Bikin Bisnis Makin Dikenal Dengan 8 Cara Sederhana Optimasi Google My Business

Dunia digital marketing masa kini menjanjikan prospek bisnis cerah melalui hadirnya berbagai tools berguna seperti Google My Business, alat satu ini mampu mendorong kegiatan perdagangan lokal melawan kompetitor lain. Alat tersebut berisikan informasi berupa nama, alamat toko, jam buka, peta, hingga kontak yang berfungsi penuh bantu menaikkan nama bisnis Anda apalagi jika optimasi Google My Business telah tepat, sehingga orang lebih mudah menemukan bisnis yang dicari sebagai opsi mereka.

memberikan beberapa tips dan trik supaya optimasi tools Google Business ini dapat berhasil.

Kenapa Bisnis Lokal Perlu GMB?

Mengapa pemilik bisnis lokal memerlukan optimasi Google My Business? Jadi, tanpa mendaftarkan akun Google My Business ini dapat mengecilkan peluang bisnis lebih berpotensi dikenali oleh banyak orang, terlebih jika Anda berencana mengAndalkan SEO dalam mengembangkan usaha. Ketika calon konsumen tengah mencari bisnis/jasa Anda, kemungkinan besar mereka tak akan menemukannya bahkan lebih buruknya lagi ada disinformasi alamat, kontak, sampai jam buka.

Karena hal tersebut menjadi alasan Cv. Exito Bali mengapa pemilik bisnis wajib melakukan optimasi profil Google My Business. Dengan optimasi akun, Anda dapat membantu konsumen menemukan apa yang mereka cari dan meningkatkan peluang mendatangkan konsumen lebih banyak lagi.

8 Cara Optimasi Mudah Google My Business

Berikut beberapa cara sederhana optimasi Google My Business :

  1. Ulas informasi bisnis

Informasi utama pada GMB antara lain nama toko, alamat, dan kontak. Ulas kembali apakah penulisan nama tokonya sudah benar, selaras dengan penamaan di platform lain, serta tertulis sesuai di lokasi aslinya. Selain itu, Cv. Exito Bali sarankan ulas juga alamat toko mulai dari nama jalan, nomor dan blok gedungnya kemudian kontak yang bisa dihubungi pun lebih baik menggunakan nomor khusus bisnis.

Walau tampaknya sepele, akan tetapi nama, alamat, kontak merupakan elemen penting dalam Google My Business yang tidak boleh dibiarkan kosong ataupun ada misinformasi.

  1. Tambahkan deskripsi dan kategorinya

Optimasi Google My Business berikutnya terletak pada bagian teratas tab informasi ada ruang untuk mengisikan deskripsi bisnis. Anda hanya perlu masukkan deskripsi singkat mengenai bisnis yang dijalani, nilai-nilai, layanan yang tersedia, dan area yang dilayani. Penting sekali memasukkan kota, kecamatan, sampai kabupaten agar memudahkan Google melakukan pemeringkatan bisnis di area tertentu.
BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Jasa Pembuatan Web di Bali dan Fungsinya
Saran Cv. Exito Bali, pilih juga kategori bisnis yang tersedia, misalkan Anda menjalankan bisnis toko roti maka pilihlah toko roti, sementara jika menjalankan bisnis dropship cukup pilih opsi e-commerce. Pastikan selalu mengisi kategori bisnis atau layanan pada akun Google My Business untuk permudah jasa SEO menyukseskan optimasi.

  1. Respon ulasan konsumen

Setiap konsumen bebas memberi ulasan apapun terhadap bisnis Anda, baik itu positif maupun negatif. Tips dan trik optimasi Google My Business selanjutnya adalah merespon balik ulasan yang diberikan konsumen dengan klik “Belum Dibalas” untuk melihatnya. Fitur itu menyederhanakan ratusan ulasan menjadi muncul beberapa saja yang belum Anda balas. Pemilik bisnis dapat memberi respon yang relevan atas apa yang disampaikan konsumen, baik sekadar mengucapkan terima kasih maupun menanggapi ulasan negatif dengan balasan yang santun, dan Cv. Exito Bali sarankan juga agar memasukkan beberapa kata kunci yang mana makin sering disebut maka akan muncul teratas pada profil GMB untuk pemeringkatan Google.

  1. Masukkan produk dan layanan

Konsumen membuka internet dan mengulik apa yang ditawarkan bisnis tersebut agar lebih cepat tanpa perlu mendatangi toko fisiknya, sehingga amat disarankan untuk mengisikan bagian produk dan layanan pada bisnis lokal Anda. Optimasi Google My Business dilakukan dengan memasukkan tawaran produk, nama, foto, dan kategorinya pada kolom “Produk”, sementara jika menawarkan layanan maka pilih “Layanan” dan isikan deskripsi layanan tersebut beserta sisipkan beberapa kata kunci SEO.

Apabila belum yakin dengan cara optimasi satu ini, pemilik bisnis dapat menyerahkan urusan tersebut kepada Cv. Exito Bali sebagai agensi digital marketing profesional yang telah berpengalaman dalam mengoptimasi GMB milik pebisnis lokal.

  1. Unggah foto bisnis

Dokumentasi bisnis adalah cara optimasi Google My Business yang mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan dan meminimalkan perasaan ragu calon konsumen. Cara memasukkannya tinggal klik tab “Foto”, pilih ingin memasukkan foto “Cover” dan “Logo” terlebih dahulu. Menurut Cv. Exito Bali sebagai agensi SEO di Bali, masukkanlah beberapa gambar pendukung yang berkaitan dengan usaha Anda. Misalnya, bagian dalam toko, potret karyawan tengah bekerja, tampak depan toko, foto produk yang ditampilkan, menu, harga produk dan dokumentasi penting lain asalkan masih ada kaitannya. Foto bisnis ini dapat Anda ambil langsung dari kamera ponsel ataupun meminta bantuan fotografer profesional untuk hasil foto lebih berkualitas dan jelas.

  1. Tingkatkan fitur Atribut

Optimasi Google My Business semakin memfasilitasi konsumen dengan kehadiran fitur “Atribut”. Fitur tersebut berguna dalam spesifikasi lebih apa saja yang tersedia dari sebuah bisnis atau layanan. Contohnya bisnis mall Anda dapat menambahkan fitur “Atribut” seperti menyediakan ruang diapers dan menyusui, ramah kaum disabilitas, terdapat tempat ibadah, parkir luas untuk motor dan mobil.

Atau misalkan membuka toko roti, tambahkanlah informasi penting seperti pengunjung bisa makan di tempat, tersedia toilet, ramah hewan peliharaan, dan sebagainya. Menurut Cv. Exito Bali sebagai agensi profesional bidang digital marketing dan SEO, fitur satu ini amat membantu konsumen untuk mendapatkan informasi yang mereka cari.

  1. Gunakan fitur postingan

Cv. Exito Bali tak lupa mengingatkan pengguna agar memanfaatkan juga fitur “Postingan” yang tersedia pada Google My Business. Fiturnya biasa digunakan jika bisnis Anda mengadakan sebuah acara atau ingin berbagi informasi penting kepada konsumen. Caranya sangat mudah yakni klik “Post” kemudian klik kanan di ujung kanan, pilih kategori postingan dan tuliskan informasi pentingnya.

Pengguna juga boleh menambahkan foto atau hal lainnya yang relevan, kemudian klik “Kirim”. Dahulu fitur untuk optimasi Google My Business ini hanya berlaku tujuh hari saja, tetapi sekarang tidak ada lagi masa kadaluarsanya, jadi pastikan agar selalu memperbarui informasi yang ditulis pada postingan itu.

  1. Selipkan keywords

Kata kunci adalah alat berguna lainnya untuk menaikkan peringkat sekaligus permudah pencarian di Google. Optimasi Google My Business melalui selipan 1-2 kata kunci atau beberapa keywords terkait pencarian umum pelanggan, dengan menyelipkan kata kunci dapat membantu konsumen dalam mencari bisnis atau jasa yang diperlukan dan lokasinya terdekat.

Bingung menentukan kata kuncinya? Tenang saja, Cv. Exito Bali siap membantu Anda mencari dan menemukan setiap kata kunci paling relevan yang bisa dimasukkan ke dalam GMB. Dengan bantuan SEO Agency Bali terpercaya nan berpengalaman, optimasi Google My Business milik Anda dijamin efektif!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?