8 Cara Ampuh Untuk Optimasi Google My Business 

Punya akun Google My Business untuk optimasi bisnis, pastinya akan jadi pilihan bijak, agar bisnis yang Anda buat semakin dikenal bahkan digunakan oleh para konsumen. Tapi tahukah Anda bagaimana cara optimasi google my business tersebut. Jika belum, ulasan kali ini akan membahas beberapa tips penting untuk optimasi akun tersebut. Anda dapat melakukan optimasi tersebut sendiri, atau menggunakan jasa SEO, seperti CV. Exito Bali.

  1. Pastikan biodata Anda lengkap

Langkah pertama untuk optimasi google my business, baik ketika Anda melakukannya sendiri, atau menggunakan jasa SEO seperti CV. Exito Bali, yaitu memastikan bahwa biodata pada akun tersebut lengkap. Biodata yang dimaksud antara lain nama, alamat, serta nomor telepon yang digunakan pada akun tersebut, memang benar adanya. Adapun nama yang dimaksud dalam hal ini bukan nama Anda, melainkan nama bisnis Anda. Demikian juga dengan alamat dan nomor telepon, tidak lain alamat bisnis serta nomor telepon yang Anda gunakan untuk bisnis tersebut. Ketika biodata yang disimpan pada akun Google My Business atau disingkat jadi GMB tidak akurat, maka hal tersebut akan membingungkan pada konsumen, bahkan bukan tidak mungkin, pada konsumen, enggan berhubungan lagi dengan bisnis Anda.

  1. Tulis deskripsi bisnis secara lengkap

Pada GMB, Anda mendapatkan opsi berupa deskripsi sekitar 750 karakter. Disini Anda dapat memberikan informasi tentang bisnis Anda, agar mudah dikenali oleh mesin pencari. Berikan deskripsi secara singkat, tentang bisnis yang Anda tawarkan, apa yang membedakan dengan bisnis lain, atau hal lain yang perlu diketahui oleh para pelanggan. Teknik seperti ini juga dilakukan oleh jasa SEO di Bali, salah satunya CV. Exito Bali, yang akan menitik beratkan informasi tentang bisnis, dan bukan tentang promosi, harga atau bahkan penjualan, termasuk memasukkan URL dalam deskripsi tersebut.  Mengingat deskripsi seperti ini, akan jadi hal pertama yang dapat mempengaruhi penilaian para calon pelanggan terhadap bisnis yang Anda geluti tersebut.

  1. Pilih kategori dan juga sub kategori pada bisnis secara tepat

Salah satu hal penting yang pastinya akan dilakukan CV. Exito Bali sebagai jasa SEO, untuk mengoptimalkan GMB, yaitu dengan memilih kategori utama secara tepat. Karena hal ini berhubungan erat dengan faktor peringkat untuk paket itu sendiri. Karena hanya kategori utama saja yang akan terlihat dalam cantuman bisnis anda. Sedangkan sub kategori hanya akan memberikan informasi apakah yang Anda cantumkan tersebut, muncul pada query lokal atau tidak. Jadi secara tidak langsung kategori dan sub kategori ini penting, dan Anda harus dapat memilihnya secara tepat. Sedikit tips untuk Anda, berhati hatilah ketika bereksperimen dalam memilih kategori yang dianggap cocok. Karena hal tersebut terkadang memicu penangguhan pada mesin pencari secara salah. Ada baiknya jika Anda mengunci kategori tersebut hanya beberapa kali saja dalam sehari, atau jangan terlalu sering.

  1. Unggah foto yang menarik

Cara lain yang dapat Anda lakukan, dan pastinya juga dilakukan oleh jasa SEO di Bali, misalnya saja CV. Exito Bali, yaitu mengunggah foto, pada listing Anda. Fitur ini berguna untuk membantu mesin pencari, agar mengenal bisnis Anda secara lebih baik, juga membuat akun Anda terlihat lebih aktif dan lebih hidup. Sedikit tips untuk Anda, untuk memperoleh hasil yang maksimal, dan untuk meningkatkan peluang pada konversi mesin pencari, ada baiknya jika Anda, mencantumkan masing-masing 3 foto eksterior dan foto interior dari tempat bisnis, foto produk dan layanan yang paling popular, gambar dari area umum, foto manajemen dan tim, serta foto makanan atau minuman yang paling popular. Disini, selain Anda dapat mengelompokkan hasil jepretan, juga dapat mendorong para pelanggan untuk mengambil dan membagikan foto pada akun bisnis Anda.

  1. Buat, pantau dan tanggapi ulasan pada Google

Untuk dapat meningkatkan peringkat lokal jadi semakin teratas, biasanya pihak jasa SEO Bali seperti yang dilakukan oleh CV. Exito Bali, yaitu membuat ulasan, memantau ulasan, serta memberi tanggapan yang diberikan konsumen atas ulasan yang tertulis pada akun GMB tersebut. Terutama ketika Anda mempunyai listing Google My Business, biasanya para pelanggan, dapat mengulas bisnis Anda di tempat tersebut. Sedikit catatan, ulasan tersebut kelak dapat dilihat oleh publik, secara luas. Untuk membuatnya tetap dalam jalur yang tepat, Anda perlu mengendalikan narasi, membuatnya tetap aktif, melakukan pemantauan, serta menanggapi ulasan secara positif pula. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa kualitas dan kuantitas ulasan Anda tetap sesuai standar, seperti memperhatikan sentiment dan peringkat bisnis, selalu up to date akan produk atau jasa, serta meningkatkan kualitas produk dan jasa yang ada. Jangan lupa untuk mengecek legitimasi secara panjang dan detail.
BACA JUGA: Meningkatkan Kualitas Website dengan Tips ini dan Bantuan Website Development Services

  1. Gunakan Google post

Ada juga fitur Google Post, Anda dapat menganggap bahwa fitur tersebut, sebagai pembaharuan di media sosial pada profil Google My Business. Tujuannya agar kelak cantuman Anda, lebih mudah “diklik” oleh para calon konsumen, serta membantu konversi dari mesin pencari. Ketika menggunakan Google Post, pastikan Anda mengikuti pedoman yang sudah ditetapkan oleh Google sebelumnya. Misalnya saja tidak mencantumkan nomor telepon pada Google Postingan, hasilnya Anda akan terkena penangguhan. Oleh karena itu biasanya, jasa SEO Agency Bali seperti yang juga dilakukan oleh CV. Exito Bali, yaitu memperhatikan hal hal yang baru untuk produk yang ditawarkan, acara atau event yang akan diselenggarakan, memberikan penawaran pada acara atau kegiatan tertentu, postingan akan produk yang ditawarkan, memberikan informasi tentang jam buka atau tutup secara leluasa, dan yang lainnya.

  1. Gunakan fasilitas Q&A

Hal lain yang jangan Anda lupakan, yaitu menggunakan fitur Q&A, untuk menjawab berbagai pertanyaan serta FAQ dari para pelanggan. Fitur ini memungkinkan para pencari untuk saling bertanya jawab, akan bisnis secara langsung pada profil GMB. Dimana sesi tanya jawab tersebut nantinya dapat dilihat oleh umum. Salah satu teknik yang biasanya digunakan oleh jasa SEO seperti misalnya CV. Exito Bali, yaitu dengan mengisi berbagai pertanyaan yang Anda buat, dan nantinya Anda jawab sendiri. Tujuannya untuk menghindari pertanyaan apapun yang mungkin akan ditanyakan oleh para pencari. Selain itu, dengan menggunakan teknik yang satu ini, cantuman Anda terlihat lebih aktif.

  1. Siapkan sistem pemesanan

Ada juga fitur ‘janji temu-booking Google’, ini adalah salah satu layanan yang sangat berkontribusi besar, untuk meningkatkan pencarian walau tanpa klik. Dengan kata lain, pihak pencari, tidak perlu lagi membuka situs web Anda, atau juga situs pemesanan pihak ketiga, untuk mendapatkan aneka informasi atau untuk mengambil tindakan lainnya. Ini akan jadi salah satu layanan tepat, bagi Anda yang mempunyai bisnis dalam bidang jasa, terutama ketika ada pihak pelanggan yang ingin memesan layanan pada bisnis Anda. Untuk menggunakan fitur yang satu ini, juga tidak terlalu sulit, atau jika Anda ingin hasilnya lebih optimal, sebaiknya ungkapan hal tersebut pada jasa SEO seperti CV, Exito Bali, untuk memperoleh layanan tersebut, secara lebih optimal.

Tentunya dari penjelasan di atas, jelas sudah bahwa optimasi google my business ternyata tidak terlalu rumit. Bahkan terbilang mudah untuk dilakukan. Namun untuk memperoleh hasil secara optimal, ada baiknya jika Anda menyerahkan sistem optimasi tersebut pada ahlinya, seperti CV. Exito Bali, sebagai jasa SEO professional. Tujuannya tidak lain, untuk memperoleh optimasi secara lebih optimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Fast Response?