudah. Anda hanya perlu masuk ke profil Google My Business dan pilih menu Info. Setelah itu, Anda bisa menambahkan short name bisnis di area tanda @ berada.

Itu dia beberapa tips meningkatkan penjualan dengan melakukan optimasi Google My Business. Upaya ini akan memberikan manfaat bagi kelangsungan bisnis Anda. Selain bisa memaksimalkan keterlibatan pelanggan, pengoptimalan Google Bisnisku bisa meningkatkan konversi dan ranking bisnis Anda di hasil pencarian lokal. Dengan ranking yang lebih tinggi, visibilitas bisnis Anda pun akan ikut meningkat. Hal tersebut tentu saja dapat berpengaruh pada tingkat penjualan bisnis Anda.

Agar pengoptimalan Google My Business lebih efektif, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan Exito Bali. Kami merupakan Jasa SEO Bali dan Digital Marketing terlengkap yang menyediakan layanan berkualitas. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan akses website resmi kami dan hubungi kontak yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?