Tips Jitu Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Dari Digital Marketing Specialist

Brand awareness adalah istilah dalam bidang marketing yang merujuk pada kesadaran konsumen terhadap sebuah merek atau produk. Meningkatkan brand awareness merupakan langkah efektif untuk mempromosikan merek bisnis Anda kepada pelanggan lama sekaligus calon pelanggan baru. Brand awareness menawarkan beberapa manfaat bagi keberlangsungan bisnis. Mulai dari memperluas jangkauan pasar, mempengaruhi keputusan pembelian, membangun kepercayaan dan citra positif bisnis di mata konsumen serta mengoptimalkan angka penjualan. Brand awareness yang diciptakan dengan kuat juga dapat membuat bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor. Sebagai informasi, pada artikel ini akan diulas mengenai tips jitu meningkatkan brand awareness dari Jasa SEO dan digital marketing specialist, Exito Bali.

Tentukan USP Produk

Tips yang pertama, tentukan terlebih dahulu USP (Unique Selling Point) atau nilai unik dari produk Anda. Apabila Anda menjual produk yang berbeda dari pesaing, fokuslah pada keunikan tersebut dan tampilkan di setiap kesempatan promosi. Tidak hanya mampu meningkatkan kesadaran konsumen, nilai unik produk bisa membantu dalam memperkuat image atau identitas merek. Semakin sering orang melihat identitas merek, maka akan semakin besar pula peluang bisnis Anda diingat oleh mereka. Digital marketing specialist, Exito Bali menyarankan Anda untuk benar-benar memikirkan USP produk yang akan dijual. Sebab, langkah awal meningkatkan brand awareness ini menjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis Anda memberikan kesan yang baik kepada konsumen.

Pelajari Target Konsumen

Di langkah selanjutnya, pelajari dan analisis target pasar Anda secara mendalam. Menurut digital marketing specialist, Exito Bali, mempelajari dan menganalisis target pasar akan mempermudah Anda dalam menentukan karakteristik, psikografis, preferensi serta demografi dari setiap konsumen. Upaya ini juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi marketing yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Misalnya, siapa saja yang membutuhkan produk atau  jasa Anda, apa kendala yang sedang mereka hadapi serta apa yang membuat mereka tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Di samping itu, data yang Anda peroleh dari hasil analisis target pasar bisa digunakan untuk menyusun beberapa indikator brand awareness dengan mudah.

Maksimalkan Social Media Marketing

Tips meningkatkan brand awareness dari digital marketing specialist, Exito Bali yang berikutnya adalah memaksimalkan social media marketing. Sudah menjadi rahasia umum jika banyak orang lebih lebih menyukai platform media sosial sebagai alat mencari informasi terkait produk atau jasa. Oleh karena itu, penting bagi Anda memaksimalkan penggunaan social media marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan social media marketing, meliputi:

  • Lakukan analisis target konsumen di media sosial
  • Pilih platform media sosial yang sesuai dengan merek bisnis
  • Gunakan akun media sosial bisnis dan manfaatkan semua fiturnya
  • Konsisten dalam melakukan kampanye di media sosial
  • Bangun interaksi yang baik dengan audiens

Terapkan Strategi SEO

Menerapkan strategi SEO juga menjadi tips meningkatkan brand awareness dari digital marketing specialist lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Penerapan strategi SEO ini bisa dilakukan melalui website bisnis. Website yang SEO friendly akan memiliki visibilitas yang tinggi di halaman mesin pencari. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah menemukan website bisnis Anda. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh terhadap brand awareness. Keuntungannya, penjualan produk Anda akan mengalami peningkatan yang signifikan. Agar penerapan strategi SEO pada website bisnis berjalan dengan maksimal, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Bali yang profesional seperti Exito Bali. Tim SEO kami selalu siap membantu website bisnis Anda menempati peringkat pertama hasil pencarian.

Buat Konten Marketing Berkualitas

Dalam meningkatkan brand awareness, pembuatan konten marketing memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu, digital marketing specialist, Exito Bali meminta Anda untuk membuat konten marketing yang berkualitas dan mampu menarik perhatian audiens. Lantas, bagaimanakah cara membuat konten marketing yang berkualitas? Simak langkah-langkah berikut:

  • Pastikan konten marketing yang dibuat informatif dan tidak bertele-tele
  • Buat konten marketing visual yang unik
  • Pertimbangkan membuat konten marketing dalam berbagai format yaitu gambar, video serta infografis
  • Sesuaikan tema konten marketing dengan niche bisnis
  • Amati, tiru dan modifikasi konten marketing yang sedang viral
  • Buat storytelling yang menarik untuk memperkuat isi pesan yang akan disampaikan kepada audiens melalui konten marketing tersebut.

Optimalkan Layanan Pelanggan
BACA JUGA: Aneka Jenis Layanan yang Umum Ditawarkan Jasa Web Design Bali Profesional
Sebagian besar digital marketing specialist, tidak terkecuali Exito Bali akan mengoptimalkan layanan pelanggan untuk meningkatkan brand awareness pada sebuah bisnis. Dengan memberikan layanan yang baik, pelanggan akan merasa dihargai dan mengingat merek bisnis Anda dalam jangka waktu lama. Layanan memuaskan yang diterima oleh pelanggan juga akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap merek bisnis Anda. Para pelanggan yang loyal tidak akan ragu merekomendasikan produk atau layanan jasa Anda kepada orang lain. Ini tentu akan berdampak pada tingkat penjualan dan perkembangan bisnis Anda. Untuk meningkatkan layanan pelanggan, Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis saluran komunikasi atau yang lebih sering disebut dengan omnichannel.

Gunakan Influencer Marketing

Apabila memiliki anggaran pemasaran yang cukup, digital marketing specialist Exito Bali menganjurkan Anda untuk bekerja sama dengan influencer marketing. Influencer marketing sendiri adalah orang atau tokoh yang memiliki pengaruh besar di ruang publik dan mampu menciptakan konten marketing yang berkualitas. Seorang influencer marketing umumnya telah memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Produk atau layanan jasa yang dipromosikan oleh influencer marketing di platform media sosial nantinya akan dilihat oleh pengikut mereka. Pengikut tersebut cenderung selalu mengikuti tren dan menggunakan produk yang direkomendasikan oleh influencer favoritnya. Oleh karena itu, pertimbangkan menggunakan jasa influencer marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Pasarkan Produk Melalui Event Khusus 

Tips meningkatkan brand awareness dari digital marketing specialist, Exito Bali yang terakhir adalah memasarkan produk melalui event-event khusus. Cara ini telah diaplikasikan oleh banyak brand besar untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Memasarkan produk melalui event khusus dipercaya dapat menjaring banyak konsumen yang lebih spesifik, menambah network dan membaca potensi kompetitor. Di bawah ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk melalui event-event khusus.

  • Membuat konten promosi yang menarik
  • Promosikan produk dengan edisi terbatas
  • Menyelenggarakan bazar
  • Menampilkan identitas merek atau logo bisnis Anda setiap mengadakan event khusus.
  • Ikut berpartisipasi dalam berbagai acara besar seperti pameran dan konser musik

Itulah sejumlah tips untuk meningkatkan brand awareness bisnis dari digital marketing spesialist. Bagi Anda yang memiliki lebih dari satu lini bisnis, sebaiknya bentuk tim digital marketing sendiri untuk memaksimalkan upaya peningkatan brand awareness. Atau, Anda juga bisa mengandalkan SEO Agency Bali dan Digital Marketing terlengkap seperti Exito Bali. Selama hampir satu dekade, kami telah membantu berbagai kalangan pebisnis untuk merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif. Termasuk dalam meningkatkan brand awareness bisnis. Selain itu, kami juga menyediakan layanan jasa desain situs web, optimasi SEO, Facebook Ads, Google Adword dan masih banyak lagi. Tertarik bekerja sama? Hubungi kontak kami sekarang dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?