Website Development Services, Ini Yang Perlu Diketahui Sebelum Pakai!

Keberadaan dari website development services semakin menjamur di tengah masyarakat saat ini karena memang banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih lagi bagi para pemilik usaha atau bisnis, maka kehadiran dari jasa ini terbilang sangat laku keras. Ini mungkin disebabkan karena tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam mengembangkan website.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila di era digital seperti sekarang, bisnis atau perusahaan yang harus menyesuaikan cara berbisnis mereka agar berbentuk digital. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mempunyai website bisnis. Dengan memiliki situs web untuk bisnis, ternyata akan memberikan banyak manfaat.

Manfaat tersebut diantaranya adalah membantu Anda dalam melakukan kegiatan branding hingga bisa meningkatkan angka penjualan. Tetapi tidak semua orang dapat membuat dan mengembangkan website dengan optimal. Disinilah website development services hadir untuk menjadi solusi pilihan bagi para pemilik bisnis atau perusahaan.

Mengenal Website Development Service

Sebagian besar dari Anda mungkin masih bertanya apa fungsi dan peran dari jasa web development tersebut bukan. Jadi web developer merupakan seseorang yang mempunyai tanggung jawab di dalam proses pembuatan, pengembangan hingga pemeliharaan suatu situs website. Di dalam menjalankan pekerjaan, jasa ini juga harus mempunyai skill terkait pemrograman sekaligus pemahaman cukup dalam tentang bahasa pemrograman.

Nantinya terdapat sejumlah tugas dan peran yang dilakukan oleh jasa ini misalnya saja adalah merancang tampilan sekaligus struktur website, mengaplikasikan bahasa pemrograman guna membangun elemen dari website hingga membuat kinerja dari website lebih optimal.

Tidak sampai disitu saja, website development services juga harus membuat sebuah website agar responsif sekaligus ramah digunakan bagi pengguna ponsel. Mereka juga ikut serta dalam menjaga keamanan dengan cara memberikan perlindungan lebih terhadap keamanan data pengguna hingga mengamankan website agar terhindar dari serangan peretasan hingga malware.

Meskipun sebuah situs website sudah berhasil mereka buat, ternyata tugas dari mereka juga masih belum selesai. Sebab nantinya diwajibkan agar melakukan proses pemeliharaan sekaligus pengelolaan dari website. Mereka juga akan memperbaiki jika terdapat bug yang mengganggu kinerja dari situs website.

Bagaimana Tahap Jasa Web Development Bekerja
BACA JUGA: Meningkatkan Kualitas Website dengan Tips ini dan Bantuan Website Development Services
Sesudah mengetahui bagaimana pengertian dari website development services di atas, maka langkah berikutnya adalah mengetahui bagaimana tahapan mereka bekerja. Sebab dalam mengembangkan suatu website, terdapat beberapa proses yang harus dilalui dahulu. Adapun di bawah ini adalah proses untuk pengembangan dari suatu website.

  1. Lakukan Analisis Kebutuhan Dahulu

Tahap pertama yang harus dilakukan oleh jasa adalah melakukan diskusi dengan pihak klien agar mengetahui kebutuhan dan tujuan dari pembuatan website. Disinilah pihak jasa akan mengumpulkan sejumlah informasi mengenai target audiens, fitur hingga fungsional yang diperlukan. Tujuannya adalah agar memberikan kemudahan dalam merancang konsep sekaligus arsitektur dari keseluruhan web.

  1. Membuat Desain serta WireFrame

Sesudah pihak jasa mengetahui kebutuhan dan tujuan dari klien, maka mereka akan memulai melakukan pembuatan desain website. Di dalam kegiatan ini nantinya akan mencakup sejumlah hal berkaitan dengan visual. Misalnya saja mengatur tata letak, elemen desain hingga warna yang akan digunakan.

Sedangkan untuk wireframe merupakan sebuah wakil visual secara sederhana dimana dapat menunjukkan struktur da tata letak halama situs tetapi desainnya tidak lengkap. Kedua hal ini ternyata sangat berguna bagi website development services dalam mengembangkan suatu situs web.

  1. Pengembangan Front End dan Back End

Masih belum selesai, tahapan pekerjaan yang harus dilalui oleh jasa selanjutnya adalah pengembangan front end dan back end ini. Untuk front end, pihak developer biasanya akan memanfaatkan bahasa pemrograman seperti CSS, JavaScript hingga HTML. Nantinya akan langsung diaplikasikan di dalam desain dan wireframe.

Adapun tujuan utama dari proses ini yakni agar pengguna bisa melakukan interaksi dengan website secara intuitif serta lancar. Dilanjutnya dengan pengembangan Back End yang nantinya akan melibatkan proses pengembangan komponen dimana tidak akan bisa dilihat oleh pengguna. Tetapi memang sangat penting digunakan agar proses penggunaan website bisa lancar.

Di dalam mengembangkan back end, jasa bisanya akan menggunakan Python, PHP hingga Ruby. Tujuannya supaya bisa mengembangkan logika bisnis, manajemen database hingga melakukan pengaturan koneksi dengan server. Jasa juga akan memastikan kalau beberapa fungsi pada web seperti pendaftaran hingga sistem pembayaran bisa berjalan dengan baik.

  1. Quality Assurance

Masih ada tahap berikutnya yakni Quality Assurance yang nantinya website development services harus melakukan pengujian secara menyeluruh pada website. Adapun pengujian ini dapat meliputi keamanan, kinerja hingga kompatibilitas dari lintas browser atau perangkat.

Di tahap ini, biasanya jasa juga berusaha buat mencari kesalahan tampilan, bug ataupun masalah lainnya dimana akan berpengaruh terhadap kelancaran penggunaan. Setelah masalah ditemukan, mereka harus memperbaikinya serta menguji kembali hingga website dapat berfungsi dengan baik.

  1. Proses Peluncuran Sekaligus Maintenance

Masih ada tahapan terakhir yang harus dilakukan oleh seorang jasa pengembangan website yakni proses peluncuran sekaligus maintenance ini. Web developer nantinya akan meluncurkan website dengan cara mengupload ke server dan memastikan kalau semua komponennya dapat berfungsi dengan optimal.

Sesudah berhasil diluncurkan, tugas mereka masih belum selesai karena juga mempunyai tangggung jawab untuk pemeliharaan sekaligus pembaruan dengan rutin. Mereka juga perlu memastikan kalau web dapat berjalan dengan baik, mengupdate konten di dalamnya, menghilangkan bug dan masih banyak.

Tips Dalam Memilih Web Developer Terpercaya

Meskipun Anda sudah bisa menemukan dengan mudah keberadaan jasa website development services di Indonesia, tetapi tidak semuanya kredibel dan terpercaya. Oleh sebab itulah sebagai pengguna sebaiknya juga harus jeli dalam memilihnya. Di bawah ini sejumlah tips yang akan membantu Anda dalam memilih website development ini.

  1. Cek Rekam Jejak Yang Mereka Miliki

Hal paling penting dalam memilih jasa pengembangan website adalah melihat rekam jejak mereka terlebih dahulu. Sebab rekam jejak ini dapat menunjukkan bagaimana tingkat profesionalitas dari jasa bersangkutan. Cobalah cek bagaimana reputasi mereka di kalangan pengguna sebelumnya serta hasil kerja dari proyek para klien yang sudah bekerja sama.

  1. Cek Website Yang Mereka Miliki

Buat membantu Anda mengetahui apakah website development services terpercaya atau tidak sangat mudah yakni dapat melihat website mereka terlebih dahulu. Misalnya saja adalah dengan mencaritahu bagaimana posisi website mereka di situs pencarian seperti google. Jangan lupa juga mengecek bagaimana tingkat kecepatan website yang mereka miliki.

  1. Pastikan Mampu Memahami Para Pengguna

Tips terakhir pastikan Anda memilih jasa pengembangan website yang mampu memenuhi setiap kebutuhan dari para klien. Sebab setiap pengguna pastinya mempunyai keinginan berbeda terkait dengan pembuatan dari website. Jangan lupa juga memilih jasa yang menawarkan transparansi terkait dengan harga.

Membuat website untuk keperluan bisnis memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar dapat berfungsi dengan optimal. Disinilah Anda membutuhkan keberadaan jasa pembuatan website untuk membantu mengembangkan situs web. Jika Anda bingung memilih jasa website development services yang mana, maka silahkan andalkan keberadaan dari Exito Bali dapat jadi pilihannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?