Bagaimana Cara Melakukan Onpage SEO Audit

Tidak dapat dipungkiri, bahwa belakangan ini penggunaan SEO sangat diperhatikan, terutama bagi Anda yang bergelut dalam bidang online. Menggunakan dan melakukan onpage SEO audit, terbilang penting, karena hal tersebut berkaitan erat dengan peningkatan potensi situs, bahkan mampu menaikkan peringkat situs Anda di mesin pencari. Menariknya, selain Anda dapat mengaudit sendiri, Anda juga dapat menggunakan jasa audit SEO seperti CV. Exito Bali, untuk hasil yang lebih optimal. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini.

Mengenal On-Page SEO Audit

Ternyata tidak hanya sistem keuangan yang selalu melakukan audit, penggunaan SEO pada web juga membutuhkan sistem audit yang tepat. Adalah onpage SEO audit seperti yang ditawarkan oleh CV. Exito Bali, sebagai agency SEO, tidak lain pemeriksaan kesehatan pada situs website, mengecek elemen yang digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, serta pengalaman para pengguna. Ini adalah layanan yang sangat penting, karena :

  • Membantu menjaga situs Anda agar tetap selaras dengan algoritma dan preferensi para pengguna yang terus berkembang.
  • Menyoroti masalah yang dapat mempengaruhi kinerja situs web Anda, agar peringkat web terus meningkat.
  • Membantu Anda, dalam mengukur efektivitas SEO, dengan memberikan informasi berdasarkan data.
  • Memberikan wawasan tentang strategi para pesaing, serta membantu Anda agar tetap terdepan.
  • Meningkatkan pengalaman para pengguna, melakukan konversi, meningkatkan keterlibatan serta retensi.

6 faktor melakukan On-Page SEO Audit

Seperti yang dijelaskan selintas di atas, untuk melakukan On-Page SEO Audit, Anda dapat melakukannya sendiri atau menggunakan tenaga ahli seperti CV. Exito Bali. Menggunakan tenaga ahli bisa dibilang langkah yang bijak, karena untuk melakukan audit seperti ini cukup melelahkan, lantaran ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan dengan seksama, agar performa website yang Anda miliki kelak, jadi lebih baik lagi. Elemen elemen ini juga yang nantinya digunakan oleh para tenaga ahli untuk memperbaiki dan meningkatkan performa sebuah website. Adapun faktor atau elemen yang dimaksud antara lain :

  1. Tag judul

Tahukah Anda, bahwa Tag judul serta meta deskripsi ini sangat penting, untuk membentuk sebuah SEO dengan baik. Selain itu, setiap halaman pada situs web Anda harus dibuat unik, yang artinya tag judul yang dibuat juga harus berbeda setiap halamannya. Tag judul ini akan memberi informasi pada mesin pencari, tentang subjek  yang ada pada setiap halaman situs web Anda. Selain itu  tag judul ini juga muncul sebagai kata kata hyperlink pada pencarian Google. Jadi secara tidak langsung tag judul tersebut mempunyai bobot khusus di peringkat mesin pencari. Jadi selain Anda atau jasa SEO di Bali seperti CV. Exito Bali, harus membuat konten SEO dengan baik, juga harus membuat tag yang juga berkualitas. Ada baiknya jika tag judul, juga menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten halaman, namun tetap terlihat alami.

  1. Meta deskripsi

BACA JUGA: Meningkatkan Kualitas Website dengan Tips ini dan Bantuan Website Development Services
Berikutnya ada yang namanya meta deskripsi, di banyak jasa SEO misalnya saja CV. Exito Bali, pasti akan menyertakan meta deskripsi dalam setiap konten SEO yang dibuat. Meta deskripsi ini, harus mampu menjelaskan isi halaman secara singkat, menyampaikan nilai halaman pada para pembacanya, dan juga mengajak para pembacanya untuk bertindak. Secara tidak langsung penggunaan meta deskripsi ini akan mempengaruhi peringkat mesin pencari yang biasanya Anda gunakan. Menariknya deskripsi yang dibuat dengan baik, ternyata mampu menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Sedikit catatan, meta deskripsi yang akan dibuat, sebaiknya jangan terlalu panjang, hanya sekitar 250 hingga 300 karakter saja, serta mengandung kata kunci yang relevan.

  1. Penggunaan dan kepadatan kata kunci

Lalu yang terbilang penting, yaitu masalah kata kunci, atau keyword. Ketika dilakukan audit, maka penggunaan dan kepadatan kata kunci, artinya menilai frekuensi serta distribusi kata kunci, agar optimasi SEO berjalan secara alami, relevan, serta efektif. Biasanya jasa SEO di Bali salah satunya CV. Exito Bali akan menggunakan alat bantu seperti SEMrush atau juga MarketMusse, untuk mengecek penggunaan kata kunci tersebut. Untuk mengaudit kata kunci, yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu :

  • Cari kata kunci yang relevan, dengan menggunakan alat yang dimaksud, lalu gunakan istilah dengan lalu lintas tinggi, namun mempunyai persaingan yang rendah.
  • Membantu mengoptimalkan konten dengan menggunakan perangkat lunak SEO, untuk mengecek kepadatan, penggunaan serta variasi kata kunci yang digunakan secara optimal dan tidak berlebihan.
  • Cek konten halaman web, sebelum menggunakan kata kunci secara alami dan kontekstual, hindari ulasan yang dinilai tidak sesuai, dan bersifat negatif.
  1. Tautan internal

Untuk melakukan audit internal, biasanya pihak jasa SEO Bali, misalnya saja CV. Exito Bali, akan melibatkan analisis struktur tautan, guna mengecek sistem navigasi link secara tepat, pengalaman para pengguna, serta pendistribusian ekuitas dari tautan itu sendiri. Untuk mengaudit tauan internal, maka yang harus Anda lakukan yaitu :

  • Menggunakan alat bantu atau software, untuk membantu Anda membuat daftar halaman menggunakan tautan internal.
  • Mengidentifikasi halaman web yang dinilai penting,
  • Melakukan evaluasi distribusi tauan internal
  • Memperbaiki tautan internal yang rusak, dan mempengaruhi pengalaman para pengguna serta SEO itu sendiri.
  • Mengecek anchor teks, guna mengetahui relevansi, deskriptif, dan penggunaan kata kunci, tanpa perlu berlebihan.
  1. Optimasi gambar

Yang tidak kalah penting yaitu mengaudit, dengan mengoptimalkan gambar. Teknik ini akan melibatkan analisis gambar, untuk memberikan pengalamannya pada para pengguna serta kinerja dari mesin pencari itu sendiri. Biasanya pihak SEO Agency Bali, seperti juga yang dilakukan oleh CV. Exito Bali, akan melakukan beberapa langkah untuk mengaudit serta mengoptimalkan gambar pada halaman web tersebut, seperti melakukan kompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya, menambahkan tag alt deskriptif, menggunakan kata kunci yang relevan, dan yang lainnya.

  1. Tag Header (H1, H2, H3, dll)

Lalu ada Tag Header, dimana fitur ini biasanya mudah Anda temukan di pengetikan dokumen. Umumnya tag header ini terdiri dari H1 hingga H6, yang merupakan elemen HTML, untuk menyusun sebuah konten lengkap dengan judul serta sub judul. Tag Header ini nantinya akan menjelaskan tentang hierarki konten, bagi para pengguna, dan juga mesin pencari. Pada saat melakukan audit, CV. Exito Bali sebagai jasa SEO, akan menerapkan beberapa hal seperti Tag 1 pada halaman, untuk topik utama dan kata kunci. Lalu pada H2 hingga H6, biasanya digunakan untuk sub judul, dan hal hal yang ada kaitannya dengan topik. Jangan lupa, gunakan kata kunci secara wajar dan tidak berlebihan.

Tentunya dari ulasan di atas, jelas sudah apa itu onpage SEO audit, bagaimana perannya dalam website, SEO hingga bisnis yang Anda geluti saat ini. Di CV. Exito Bali sebagai jasa SEO yang berpengalaman, ini termasuk salah satu layanan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menyerahkan masalah audit tersebut, agar website yang Anda miliki jadi kembali nyaman digunakan serta membuat para pembaca betah berlama lama di website Anda tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?