9 Tips Optimasi Google My Business Bagi Pebisnis Bali Berdasarkan Trend 2024

Persaingan bisnis di Bali pada tahun 2024 makin tinggi. Untuk dapat bersaing dengan baik, para pebisnis Bali disarankan memanfaatkan Google My Business. Alat dari Google ini membantu menaruh bisnis Anda di internet dan mempromosikannya di search engine. Bagi yang tidak tahu, alat ini membuat info bisnis seperti nama, lokasi di Google Maps, gambar dan review muncul di samping kanan layar search engine Google. Coba saja ketik nama usaha Bali tertentu yang sudah memanfaatkan alat ini. Pasti infonya lebih mudah ditemukan. Menurut ahli SEO dari Cv. Exito Bali, pasang Google My Business saja tidak cukup. Mari bahas bersama tips optimasi Google My Business yang sesuai dengan trend terbaru 2024 saat ini!

Pastikan Informasi yang Dicantumkan Selalu Aktual dan Konsisten

Optimasi yang pertama dan paling sederhana adalah membenahi informasi dalam Google My Business. Pastikan nama usaha Anda sudah benar dan sama seperti banyak platform lain yang digunakan. Nama bisnis di Facebook, Twitter dan Instagram misalnya, harus sama dengan yang dicantumkan pada Google My Business. Info yang tercantum juga harus actual. Contoh saja soal kontak nomor telepon dan jam buka. Semua harus sesuai kondisi terkini bisnis. Menurut Cv. Exito Bali yang ahli digital marketing, para pebisnis kecil Bali akan mudah pakai teknik optimasi Google My Business ini. Cukup perbaiki profile bisnis Anda sebaik mungkin dan update saat ada perubahan situasi bisnis.

Buat Deskripsi Informatif Tanpa Berbelit

Pada kolom deskripsi di Google My Business, Anda wajib isi dengan info relevan seputar bisnis. Pastikan info tersebut membantu memberi gambaran bagi user yang tertarik datang ke tempat Anda. Info soal bisnis yang dilakukan dan deskripsi unik bisnis dapat dicantumkan di dalamnya. Para pelaku bisnis di Pulau Dewata bahkan sering sewa jasa SEO Bali untuk buat deskripsi yang SEO dengan keyword. Menurut ahli di Cv. Exito Bali, mengisi deskripsi dengan info berguna dan keyword adalah hal optimal. Pastikan juga deskripsi mudah dibaca dan terdiri dari beberapa kalimat. Singkat padat dan jelas adalah kunci utama buat deskripsi baik. Cukup mudah bukan? Jadi pertimbangkan cara optimasi Google My Business untuk kebutuhan bisnis Bali Anda!

Masukan Golongan Bisnis ke Kategori

Untuk meningkatkan SEO bisnis Anda di Google, pastikan optimasi Google My Business dengan pakai fitur kategori. Pada fitur ini, Anda bisa masukan golongan bisnis Anda secara detail. Bisa dibilang hal ini mirip tags jika melihat di sosial media. Bayangkan bagi pelaku bisnis kuliner di Pulau Bali. Para pebisnis ini dapat memasukan kategori utama restoran dan tambahan kategori untuk deskripsi kuliner tradisional Bali. Jika contoh teknik optimasi kategori dari Cv. Exito Bali, Anda bisa tambahkan juga keahlian bisnis dan layanan tambahan yang diberikan. Contoh saja bisnis restoran, lesehan, ayam goreng dan wedding avenue dapat dimasukan jadi kategori. Pastikan minta bantuan jasa SEO di Bali agar kategori ini bisa menjadi keyword yang membantu bisnis Anda ditemukan Google.

Dorong Konsumen untuk Tinggalkan Review
BACA JUGA: 8 Ide Postingan Instagram Unik Untuk Mewarnai Akun Marketing Bisnis Bali Anda!
Semakin banyak review yang ada di Google My Business, makin banyak orang bisa timbang sendiri kualitas bisnis Anda. Jadi teknik mengumpulkan review banyak sangat dianjurkan sebagai optimasi Google My Business tahun 2024 ini. Banyak ahli SEO seperti Cv. Exito Bali melihat hal ini sebagai interaksi dengan audience. Di SEO, salah satu kategori optimasi adalah engagement. Jadi, mendorong konsumen meninggalkan review akan bermanfaat banyak. Jadi, coba dorong pengunjung bisnis untuk beri rating dan komentar seputar pengalaman mereka dengan bisnis Anda. Beri motivasi berupa diskon atau bonus tertentu agar makin banyak review yang muncul.

Beri Informasi Produk dan Jasa Bisnis Anda

Pada deskripsi, Anda diminta menjelaskan mengenai brand dan bisnis yang dilakukan sesingkat mungkin tapi tetap informatif. Untuk memberi informasi lebih bagi mereka yang penasaran, tambahkan juga informasi produk dan jasa bisnis Anda. Contoh saja Anda tampilkan menu restoran yang tersedia di tempat Anda. Masing-masing masakan di menu adalah produk dan detailnya bisa membantu user jadi pembeli. Info yang dicantumkan bisa berupa harga, deskripsi produk dan foto produk. Menurut ahli marketing di Cv. Exito Bali, penjelasan ini lebih mudah untuk jelaskan produk. Namun, jasa juga bisa memanfaatkannya. Contoh saja tempat spa menunjukan layanan pijat, terapi sauna dan cupping. Pastikan beri info lengkap seputar hal ini karena berguna untuk optimasi Google My Business.

Beri Gambar dan Video Secara Rutin

Banyak orang sering takut mencoba datang ke bisnis dengan informasi tidak jelas. Maka dari itu, pihak jasa SEO Cv. Exito Bali selalu menyarankan client mereka agar beri informasi secara visual. Teknik optimasi Google My Business dengan video dan gambar sangat mudah dilakukan. Coba sebulan sekali foto tempat bisnis Anda atau rekam video seputar situasi kerja di situ. Media ini dapat dipasang pada Google My Business untuk menunjukan kondisi terkini. Contoh saja Anda adalah pelaku bisnis mebel di Bali. Anda bisa tunjukan koleksi mebel baru yang baru saja tersedia dengan foto dan video. Setiap kali koleksi mebel baru datang, posting info media ini pasti membantu menunjukan ada hal baru di usaha mebel Anda. Rutin posting juga menaikan tingkat SEO.

Posting Situasi Bisnis Layaknya Sosial Media

Selain posting foto dan video, ada fitur posting update seputar situasi bisnis pada page Google My Business. Para pelaku bisnis di Bali dapat memanfaatkan hal ini seperti platform sosial media bisnis Anda. Misal ada kejadian mati lampu di area bisnis Anda. Kejadian ini menghambat pelayanan bisnis, silahkan post informasi ini di Google My Business sebagai peringatan bagi calon pengunjung. Jika ada infornya, pengunjung pasti tidak terlalu kecewa jika layanan Anda bermasalah karena mati lampu. Postingan ini dapat mengandung keyword SEO di Bali juga. Memanfaatkan keyword di sini sangat optimal menurut Cv. Exito Bali. Bisa dibilang seperti membuat konten artikel pendek dengan keyword di dalamnya. Akibat efeknya yang bagus, pastikan coba teknik optimasi Google My Business yang optimal di 2024 ini.

Pakai FAQ untuk Informasi yang Sering Dicari Calon Pelanggan

Saat akan datang ke suatu bisnis, para calon pelanggan pasti memiliki banyak pertanyaan. Pada teknik optimasi Google My Business ini, Anda bisa memanfaatkan rasa penasaran tersebut dengan pasang FAQ. Frequent Ask Question pada Google My Business dapat Anda isi dengan pertanyaan yang sering dicari pengunjung seputar bisnis Anda. Contoh saja bisnis kuliner bakmi gaya Chinese di Bali. Informasi yang sering ditanyakan apakah tempat ini halal? Anda sebagai pelaku bisnis tersebut dapat pasang FAQ seputar ini. Jika halal, tulislah informasi tersebut. Hal lain yang bisa ditanyakan apakah ada  toilet? Bagaimana dengan fasilitas untuk anak? Semua pertanyaan ini dapat dijawab dalam fitur tersebut. Sebagai tips dari Cv. Exito Bali yang ahli SEO, Anda bisa masukan keyword seputar bisnis juga di dalam FAQ tersebut. Jadi optimasi lebih berganda hasilnya.

Gunakan Pakar SEO dan Google My Business

Optimasi penggunaan Google My Business sangatlah penting, tapi belum tentu semua orang mampu melakukannya dengan tepat. Tips yang dibahas sebelumnya adalah bagian yang paling sederhana. Jika ingin optimasi lebih detail, penggunaan pakar pasti diperlukan. Para pebisnis Bali ukuran kecil dan menengah belum tentu mampu belajar teknik tingkat tinggi seputar Google My Business. Maka dari itu, coba gunakan SEO agency Bali yang ahli seputar Google My Business saja! Sebagai rekomendasi, silahkan hubungi pakar SEO, Cv. Exito Bali. Mereka memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun di industri digital marketing. Sebagai pakar, mereka pasti ahli optimasi Google My Business. Jadi tunggu apa lagi? Hubungi segera pihak Exito Bali sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?